-->

Apa Bedanya Antara Bakteri Starter dengan Obat Penjernih Air? Bukannya Sama-Sama Menjernihkah Air?

Apa bedanya antara Bakteri Starter dengan Penjernih air? Bukannya bakteri starter itu buat bikin air aquarium ikan mas koki jernih kan? Lantas buat apa lagi obat penjernih air jika sudah ada bakteri starter? Atau Obat penjernih air dan bakteri starter itu 2 produk yang beda kegunaan? Tolong dong kasih penjelasannya biar tidak salah pilih.

Apa Bedanya Antara Bakteri Starter dengan Obat Penjernih Air? Bukannya Sama-Sama Menjernihkah Air?
Apa Bedanya Antara Bakteri Starter dengan Obat Penjernih Air? Bukannya Sama-Sama Menjernihkah Air?

Beberapa dari Subscriber Channel Iwak Buncit ada yang bertanya tentang perbedaan antara Bakteri Starter dengan Obat penjernih air, apakah kedua benda tersebut sama atau beda fungsinya? Mungkin saja ini dikarenakan kedua benda tersebut memiliki tampilan yang sama? Atau memang sedari awal sudah salah mengartikannya?

Dari nama saja sebenarnya sudah ketahuan jika Bakteri Starter dengan obat penjernih air tersebut memiliki fungsi yang beda, walau harus admin akui memang punya tujuan yang sama yaitu sama-sama membuat air di aquarium ikan hias kamu seperti ikan mas koki menjadi bening nan jernih. Namun secara fungsi jelas beda. Okey admin kupas satu-satu:

1. Bakteri Starter
Selama admin memelihara ikan mas koki, baru satu merek bakteri starter yang admin gunakan yaitu Aqua Sehat, walau sebenarnya ada banyak merek bakteri Starter yang dijual dipasaran. Sejauh yang admin tahu juga jika fungsi utama dari bakteri starter adalah untuk mempercepat menumbuhkan atau setidaknya memicu pertumbuhan bakteri baik atau bakteri pengurai yang ada di dalam aquarium ikan mas koki.

Secara alami sebenarnya bakteri pengurai dapat muncul sendiri dalam sebuah aquarium ikan hias. Biasanya berasal dari kotoran ikan itu sendiri yang bercampur dengan air, serta pakannya. Akan tetapi proses ini membutuhkan waktu lama, setidaknya butuh waktu 2 bulan kurang untuk bisa menumbuhkan bakteri pengurai tersebut. Selain itu selama masa penumbuhan bakteri pengurai, media biologi semisal Bioring, bioball, Crystall bio, super bio dan sebagainya tidak diotak-atik.

Berikut ini tata cara penggunaan bakteri starter dan kamu juga bisa baca tutorialnya di sini:


Namun dengan adanya bakteri starter ini maka waktu yang dibutuhkan untuk memicu pertumbuhan bakteri pengurai jadi lebih cepat. Biasanya bisa 3 minggu hingga 1 bulan saja yang mana ditandai dengan air aquarium jadi bening. Perlu diingat bahwa bakteri starter bukanlah bakteri yang dibikin jadi bubuk atau isi bakteri starter itu adalah bakteri pengurai. Bakteri starter hanya zat pemicu untuk tumbuh dan berkembang biaknya bakteri baik.

2. Obat Penjernih Air
Awalnya admin tidak terlalu peduli dengan obat penjernih air, cuma karena rasa penasaran dan ada beberapa subscriber juga yang ingin direview obat penjernih air, makanya admin coba gunakan. Setidaknya baru satu merek obat penjernih air yang admin pakai yaitu dari BADUN Magic Purifying. Harganya terbilang sangat murah, untuk 1 box isi 5 bungkus cuma dihargai 9K saja dan itu bisa kamu gunakan 10 kali pemakaian (tergantung dari besar tank aquarium juga).

Hal yang membuat admin terkesima dengan obat penjernih air ialah hasil yang didapatkan bisa langsung terlihat alias instan. Dimana setelah pemberian BADUN Magic Purifying, selang 1 jam air yang ada di aquarium ikan mas koki admin langsung bening seketika. Jernih, kinclong bak kristal. Salut banget dengan obat penjernih satu ini, dimana untuk bisa mendapatkan air yang jernih, setidaknya butuh beberapa kali penggantian air serta waktu yang lama agar media biologi matang, namun dengan BADUN Magic Purifying langsung bisa jernih dalam 1 jam.

Tata cara penggunaan serta review dari BADUN Magic Purifying bisa kamu baca di sini atau juga bisa tonton berikut:


Dari hasil tersebut yang bisa admin tangkap ialah obat penjernih air dengan segala zat kimia yang terkandung didalamnya memang memberikan hasil seketika, namun tidak dalam jangka panjang alias tidak fundamental sehingga tetap saja jika media biologi kamu belum matang maka air di aquarium ikan mas koki lama-kelamaan akan keruh kembali. Ibarat kata tidak ada sesuatu yang instan bisa bertahan lama.

Dari penjelasan di atas, kamu sudah pahamkan perbedaan serta fungsi dari bakteri Starter dengan Obat Penjernih Air? Semoga apa yang sudah admin jelaskan ini bermanfaat buatmu khususnya yang masih bingung atau yang baru mau pelihara ikan hias seperti ikan mas koki. Baik obat penjernih air maupun Bakteri Starter bisa kamu gunakan pada semua jenis ikan hias kok.

Tidak sebatas hanya pada ikan mas koki saja namun juga bisa pada Ikan Louhan, Ikan Arwana, Ikan Discus, Ikan Guppy, Ikan Oscar, dan lain sebagainya. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit biar terus bisa dapat update seputar Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Apa Bedanya Antara Bakteri Starter dengan Obat Penjernih Air? Bukannya Sama-Sama Menjernihkah Air?