Masih Bisakah Sisik Ikan Mas Koki yang Lepas Tumbuh Lagi? Butuh Waktu Berapa Lama? Ini Penjelasannya!

Bisakah sisik ikan mas koki yang sudah lepas tumbuh lagi? Baik yang diakibatkan oleh penyakit maupun kejahilan dari ikan mas koki lainnya? Dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa tumbuh lagi sisik tersebut serta apa obat atau perlakuan apa saja yang harus diberikan supaya sisik ikan mas koki yang lepas bisa cepat tumbuhnya? Buat kamu yang mengalami sisik lepas pada ikan mas kokinya bisa simak penjelasan admin berikut ini.

Masih Bisakah Tumbuh Lagi Sisik yang Lepas pada Ikan Mas Koki?
Masih Bisakah Tumbuh Lagi Sisik yang Lepas pada Ikan Mas Koki?

Buat yang sudah lama memelihara ikan mas koki, pasti sudah tidak asing lagi melihat sisik ikan lepas. Baik itu yang diakibatkan oleh penyakit, ulah sesama ikan mas koki atau malah ulah ikan mas koki itu sendiri. Setidaknya itulah yang cukup sering admin lihat ketika ikan mas koki Oranda Rose Tail admin salah satu sisiknya lepas. Ikan Oranda ini suka sekali berenang tiba-tiba kencang kemudian menabrakkan dirinya ke pompa celup. Walhasil salah satu dari sisinya lepas.

Saat sisinya lepas, tidak ada sedikit pun darah yang muncul. Hanya saja menyisakan bagian kosong yang ujungnya nampak berwarna putih. Selain karena kejahilan, admin juga pernah mendapati ikan mas koki jenis Ranchu Tiger 2 sisi sisiknya terluka. Luka pada sisik ini diakibatkan oleh badan ikan yang miring selama pengiriman kemudian bergesekan dengan wadah plastik.

Lengkapnya soal kasus sisik berdarah pada ikan mas koki serta cara menyembuhkannya bisa kamu baca di sini atau bisa tonton videonya di bawah ini jika punya kuota internet lebih:


Dari dua pengalaman tersebut, didapati kesimpulan jika sisik ikan mas koki yang lepas dapat tumbuh lagi dengan corak dan warna yang hampir sama. Namun perlu diingat bahwa proses tumbuhnya sisik ini kembali membutuhkan waktu yang lama dan ini kembali lagi ke ketahanan atau kemampuan ikan untuk sembuh. Jadi bisa saja butuh 1 bulan, 3 minggu atau bisa lebih lama lagi. Sebagai contoh ikan mas koki Ranchu Tiger admin butuh waktu 1 bulan lebih untuk bisa tumbuh normal sisik yang berdarah tadi.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika sisik pada ikan mas koki kamu lepas. Sisik yang lepas tersebut masih bisa tumbuh lagi kok, asalkan memang bukan diakibatkan oleh penyakit besar semisal Aeromonas. Nah kalau ternyata Aeromonas harus segera dikarantina, panduannya bisa kamu baca di sini dan tonton videonya berikut:


Okey, sekian bahasan admin soal sisik ikan mas koki yang lepas. Buat kamu yang punya pengalaman soal bahasan yang admin bahas kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Masih Bisakah Sisik Ikan Mas Koki yang Lepas Tumbuh Lagi? Butuh Waktu Berapa Lama? Ini Penjelasannya!