-->

Bolehkah Menaruh Batu, Mainan dan Tanaman Hias di Aquarium Ikan Mas Koki? 🤔

Cukup banyak yang bertanya ke admin Iwak buncit tentang apakah aquarium ikan mas koki boleh diisi dengan hiasan semisal batu warna-warni atau mainan di dasar aquarium? Soalnya selama ini aquarium yang ada di channel ini terlihat kosong polosan saja. Cuma nampak ikan mas kokinya sendiri serta beberapa peralat pendukung semisal pompa celup, heater, dan lampu LED. Sebenarnya bolehkah, amankah menaruh batu atau hiasan di dalam aquarium ikan mas koki? temukan jawabannya pada artikel ini.

Bolehkah Menaruh Batu, Mainan dan Tanaman Hias di Aquarium Ikan Mas Koki? 🤔
Bolehkah Menaruh Batu, Mainan dan Tanaman Hias di Aquarium Ikan Mas Koki? 🤔

Memelihara ikan hias seperti ikan mas koki, ikan guppy, ikan Louhan, ikan arwana, ikan discus maupun ikan hias lainnya, rasanya memang kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan menambahkan aksesoris semacam batu, mainan atau tanaman di dalamnya. Tujuannya tidak lain untuk menambah kesan indah. Hal ini pula yang admin lakukan di awal-awal memelihara ikan hias dan admin yakin juga banyak dari kamu yang menambahkan hiasan di dalam tank Aquarium nya.

Namun ternyata khusus untuk ikan mas koki menambahkan, hiasan semacam batu, mainan atau tanaman baik itu tanaman plastik maupun tanaman hidup SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN. Kenapa? Itu tidak lain karena ikan mas koki sedari dulu sudah terkenal sebagai ikan penghasil kotoran atau istilahnya pabrik kotoran. Nah dari sini kamu sebenarnya sudah bisa menangkap kan kenapa ikan mas koki banyak yang polosan saja, sama seperti banyak video yang sudah admin upload di channel Iwak Buncit.

Dikhawatirkan batu-batuan yang ada di dasar aquarium dapat menjadi sarang dari kotoran mengendap. Jeleknya jika kotoran ikan mas koki tersebut mengendap di sela-sela batu maka lambat laun akan menjadi bom amonia dan itu sebenarnya sangat membahayakan ikan mas koki sendiri. Padahal seharusnya kotoran-kotoran tadi tersedot ke box filter namun ini malah mengendap di bebatuan. Hal ini juga berlaku jika kamu menggunakan pasir atau pasir malang.

Penambahan hiasan berupa mainan atau batu besar menyerupai bukit juga di khawatirkan dapat mengganggu Water flow atau arus air. Padahal arus air dalam sebuah aquarium ikan mas koki sangat dibutuhkan supaya semua kotoran tadi bisa tersedot ke pompa celup. Penambahan berupa mainan dapat membuat titik atau sudut tertentu menjadi mati atau tidak dilewati oleh arus air. Sebenarnya untuk yang satu ini bisa kamu akali dengan penambahan wave Maker, cuma wave Maker kurang lazim di tank ikan mas koki.

Bagaimana dengan tanaman?
Sama saja cari mati gan. Kan sudah pada tahu pasti ikan mas koki itu terkenal jahilnya, jadi jangankan tanaman hidup, tanaman plastik saja habis di cabut-cabutin oleh ikan mas koki. Kalau tidak percaya kamu bisa simak beberapa review tanaman air yang sudah pernah admin post di sini, di sini dan di sini.

Nah sebenarnya bahasan ini juga sudah admin buatkan dalam bentuk video sehingga lebih mudah untuk dipahami. Silahkan ditonton:


Sebenarnya dari awal kita sudah tahu bahwa Memelihara ikan mas koki itu adalah untuk menikmati keindahan ikannya sendiri. Terlebih ikan mas koki punya ukuran besar dari kebanyakan ikan hias lain. Berbeda dengan aquascape yang lebih menitik beratkan pada keindahan tanaman atau keseimbangan antara tanaman dengan fauna. Jadi sebenarnya dari awal udah tahu alasan kenapa aquarium ikan mas koki polosan tanpa ada hiasan, ya karena itu tadi.

Nah semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu tentang batuan, tanaman hias serta mainan di dalam aquarium ikan mas koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bolehkah Menaruh Batu, Mainan dan Tanaman Hias di Aquarium Ikan Mas Koki? 🤔