-->

Piara Ikan Mas Koki Tanpa Oksigen? KOK Bisa? Bagaimana Caranya? Aerator Kali Maksudnya? 🤔

Bisakah memelihara Ikan Mas Koki tanpa oksigen dari mesin Aerator? Karena bunyi mesin aerator sangat berisik, apalagi ketika malam hari plus di taruh di kamar tidur. Nah buat kamu yang sedang mencari-cari informasi terkait apakah ikan mas koki dapat dipelihara tanpa aerator, bisa temukan jawabannya pada artikel admin Iwak Buncit berikut ini.

Piara Ikan Mas Koki Tanpa Oksigen? Bagaimana Caranya? Aerator Kali Maksudnya? 🤔
Piara Ikan Mas Koki Tanpa Oksigen? Bagaimana Caranya? Aerator Kali Maksudnya? 🤔

Cara Merawat dan Memelihara Ikan Mas Koki tanpa Oksigen? Pastinya tidak bisa! Jangankan ikan mas koki, manusia saja butuh oksigen kok, hehehe.. yang kamu maksud; mungkin apakah ada cara memelihara ikan mas koki tanpa Aerator? Yup, Aerator, alat pemompa udara yang fungsinya untuk menghasilkan gelembung udara ketika diletakkan ke dalam aquarium ikan mas koki.

Kenapa cukup banyak penghobi ikan mas koki khususnya pemula yang menginginkan dapat memelihara ikan mas koki tanpa Aerator? Itu tidak lain karena mesin Aerator menghasilkan suara getaran yang cukup berisik, apalagi kalau kamu beli Aerator murah, dijamin suara getarannya mirip mesin Diesel Fuso hahaha... Kendati beli yang mahal pun, mesin Aerator akan tetap bergetar walau memang tidak seberisik yang murah.

Sebagai informasi, bahwa sebenarnya alat yang bernama AERATOR ini tidak menyemburkan oksigen kok ke dalam aquarium. Namun lebih tepatnya memompakan udara yang mana nantinya dipecah oleh batu aerator. Jadi sebenarnya ikan mas koki tidak mendapatkan pasokan oksigen dari aerator. Lantas ikan mas koki bernafas dengan apa?

Yah tentu saja dengan insang mereka. Oksigen dalam aquarium dihasilkan dari pertukaran karbon dioksida yang ada di dalam air dengan oksigen yang ada di permukaan air. Pertukaran ini akan semakin cepat dan bagus jika terdapat riak air di permukaan. Tentunya secara alami riak atau gelombang air akan muncul jika berada di alam terbuka semisal aliran sungai, danau yang luas. Karena adanya arus air atau tiupan angin. Namun ini akan terasa mustahil jika di dalam aquarium.

Maka dari itu dibutuhkan bantuan aerator untuk bisa menghasilkan gelembung-gelembung udara, yang mana gelembung-gelembung udara tadi akan pecah kemudian membuat riak air. Nah, sekarang kamu tahukan prinsip kerja dari Aerator?

Sekarang muncul pertanyaan, apakah bisa membuat riak air tanpa menggunakan aerator? Tentu saja bisa, ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa membuat riak air, antara lain:

1. Semburan atau Kucuran Air dari Box Filter
Paling mudah dan paling lazim digunakan oleh para penghobi ikan mas koki agar tetap ada riak air di permukaan tanpa menggunakan aerator adalah dengan memanfaatkan kucuran air dari box filter. Caranya tinggal kamu atur ketinggian air maksimal 50% hingga 75% dari total tinggi aquarium. Kemudian gunakan pompa celup yang punya daya sedot kencang, maka akan tercipta kucuran air besar box filter. Semakin rendah kamu mengisi air di aquarium maka akan semakin besar juga riak air yang muncul

2. Wave Maker
Jika kamu punya dana lebih bisa menggunakan Wave Maker. Apa itu Wave Maker dan bagaimana bentuknya bisa kamu baca di sini atau tonton pada videonya berikut:


Sederhananya Wave Maker adalah alat yang biasa digunakan oleh penghobi ikan air laut supaya pemukaan air ada riaknya. Mirip seperti riak atau gelombang air yang ada di laut.


Cara kerjanya baling-baling atau propeller dari wave Maker di arahkan ke permukaan air, maka seketika akan muncul riak. Kelemahan dari penggunaan wave Maker ini akan muncul arus air dan ini berpotensi membuat dorsal ikan mas koki bengkok.

3. Tinggi Permukaan Air
Cara ini biasa digunakan saat pemadaman listrik PLN seperti yang sudah pernah admin jelaskan di sini. Namun juga bisa kamu gunakan untuk sehari-hari. Dimana tinggi air cuma 30% hingga 40% saja dari total tinggi aquarium. Selain itu usahakan untuk tidak terlalu banyak memelihara ikan mas koki dalam 1 tank aquarium, supaya jumlah oksigen yang ada di dalam air tetap banyak. Buat yang belum tahu seberapa banyak boleh memelihara ikan mas koki dalam satu aquarium bisa baca di sini atau tonton videonya berikut:


Memelihara ikan mas koki tanpa oksigen adalah suatu kemustahilan, namun jika tanpa Aerator itu bisa saja dilakukan. Setidaknya dengan penjelasan ini kamu bisa meminimalisir penggunaan Aerator. Namun admin lebih menyarankan tetap menggunakan aerator supaya suplai oksigen di dalam aquarium tetap terjaga volumenya.


Buat kamu yang punya cara lain memelihara dan merawat ikan mas koki tanpa oksigen bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Piara Ikan Mas Koki Tanpa Oksigen? KOK Bisa? Bagaimana Caranya? Aerator Kali Maksudnya? 🤔