Muncul Luka Lebam di Badan Ikan Mas Kokimu? Fix Penyakit Aeromonas: Suntik dengan Obat Ini

Muncul semacam luka merah, hingga lebam pada ikan mas koki kamu? Lebam merah tersebut hampir mengenai seluruh badan ikan mas koki? Sudah lakukan karantina serta beberapa obat ikan namun hasilnya tidak membuahkan hasil? Nah di artikel kali ini admin akan coba bagikan ke kamu salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati ikan mas koki yang terkena bakteri atau virus Aeromonas. Selengkapnya bisa kamu simak berikut!

Muncul Luka Lebam di Badan Ikan Mas Kokimu? Fix Penyakit Aeromonas: Suntik dengan Obat Ini
Muncul Luka Lebam di Badan Ikan Mas Kokimu? Fix Penyakit Aeromonas: Suntik dengan Obat Ini

Ikan Mas Koki Panda admin yang dulu pernah admin bahas terkena penyakit borok atau korengan di sini dan di sini, sepertinya salah satu penyebabnya adalah bakteri atau virus Aeromonas ini. Walau sebenarnya tidak bisa admin konfirmasi secara jelas, terlebih admin kurang pengalaman serta tidak ada juga ilmu kedokteran untuk bisa mengecek secara ilmiah atau test lab terhadap penyakit tersebut. Namun sedikit banyak Oranda panda admin memiliki kemiripan dengan gejala yang timbulkan oleh virus Aeromonas ini. Seperti apa gejalanya?

Jadi, ikan hias khususnya ikan mas koki yang terkena penyakit Aeromonas ini biasanya ditandai dengan permukaan badan muncul semacam luka merah, atau luka lebam merah. Biasanya kalau tidak ditangani secara cemat maka luka lebam merah tersebut akan menjalar ke seluruh badan ikan mas koki. Sejauh yang admin tahu juga ikan yang terkena penyakit Aeromonas ini akan menderita dan jika tidak segera disembuhkan akan mengakibatkan kematian. Pastinya sebagai pemelihara sekaligus penghobi ikan mas koki hal semacam ini tidak dinginkan.

Adalah Dyah Sulistyoningtyas salah satu dari Subscriber Channel Iwak Buncit yang juga mengalami penyakit Aeromonas pada ikan mas kokinya. Beliau menyarankan admin untuk menyuntikkan obat bernama Oksitetrasiklin dengan dosis sebesar 0.025ml dan setelah diberikan suntikan tersebut beberapa hari kemudian ikan mas koki yang terkena Aeromonas ini sembuh dan lincah.

Admin sendiri belum pernah coba menyuntikan obat Oksitetrasiklin ini ke ikan mas koki langsung. Jangankan Oksitetrasiklin, menyuntik ikan mas koki pun admin belum pernah. Oleh karena itu admin coba minta video panduan cara menyuntik ikan mas koki ke sis Dyah Sulistyoningtyas. Syukur Alhamdulillah dikasih. Secara yang namanya menyuntik itu adalah pekerjaan dokter terlatih, walhasil admin tidak bisa main suntik sembarang.

Nah kebetulan sekali sis Dyah Sulistyoningtyas ini juga punya pet Shop dan sering bekerja sama dengan dokter hewan. Oleh karena itu beliau cukup banyak dapat pengetahuan soal mengobati hewan peliharaan termasuk ikan mas koki ini. Buat kamu yang satu wilayah dengan beliau bisa mampir ke petshopnya bernama Royal Petshop di Jatiwangi (link Google Mapsnya bisa ke sini).

Berikut ini adalah video dari rangkungan bahasan kita kali ini soal Aeromonas pada ikan mas koki + cara menyuntik ikan mas kokinya:


Sekali lagi terima kasih pada sis Dyah Sulistyoningtyas serta dokter hewan yang ngasih ilmunya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan khususnya untuk kita penghobi ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk Tips ikan hias setiap hari. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Muncul Luka Lebam di Badan Ikan Mas Kokimu? Fix Penyakit Aeromonas: Suntik dengan Obat Ini
  1. Halo kak.kak kalo aerator aquarium tidak nyedot kotoran ikan.bagaimana caranya kak biar bisa menyedot kotoran ikannya?

    BalasHapus