Bukan Sekedar Mimpi Lagi: Mushroom Bisa di Aquarium Ikan Mas Koki dengan Filter Box Talang - V1.0

Ini yang sudah kamu tunggu lama, kali ini admin akan coba bagikan tata cara membuat sekaligus memasang Mushroom atau air mancur di aquarium ikan mas koki berukuran 60 cm. Mushroom ini tidak kalah dengan Mushroom kolam, karena sama-sama bisa menghasilkan Micro Bubble atau gelembung-gelembung udara halus yang tentunya disukai oleh para ikan mas koki. Dengan menggunakan Mushroom ini juga kamu jadi tidak perlu lagi menggunakan Aerator yang terkenal berisik.

Bukan Sekedar Mimpi Lagi: Mushroom di Aquarium Ikan Mas Koki dengan Filter Box Talang - V1.0


Mushroom atau air mancur di aquarium ikan mas koki yang menggunakan model Top Filter seperti talang air adalah suatu yang bisa dibilang hampir mustahil untuk bisa diwujudkan. Karena sebagian besar dari kita tahu kalau Mushroom air mancur tersebut lebih sering diaplikasikan pada aquarium dengan filter samping dan juga Sump Filter atau filter bawah.

Mushroom Air Mancur ini juga lebih sering terlihat di kolam luar ruangan ikan hias, biasa dipakai sebagai pemanis kolam untuk menimbulkan efek hidup pada kolam ikan hias tersebut. Namun karena rasa penasaran dan keingintahuan tersebut juga, maka admin coba cari-cari cara supaya Mushroom dapat diterapkan pada model Filter atas seperti talang air.

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah prinsip kerja dari Mushroom air mancur adalah dengan memanfaatkan dorongan dari Power Head atau pompa celup. Sebagaimana kamu lihat pada kolam outdoor, filter samping dan juga Sump Filter, kesemua model tadi langsung menghubungkan Head Mushroom atau kepala Mushroom ke pompa celup melalui jalur pipa.

Selain itu, pipa yang digunakan untuk jalur Mushroom ialah pipa berdiameter besar. Sepengamatan admin, pipa yang digunakan biasanya adalah pipa dengan diameter mulai dari 1 1/2 Inch hingga 3 Inch untuk kelas kolam. Tujuan dari penggunaan pipa berdiameter besar ini supaya air lebih leluasa bergerak dan membuat pompa celup tidak terlalu terbebani serta powerhead yang biasanya mulai dari 3000 Liter per Jam. Namun bagaimana dengan Aquarium model Filter atas?

Sebenarnya masih bisa diakali dengan cara mengambil setengah kekuatan dari Power Head, dan supaya tidak banyak tekor kekuatan pompa, maka bisa gunakan pipa aquarium ukuran standar dan untuk pompa celup sendiri bisa ditingkatkan lagi, adapun bahan yang diperlukan sebagai berikut:

- Pompa celup minimal 1800 L/J - Mushroom Pabrikan - Pipa Aquarium transparan secukupnya - Sambungan Pipa L dan T serta penutup pipa atau doff secukupnya - Seal tape atau selotip khusus untuk pemipaan

Karena sulit untuk dijelaskan secara kata-kata, maka admin sudah buat proses pemasangan pemipaan Mushroom filter atas beserta cara pemasangannya di aquarium ikan mas koki berikut ini:



Karena Mushroom air mancur filter atas ini adalah proyek pertama admin, maka pasti ada beberapa kekurangannya dan oleh karena itu juga admin namakan Mushroom kali ini sebagai v1.0 nya. Dikesempatan berikutnya admin akan coba update air mancur ini ke versi yang lebih bagus dan lebih stabil lagi. Buat kamu yang punya masukan terkait proyek Mushroom Talang air bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam informasi seputar Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bukan Sekedar Mimpi Lagi: Mushroom Bisa di Aquarium Ikan Mas Koki dengan Filter Box Talang - V1.0