Review Filter Mekanik Dual Layer SOBO, AMARA, RECENT: Air Aquarium Jernih Bebas Dibersihkan 1 Bulan

Butuh Busa Filter Mekanik yang ampuh menyaring kotoran sampai bersih di aquarium ikan hias mas koki kamu? bila perlu bebas dibersihkan lebih dari 1 bulan? Perkenalkan filter mekanik Dual Layer dari SOBO ini. Sengaja admin akan mereview Dual Layer Filter Mekanik SOBO, Recent, AMARA ini khusus buat kamu penghobi ikan hias khususnya ikan mas koki. Silahkan disimak hingga akhir!

Review Filter Mekanik Dual Layer SOBO, AMARA, RECENT: Air Aquarium Jernih Bebas Dibersihkan 1 Bulan
Review Filter Mekanik Dual Layer SOBO, AMARA, RECENT: Air Aquarium Jernih Bebas Dibersihkan 1 Bulan

Busa, kapas atau biasa dikenal sebagai filter mekanik, siapa yang tidak kenal dengan media filtrasi andalan sejuta umat penghobi ikan hias ini karena filter mekanik biasanya ditaruh di paling awal dalam urutan media filtrasi filterbox. Kenapa ditaruh di paling awal? Itu tidak lain karena fungsi utama dari filter mekanik sebagai penyaring kotoran kasat mata dari tank aquarium. Jadi semua kotoran besar ikan hias semuanya akan mendarat, disaring terlebih dahulu oleh filter mekanik, filter busa ini. Oleh karena itu pemilihan filter mekanik yang tepat akan sangat berpengaruh juga dalam menjaga kebersihan serta kejernihan air yang ada di dalam aquarium.

Di pasaran sendiri setidaknya terdapat beberapa jenis filter mekanik, namun secara umum terdapat dua jenis yaitu filter mekanik yang terbuat dari busa berpori jarang-jarang atau pori-pori besar yang biasa disebut bioFoam dan satunya lagi terbuat dari semacam kapas yang punya pori-pori halus. Nah yang akan admin bahas, admin review kali ini adalah filter mekanik yang punya kedua jenis tadi atau biasa dikenal filter mekanik Dual Layer.

Setidaknya ada 3 merek Filter Mekanik Dual Layer yang pernah admin temui dan admin pakai sendiri selama memelihara ikan hias mas koki yaitu dari merek AMARA, RECENT dan SOBO. Khusus untuk kali ini pada merek SOBO, walau sebenarnya ketiga merek ini seperti beda branding saja namun isinya sama saja. Hanya saja filter mekanik Dual Layer dari SOBO ini lebih lengkap, lebih jelas saja deskripsi produknya pada kemasan. Mulai dari warna yang tersedia hingga ukuran. Sehingga lebih memudahkan dalam menentukan apakah busa filter ini pas di box filter kamu atau tidak.

Di dalam kemasan sendiri terdapat 2 jenis filter mekanik. Satunya bioFoam dan satunya lagi busa biasa, yang membedakan tentu ukuran pori-pori. Filter Mekanik bioFoam sendiri berfungsi untuk menyaring kotoran berukuran besar dari ikan hias seperti mas koki, Arwana, lohan, discus, guppy, belida, dan lain sebagainya sedangkan untuk filter busa menyaring kotoran kecil dan halus sehingga tidak ada kotoran yang fisik yang bisa terlewatkan.

Dalam penggunaannya sendiri admin meletakkan filter bioFoam di bagian atas, namun sebelum itu harus dilakukan penyesuaian ukuran dimana bagian depan harus dipotong terlebih dahulu kemudian hasil potongan tadi admin letakkan disamping guna menutupi celah yang tidak tercover. Oh ya di sini admin menggunakan box filter talang air ukuran 120cm pada aquarium 120x40x45 cm yang pernah admin review di sini serta satunya lagi box filter talang air Gen 4 ukuran 60 cm yang pernah direview di sini.

Selama penggunaan sendiri admin cukup membersihkan filter mekanik Dual Layer ini sebanyak 1 kali sebulan dan itupun masih dengan filter mekanik yang sama alias tidak admin ganti dengan yang baru. Sejauh ini juga air di aquarium ikan mas koki bersih, jernih. Semua kotoran fisik hasil dari ikan mas koki tersaring baik. Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pada video berikut:


Tentunya air jernih, bersih dan bening pada sebuah aquarium ikan hias tidak hanya bergantung pada filter mekanik, namun masih ada faktor lain yang menentukan juga, untuk itu sudah admin buatkan bahasannya di sini. Nah sekarang kamu sudah tahukan kenapa air di tank admin bisa sejernih itu. Buat kamu yang punya rekomendasi filter mekanik lainnya bisa bantu tambahkan di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit agar terus bisa mendapatkan update terbaru seputar tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Review Filter Mekanik Dual Layer SOBO, AMARA, RECENT: Air Aquarium Jernih Bebas Dibersihkan 1 Bulan