Perhatikan Penting Ini Sebelum Memasang Filter Mekanik Busa di Box Filter Aquarium Ikan Mas Koki

Filter mekanik atau filter busa dan kapas adalah filter yang wajib ada di dalam aquarium ikan hias seperti ikan mas koki. Namun tahukah kamu jika dalam penggunaannya, ada posisi tertentu yang membuat filter mekanik bisa bekerja maksimal? untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pada penjelasan berikut.

Perhatikan Penting Ini Sebelum Memasang Filter Mekanik Busa di Box Filter Aquarium Ikan Mas Koki
Perhatikan Penting Ini Sebelum Memasang Filter Mekanik Busa di Box Filter Aquarium Ikan Mas Koki

Filter mekanik atau filter busa, kapas, japmat dan sebagainya. Pastinya kamu sebagai penghobi ikan hias sudah tidak asing lagi dengan filter mekanik satu ini. Karena memang setiap penghobi ikan hias wajib, HARUS menggunakan filter mekanik, baik itu penghobi ikan KOI, ikan Louhan, Ikan Arwana, Ikan Oscar, Ikan Discus, ikan air laut dan lain sebagainya termasuk penghobi ikan mas koki bakal ketemu dengan filter mekanik ini.

Di pasaran sendiri ada berbagai macam filter mekanik dan yang paling lumrah ditemukan adalah filter mekanik berbentuk lembaran persegi panjang seperti yang ada pada gambar di atas. Karena memang filter mekanik jenis busa dakron seperti ini paling mudah dicari serta paling murah harganya. Selain itu cara penggunaannya terbilang sangat mudah. Tinggal kamu letakkan saja di awal alur filtrasi, maka semua kotoran kasar akan tersaring ke dalam filter busa ini.

Namun tahukah kamu jika dalam praktiknya, ada bagian penting yang sering terlewatkan? Yup, kalau kamu sadari ternyata ada 2 sisi yang agak berbeda teksturnya dan itu sebenarnya ada fungsi. Sisi pertama adalah sisi yang lembut yang mana fungsinya untuk menangkap kotoran secara langsung dari kucuran air yang datang dari pompa, sedangkan sisi lainnya agak licin bahkan untuk beberapa filter busa agak keras. Nah bagian ini wajib kamu taruh menghadap ke bawah. Tujuannya supaya air yang sudah tersaring dari sisi atas tidak serta merta membawa kembali kotoran yang ada.

Lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Memang sulit untuk melihat perbedaan antara sisi lembut dan licin pada filter busa, cara yang paling efektif adalah dengan merabanya langsung. Selain itu tidak semua filter mekanik memberikan 2 sisi yang berbeda. Karena beberapa admin temui kedua sisi sama-sama lembut. Nah, kalau sudah seperti ini tidak perlu harus membedakannya. Semoga Tips sederhana ini bermanfaat, khususnya buat kamu yang ingin mendapatkan air bening di dalam aquarium. Silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar