Mushroom Air Mancur v.14: Lebih Mekar dan Stabil, Oksigen Semakin Melimpah: Para Buncit Makin Sehat

Karena belum merasa puas dengan Mushroom v1.0 yang sudah pernah admin unggah di channel ini, maka dari admin coba-coba dan coba lagi bereksperimen supaya Mushroom air mancur yang sudah ada di aquarium ikan mas koki tersebut bisa lebih stabil lagi serta lebih mekar lagi kembang Mushroomnya. Dan hasilnya adalah Mushroom versi 1.4 ini, dimana ada beberapa penambahan fitur dan juga perbaikan pemipaan yang membuat Mushroom air mancur tersebut jadi lebih mudah dikendalikan besar-kecil kembang Mushroomnya. Guna lebih lengkapnya, bisa kamu simak pada berikut.

Cara Pembuatan Mushroom Air Mancur v1.4 pada Aquarium Ikan Mas Koki 60 cm


Buat kamu yang belum baca tata cara pembuatan Mushroom air mancur v1.0 bisa lihat di sini atau juga bisa tonton video di bawah ini:



Pada kesempatan kali ini admin akan coba mengupdate Mushroom air mancur tersebut yang awalnya versi 1.0 menjadi versi 1.4. Perubahan ini bukan tanpa alasan, karena ada beberapa fitur yang admin tambahkan supaya Mushroom di aquarium ikan mas koki tersebut bisa lebih stabil dan lebih mekar lagi kembang air mancurnya.

Salah satunya adalah penambahan stop kran di bagian jalu pipa aquarium dari pompa celup ke box filter. Kemudian penambahan pipa T sebagai percabangan yang admin buat dengan tujuan untuk menyederhanakan dua pipa sebelumnya yang langsung dari pompa celup. Yup, di versi 1.0 hanya pompa celup yang punya konverter 2 lubang yang bisa menggunakan Mushroom air mancur ini, sedangkan kita ketahui bersama jika di pasaran itu ada pompa celup yang hanya punya 1 lubang converter atau lubang pipa.

Fitur ketiga atau perubahan ketiga yang admin tambahkan adalah upgrade pompa celup, yang awalnya menggunakan AMARA AA-1800 dengan kekuatan 1800 L/J, sekarang admin ganti dengan pompa celup dari Aquila dengan seri P3000 yang bisa kamu baca reviewnya di sini atau juga tonton videonya berikut:



Masih berkaitan dengan pompa celup tadi, admin coba gunakan pipa 1 inchi sebagai corong masuk ke pompa celup. Awalnya admin gunakan 1/2 inchi, namun kurang pas. Terakhir admin coba angkat box filter dengan mengganjalnya menggunakan kayu balok. Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan Sterofoam. Diberinya ganjalan pada box filter bertujuan untuk meminimalisir pipa jalur Mushroom yang ikut terendam air.

Praktik lengkapnya bisa kamu tonton pada video berikut:


Secara pribadi, admin kurang begitu suka dengan terlalu banyaknya pipa aquarium yang berseliweran di dalamnya. Oleh karena itu sebisa mungkin admin coba menyederhanakan pipa-pipa tadi yang kemudian muncullah Mushroom air mancur v1.4.

Kedepannya admin akan coba update lagi supaya jalur pemipaan jadi lebih sederhana sehingga tidak ada banyak pipa yang berseliweran. Buat kamu yang punya saran untuk proyek kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan beragam update terbaru seputar Tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Mushroom Air Mancur v.14: Lebih Mekar dan Stabil, Oksigen Semakin Melimpah: Para Buncit Makin Sehat
  1. Untuk kepala mushroomnya pakek pipa aja bang?

    BalasHapus
  2. bang.. boleh minta nomer wa, saya ingin konsultasi tentang mushroom 🙏🏻

    BalasHapus