Panduan Lengkap Cara Memindahkan Ikan Mas Koki Ke Aquarium Baru yang Benar: Air Tetap Jernih

Baru saja kamu membeli aquarium dengan ukuran lebih besar untuk ikan mas koki dan bingung bagaimana cara memindahkan para buncit ke aquarium baru tersebut supaya bakteri baik yang ada di dalamnya tetap terbawa dan air tetap jernih seperti di aquarium lama? Tenang saja, karena di video ini admin akan coba panduan bagaimana caranya pindahan ikan mas koki ke aquarium yang baru. Silahkan disimak!


Ingin Upgrade Aquarium Ikan Mas Koki: Baca Ini dulu Supaya Air Tetap Jernih

Salah satu kutukan yang dialami oleh penghobi ikan hias seperti Ikan Mas Koki bertambahnya jumlah aquarium, "Ibarat kata Ikan Tidak bertelur, tapi Aquariumnya yang beranak... hahaha.." Biasanya karena ini bisa melihat peliharaan berenang bebas di dalam aquarium besar, maka dari itu tidak heran jika para penghobi Ikan Mas Koki mengupgrade ukuran aquarium mereka menjadi lebih luas. Cuma masalahnya adalah bagaimana cara memindahkan Ikan Mas Koki yang sudah lama hidup di aquarium lama ke aquarium baru? Secara dari segi ukuran lebih besar, lebih luas, apakah ada perlakuan khusus supaya kondisi aquarium tetap sama?

Okey, kalau bicara pindahan aquarium, sebenarnya mudah kok. Sama seperti ketika kamu baru pertama kali membeli aquarium baru. Cuma memang alangkah baiknya jika kamu tahu langkah-langkahnya yang benar. Karena kita ketahui bersama jika aquarium Ikan Mas Koki yang sudah lama didiami, di dalamnya juga terdapat bakteri pengurai yang mana berfungsi sebagai pengurai sekaligus pengubah dari Amonia ke Nitrit kemudian ke Nitrat. Sedangkan di aquarium baru, bakteri pengurai ini tidak ada. Walhasil ketika coba dimasukkan Ikan Mas Koki, maka Amonia yang ada tidak dapat diolah. Padahal untuk bisa memunculkan bakteri baik seperti ini membutuhkan waktu yang ditidak sebentar. Oleh karena itu proses pindahan Ikan Mas Koki ke aquarium baru menjadi hal yang cukup krusial.

Setidaknya Ada 5 Langkah yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan Ikan Mas Koki yang benar ke Aquarium Baru:

1. Cek Kondisi
Namanya juga bikinan manusia, mungkin saja dalam proses pembuatan aquarium tersebut terdapat kecerobohan atau Human Error lah istilahnya. Penting untuk memeriksa kondisi dari aquarium tersebut, semisal apakah ada keretakan pada kaca, atau ada sambungan antar kaca yang kurang rapat.

Ini Contoh Aquarium baru yang admin beli:



Bisa saja pada saat kamu membeli aquarium tersebut mulus tanpa cacat, namun setibanya di rumah, muncul retakan kecil yang mana biasa berasal dari proses pengiriman yang kurang teliti. Kalau benar muncul hal tersebut, segera lakukan pengeleman atau memang jika masih dalam masa garansi, bisa coba klaim ke penjual untuk dilakukan perbaikan.

2. Posisikan dan Bersihkan Aquarium Baru
Pastinya untuk memindahkan Ikan Mas Koki yang sudah ada ke aquarium baru maka perlu dipersiapkan dengan baik, salah satunya adalah dengan membersihkan aquarium tersebut. Paling sederhana kamu cuci menggunakan air, pastikan sudah tidak ada lagi debu kasar yang terlihat mata.

Berikut cara mencuci, membersihkan aquarium:



Boleh mencuci aquarium tersebut menggunakan sabun, namun usahakan untuk menggunakan sabun cair atau boleh juga menggunakan sabun cuci piring cair. Pastikan tidak ada residu atau sisa dari sabun cair yang tertinggal. Ini penting supaya ikan tidak keracunan.

3. Simpan Air Lama
Ini bagian penting yang tidak boleh kamu abaikan yaitu menyimpan air yang ada di aquarium lama. Kamu siapkan wadah yang besar semisal baskom atau ember besar. Ambil dari aquarium lama sebanyak mungkin. Setidaknya dari total 100%, kamu ambil 85% dan sisakan 15% supaya kotoran yang mengendap di dasar aquarium tidak ikut terbawa. Nantinya air lama ini kita akan gunakan lagi untuk aquarium baru.

Buat yang masih bingung, begini caranya:



Selain menghemat penggunaan air, sebenarnya air lama ini bisa membatu air yang ada di aquarium lama lebih cepat tumbuh bakteri pengurainya karena kita sudah membawa air lama yang sudah terdapat bakteri pengurainya. Mirip-mirip ketika kamu melakukan penggantian rutin air sebanyak 50%. Maka dari itu ketika memindahkan Ikan Mas Koki ke aquarium baru, langsung serta-merta membuang air lama.

4. Ganti Media Filter Mekanik
Sebagaimana judulnya, maka lakukan penggantian filter mekanik pada box filter. Buat yang belum tahu apa itu filter mekanik bisa tonton video berikut:



Yup, busa, kapas, jala ikan, bioFoam, japmat itu disebut filter mekanik karena fungsinya menyaring langsung kotoran kasat mata. Biasanya filter mekanik ini yang paling mudah kotor, maka lakukan penggantian supaya kotoran Ikan Mas Koki yang lama tidak ikut terbawa ke aquarium baru. Ingat hanya filter mekanik saja, sedangkan filter biologi seperti Bioring, bioball, crystalbio, super bio dan sebagainya jangan diganggu. Untuk filter kimiawi semisal arang aktif boleh diganti atau batu zeolit boleh dicuci.

5. Penambahan Air Baru
Setelah kesemua point di atas tadi dilakukan, maka untuk mencukupi air yang ada di aquarium baru, maka kamu boleh menambahkan air dan air yang digunakan wajib air yang sudah diendapkan. Kalau memang tidak ada air yang diendapkan, kamu juga bisa menggunakan air minum galon isi ulang. Penambahan air pastinya wajib dilakukan karena air yang berasal dari aquarium lama tidak bakal mencukupi guna memenuhi aquarium baru. Oh iya, jika kamu menggunakan air hujan bisa tonton tata caranya penggunaannya di bawah ini atau juga bisa baca di sini:



Jika semua tahap di atas sudah kamu ikuti, harusnya kamu sudah tidak perlu lagi khawatir. Tinggal amati saja Ikan Mas Koki tersebut perkembangan dan kesehatannya. Admin membuat artikel ini berdasarkan pengalaman sendiri dan semoga bisa berguna juga untukmu. Buat kamu yang punya saran masukan soal bahasan kita kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. itulah dia tata cara memindahkan/upgrade tank Ikan Mas Koki yang benar. Silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin iwakbuncit.com

Panduan Lengkap Cara Memindahkan Ikan Mas Koki Ke Aquarium Baru yang Benar: Air Tetap Jernih