Listrik PLN Padam, Ikan Mas Koki Megap-Megap Kurang oksigen? Lakukan 4 Hal Penting Ini + Video

Tiba-tiba listrik di rumahmu padam? Aerator Baterai atau Aerator AC/DC belum ada? Ikan Mas Koki sudah mulai kehabisan nafas Megap-megap? Jangan panik dulu karena admin akan coba bagikan ke kamu bagaimana caranya mengatasi kondisi Listrik Padam saat memelihara Ikan Mas Koki. Simak selengkapnya berikut ini.

Listrik PLN Padam, Ikan Mas Koki Megap-Megap Kurang oksigen? Lakukan 4 Hal Penting Ini + Video
Listrik PLN Padam, Ikan Mas Koki Megap-Megap Kurang oksigen? Lakukan 4 Hal Penting Ini + Video

Mati lampu atau listrik padam adalah momok menakutkan bagi mereka penghobi ikan hias, tak terkecuali bagi penghobi ikan mas koki. Betapa tidak, mesin aerator yang biasa digunakan untuk memompa gelembung udara tidak bisa digunakan, walhasil pasokan oksigen dari dan ke dalam tank aquarium berhenti. Efek buruknya ikan mas koki akan nampak lemas, dan jeleknya ikan mas koki bisa saja mati. Setidaknya inilah yang dialami oleh banyak penghobi ikan hias di Jakarta ketika itu terjadi pemadaman listrik lebih dari 24 jam. Banyak penghobi ikan mas koki dan Ikan KOI yang mati ikannya lantaran listrik padam.

Sebenarnya masalah seperti ini bisa kamu atasi dengan menggunakan mesin Aerator AC/DC otomatis yang ada di pasaran, 2 diantaranya malah pernah admin review di website iwakbuncit.com ini yaitu AMARA A6603 di sini dan YANG YP-602 di sini. Masalahnya adalah harga Aerator AC/DC tersebut tidaklah murah. Biasanya dijual di kisaran 150k hingga 200k. Wajar saja jika tidak banyak penghobi ikan mas koki yang mau membelinya. Rasanya memang berat merogoh kocek sedalam itu hanya untuk aerator AC/DC saja. Padahal manfaat Aerator AC/DC sangat penting sekali.

Oleh karena itu buat kamu yang punya masalah seperti ini dan setidaknya belum ada dana untuk membeli Aerator AC/DC otomatis saat ini, admin bagikan ke kamu beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika listrik padam, antara lain:
1. Buka penutup aquarium jika ada penutupnya dan pastikan tidak ada banyak penghalang yang menutupi bagian atas aquarium kecuali filter box yang biasanya di taruh di atas aquarium.
2. Kuras air Aquarium sampai setinggi dorsal ikan mas koki yang paling besar. Tujuannya supaya ikan mas koki lebih mudah mendapatkan pasokan oksigen dari permukaan air. Jika tidak mau kuras, bisa pindahkan ikan mas koki tadi ke dalam wadah semisal baskom. Gunakan air yang berasal dari aquarium, jangan air baru
3. Ambil botol atau cangkir atau benda lain lalu isi air. Buat tetesan secara perlahan ke atas permukaan air di aquarium. Tujuannya supaya tetap terjadi pertukaran antara oksigen dengan karbon dioksida
4. Lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang perlu dipersiapkan dan apa saja yang perlu dilakukan ketika listrik PLN padam? Intinya juga kamu jangan panik dulu karena masih ada jeda beberapa waktu dan itu bisa kamu gunakan untuk mempersiapkan hal-hal tadi. Tidak serta merta ketika listrik PLN padam, ikan mas koki kamu langsung mati, tapi tetap ada jeda waktu.

Semoga Tips cara mengatasi mati listrik PLN bagi penghobi ikan mas koki ini bermanfaat. Sejatinya cara ini bisa kamu terapkan juga pada ikan hias jenis lain semisal discus, arwana, KOI, dan lain sebagainya. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Listrik PLN Padam, Ikan Mas Koki Megap-Megap Kurang oksigen? Lakukan 4 Hal Penting Ini + Video