5 Hari Disinari Lampu UV: Air Aquarium Berkabut, Keruh Berubah Seketika Bening bin Jernih - Mau Coba?

Di percobaan kali ini admin akan menunjukkan ke kamu bagaimana efektivitas sebuah lampu UV (Ultra Violet) bekerja dan menunjukkan hasilnya. Yup, jadi admin ada satu Aquarium kecil berukuran 60x30x30 cm yang sudah berkabut airnya, bahkan cenderung agak kehijauan. Berbekal lampu UV tadi, admin coba menyinari air berkabut di aquarium tersebut selama 5 hari. Tebak bagaimana hasilnya? Air aquarium yang awalnya berkabut putih, keruh agak kehijauan berubah seketika menjadi jernih, bening seperti air waktu pertama kali dimasukkan. Nah buat kamu yang penasaran bisa simak selengkapnya.

5 Hari Disinari Lampu UV Air Aquarium Berkabut, Keruh Berubah Seketika Bening bin Jernih - Mau Coba
5 Hari Disinari Lampu UV Air Aquarium Berkabut, Keruh Berubah Seketika Bening bin Jernih - Mau Coba

Percobaan ini muncul dari rasa penasaran admin yang ingin membuktikan secara langsung dari beberapa video di YouTube yang menunjukkan hasil dari air Aquarium yang awalnya keruh kemudian berubah menjadi bening, bersih, jernih setelah disinari dengan lampu UV (Ultraviolet). Berhubung Aquarium kedua admin airnya berubah menjadi keruh, bahkan setelah dilakukan penggantian air sebanyak 50% 2 kali namun hasilnya air tetap saja berkabut. Admin pikir kenapa tidak dilakukan percobaan saja, sekalian bisa lihat hasilnya langsung.

Okey, admin sendiri hanya punya 1 lampu UV dengan konsumsi daya sebesar 11 Watt. Lampu UV ini sebelumnya sudah pernah admin review di sini. Buat kamu yang penasaran bisa cek langsung karena admin juga sudah buatkan video reviewnya. Sebagai informasi aquarium kedua admin ini berisi beberapa ekor ikan mas koki, hanya diberi makan 1 kali sehari dengan kondisi lampu LED menyala 24 jam. Airnya sendiri menggunakan air minum isi ulang (air galon). Perkiraan admin air berkabut ini lantaran lampu LED yang terus menyala.

Berhubung aquarium kedua ini tidak menggunakan Custom filter box talang seperti yang pernah admin review di sini, jadilah admin harus menyiapkan lagi 1 filter box khusus beserta pompa kecil. Tujuannya tidak lain admin ingin menaruh lampu UV di dalam filter box tadi. Semua alat sudah terpasang dan lampu UV siap dinyalakan.

Hari Pertama
Air masih sama seperti sebelumnya, masih berkabut, keruh. Tidak ada perubahan sama sekali. Berhubung baru beberapa menit lampu UV dinyalakan.

Hari Kedua
Nah di hari kedua ini sudah nampak ada perubahannya, dimana air pada aquarium sudah mulai jernih walau kabut putih masih ada. Ikan-ikan mas koki juga sehat, tidak menunjukkan perubahan prilaku.

Hari Ketiga
Air semakin Jernih, kabut putih sudah banyak yang hilang. Hanya saja lumut putih yang menempel pada dinding aquarium masih ada.

Hari Keempat
Admin tidak sempat merekamnya dikarenakan pergi keluar kota

Hari Kelima
Air di Aquarium sudah sangat jernih. Bahkan kesannya baru saja diganti. Padahal admin sama sekali belum melakukan penggantian air sebanyak 50%. Air masih sama seperti air di hari pertama. Lumut putih di kaca aquarium sangat terlihat jelas, bahkan gambar background di aquarium tersebut juga nampak jelas. Ini menandakan betapa jernihnya air.

Buat lebih lengkapnya bisa kamu cek pada video berikut:


Sebagai tambahan informasi lagi, selama penggunaan lampu UV. Admin sama sekali tidak menyalakan lampu LED nya. Nah sekarang admin benar-benar bisa membuktikan sendiri betapa bermanfaatnya lampu Ultraviolet pada aquarium ikan hias mas koki. Sebelumnya admin hanya menganggap lampu UV ini sebagai filtrasi tambahan. Namun sekarang sudah tidak lagi setelah membuktikan sendiri hasilnya.

Yup, semoga percobaan admin ini bermanfaat buat kamu tentang aquarium ikan mas koki 5 hari setelah disinari lampu UV berubah menjadi bening. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit agar terus bisa mendapatkan update seputar ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

5 Hari Disinari Lampu UV: Air Aquarium Berkabut, Keruh Berubah Seketika Bening bin Jernih - Mau Coba?