Kenapa Harus Ikan Hias Baru Dibeli Harus di Karantina? Baca 4 Manfaatnya Berikut!

Kenapa ikan hias yang baru saja dibeli harus dikarantina? Bukankah ikan yang dibeli juga sehat, lincah dan tinggal masukkan saja ke aquarium yang sudah ada? Memang apa fungsi dari karantina dan apa yang terjadi jika ikan hias tidak dikarantina? Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak sampai akhir penjelasan admin berikut ini!

Kenapa Harus Ikan Hias Baru Dibeli Harus di Karantina? Baca 4 Manfaatnya Berikut!
Kenapa Harus Ikan Hias Baru Dibeli Harus di Karantina? Baca 4 Manfaatnya Berikut!

"Buat apa sih karantina ikan hias?" Mungkin itu yang ada di benak kamu ketika mendengarnya. Admin tahu ini karena admin juga seperti itu, namun makin ke sini admin jadi tahu fungsi serta manfaat dari mengkarantina ikan hias. Sehingga setiap kali ada ikan hias yang baru saja admin beli apalagi jika itu dari tempat atau Farm yang kurang begitu kita tahu kebersihannya secara jelas maka karantina jadi sesuatu yang wajib dilakukan.

Berikut ini setidaknya 4 Manfaat Mengkarantina:

1. Sterilisasi
Ini alasan yang paling utama kenapa harus dilakukan karantina pada ikan hias yang baru saja kamu beli. Pada dasarnya kita tidak tahu apakah ikan hias yang kita beli tersebut berasal dari tempat yang bersih, terjaga kesehatannya. Apalagi buat kamu yang membeli ikan hias dari pasar ikan. Walhasil bakal lebih tidak tahu lagi, sedangkan admin yang beli langsung dari penghobi saja masih pilah-pilah.

Oleh karena itu ikan hias yang baru dibeli ada baiknya dikarantina terlebih dahulu supaya bibit penyakit atau bakteri serta jamur yang dibawanya bisa dihilangkan terlebih dahulu. Paling umum biasanya ikan hias seperti ikan mas koki membawa kutu semisal kutu jarum atau kutu bulat (kutu kura-kura) dan ini jika dibiarkan akan menyebar ke ikan hias lain. Efek kutu biasanya akan membuat badan ikan menjadi merah karena digigit sedangkan bakteri, virus serta jamur lebih bahaya lagi bisa membuat ikan kamu mati. Nah untuk tata cara karantina sendiri sudah pernah admin buatkan bahasan terpisah beserta videonya di sini.

2. Mengurangi Stress
Ini juga sering terlewatkan dari kita sebagai penghobi ikan hias yaitu stress. Perlu kamu ketahui bahwa ikan hias seperti ikan mas koki saja yang sudah lama mendiami tank atau suatu aquarium dengan suhu tertentu akan merasa terkejut ketika dipindahkan secara tiba-tiba ke wadah lain yang mana suhu, kondisi air berbeda yang ujung-ujungnya membuat ikan tersebut menjadi stress.

Gejala awal dari ikan hias stress bisa nampak dari ikan yang suka mojok di sudut aquarium atau dasar aquarium serta ikan kehilangan nafsu makan. Ada baiknya pada saat membeli ikan dan ingin disatukan ke aquarium lama, maka rendamlah terlebih dahulu bungkus ikan beserta ikan di dalamnya ke dalam aquarium yang lama supaya suhu air bisa sama. Soal ini juga sudah pernah admin buatkan dalam 1 artikel terpisah beserta videonya. Monggo di cek di sini dan di sini.

3. Mengurangi Penyebaran Penyakit
Point ketiga ini masih berkaitan dengan Point pertama dimana jika ikan hias yang baru saja dibeli tidak dikarantina maka penyakit atau bakteri, patogen jahat yang dibawa oleh ikan baru ini akan sangat beresiko menjangkit ikan hias yang sudah ada. Paling ringan biasanya kutu ikan seperti kutu jangkar, kutu jarum serta kutu bulat. Jika dibiarkan kutu-kutu ini akan menggigit ikan hias kamu sehingga akan banyak bekas merah gigitan di sekujur tubuh ikan. Hal ini pernah admin alami sendiri ketika membeli ikan mas koki jenis Ryukin yang ternyata terserang kutu. Syukurnya kutu ini tidak banyak menyebar karena admin segera tahu.

Tingkat lanjutnya ikan hias yang baru dibeli tadi bisa menyebarkan penyakit Whitespot atau Fin rot/busuk sirip. Nah kalau sudah terkena menyakit ini kita bakal dibuat lebih pusing lagi karena harus secara khusus mengkarantina ikan, belum lagi tingkat kesembuhan ikan yang terkena penyakit ini lebih rendah. Oleh karena itu karantina sangat diperlukan apalagi jika sumber ikan hias yang dibeli belum diketahui dengan jelas.

4. Menambah Nafsu Makan
Nah yang terakhir ini lebih ke imbas dari ketiga Point di atas. Biasanya ikan yang sehat, ikan yang sudah melalui masa karantina akan memiliki nafsu makan yang baik. Tapi memang tidak semua ikan sama karena mereka makhluk hidup. Pastikan saja jika pakan yang diberikan adalah pakan yang sehat serta berprotein dan vitamin.

Setelah membaca keempat Point di atas sekarang kamu sudah tahukan kenapa ikan hias yang baru dibeli baiknya dikarantina terlebih dahulu. Buat kamu yang punya pengalaman terkait bahasan kita kali bisa tambahkan di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk +1, like dan bagikan serta bantu kemajuan channel Iwak Buncit dengan cara subscribe. Salam admin iwakbuncit.com

Kenapa Harus Ikan Hias Baru Dibeli Harus di Karantina? Baca 4 Manfaatnya Berikut!