Akankah Tanaman Aquascape Melati Air Bertahan di Aquarium Ikan Mas Koki? Biang Jahil 😅

Percobaan ketiga kali ini admin akan coba menaruh tanaman aquascape Melati Air di Aquarium Ikan Mas Koki. Cukup penasaran juga karena daun dan batang Melati air ini lebih keras dari Anubias Nana yang sudah pernah admin review sebelumnya. Akankah Tanaman Melati Air ini bisa bertahan dari kejahilan Ikan Mas Koki? Temukan jawabannya berikut!

Akankah Tanaman Aquascape Melati Air Bertahan di Aquarium Ikan Mas Koki? Biang Jahil
Akankah Tanaman Aquascape Melati Air Bertahan di Aquarium Ikan Mas Koki? Biang Jahil

Pada awalnya admin sama sekali tidak ada rencana untuk membeli Tanaman Melati Air ini. Soalnya dari awal admin ingin membeli tanaman JAVA Fern. Namun berhubung tanaman tersebut ternyata sedang tidak ada. Makan admin berpaling tanaman satu ini. Awalnya admin kira Melati Air ini adalah Kangkung namun setelah dijelaskan penjualnya sendiri barulah admin tahu kalau ini adalah Melati Air.

Satu hal yang membuat admin membeli Melati Air ini adalah daun dan batangnya keras. Kenapa harus keras? itu tidak lain karena tanaman Anubias Nana yang sebelumnya sudah pernah admin cobakan ke ikan mas koki tumbang juga, lengkapnya bisa kamu cek di sini. Walhasil berbekal pengalaman tersebut kalau bisa tanaman berikutnya adalah tanaman aquascape yang jauh lebih keras dari Anubias. Setelah admin coba pegang sendiri ternyata tanaman air punya batang cukup keras dari Anubias, namun untuk daun masih agak lembut. Akan tetapi tetap tidak menyurutkan admin untuk membelinya. Secara harga tanamannya juga murah, kenapa tidak dicoba.

Tanaman Melati Air ini admin beli bersamaan dengan pot kecil, jadi lebih mudah untuk diletakkan di aquarium ikan mas koki yang biasanya polosan tanpa substrat. Sama seperti Anubias Nana, Melati air ini admin taruh langsung di bawah kucuran air dari filter box talang air. Karena ikan mas koki biasanya tidak terlalu suka kucuran air langsung dari filter box. Admin juga menggunakan suction cup dari lampu UV agar lebih mudah menempel ke kaca.

Berharap tanaman melati air ini bisa bertahan lama dari kejahilan ikan mas koki. Secara ikan mas koki sudah terkenal sekali jahil, bar-bar suka memakan tanaman air. Yah enak sih kalau dimakan, ini cuma digigit lalu dibuat mainan. Untuk tahap awal sepertinya tidak ada gangguan dari ikan mas koki, walau memang di hari berikutnya ikan mas koki mulai penasaran dan mendekati melati air ini.

Oh iya, namanya melati air. Admin juga tanya ke penjualnya apakah berkembang juga seperti melati darat. Dia jawab sih iya cuma tidak seperti kembang pada melati darat. Berikut ini sudah admin buatkan video soal percobaan tanaman melati air di aquarium ikan mas koki. Buat kamu yang penasaran tentang kelanjutannya bisa tonton videonya berikut:


Next admin ingin coba tanaman lidah mertua di aquarium ikan mas koki, cuma masih belum tahu apakah tanaman lidah mertua ini bisa tumbuh di dalam air. Karena selama ini admin tahu tanaman lidah mertua cuma tumbuh di darat. Jika kamu punya referensi soal tanaman ini bisa tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Akankah Tanaman Aquascape Melati Air Bertahan di Aquarium Ikan Mas Koki? Biang Jahil 😅