Review Tanaman Sri Gading di Aquarium Ikan Mas Koki: Bisa Tumbuh Suburkah?

Benarkah tanaman Sri Gading bisa bertahan, hidup dengan subur bersama ikan mas koki? Bukannya ikan mas koki terkenal jahil dan suka menggigit daun-daun tanaman air? Lantas apa jadinya, bagaimana nasibnya jika tanaman Sri gading ini ditanam di atas aquarium ikan mas koki? Penasaran? Simak review lengkapnya berikut ini!

Review Tanaman Sri Gading di Aquarium Ikan Mas Koki: Bisa Tumbuh Suburkah?
Review Tanaman Sri Gading di Aquarium Ikan Mas Koki: Bisa Tumbuh Suburkah?

Soal tanaman Sri Gading ini admin sudah tahu cukup lama karena dulu pada saat masih bersekolah, guru sering meminta muridnya untuk membawa tanaman ini. Nah baru-baru ini admin ketemu lagi dengan tanaman Sri Gading. Tepatnya ketika admin membeli sepasang ikan mas koki jenis Oranda Black dan half orange. Review lengkapnya soal kedua ikan Oranda tadi bisa kamu simak pada video berikut:


Jadi ceritanya sang empunya ikan atau bisa disebut penjual ikan lah ya karena selain hobi memelihara ikan hias mas koki, dia juga sering menjual ikan peliharaannya, menanam tanaman Sri Gading tepat di atas aquarium ikan mas koki. Ini bukan kali pertama admin melihat tanaman air tersebut bertengger di atas aquarium. Karena rasa penasaran akhirnya admin bertanya kepada seller, "Benar itu tanaman Sri Gading?" dia jawab sih benar dan admin coba tanya lagi, itu tanaman aman kah dari serangan ikan mas koki? dan dijawabnya sih aman.

Benar saja sih kalau admin lihat sendiri tanaman Sri Gadingnya tumbuh dengan subur, bahkan di kedua tank ikan mas kokinya juga menjuntai ke bawah tanaman Sri Gadingnya. Akhirnya seller memberikan admin beberapa tangkai tanaman Sri Gading untuk juga ditanam di aquarium di rumah. Setiba di rumah, admin coba letakkan di atas aquarium, tepatnya bagian akar tenggelam ke dalam air. Benar saja beberapa hari kedepan tanaman ini bisa hidup. Akan tetapi sepertinya tidak terlalu bisa tumbuh subur. Lantaran tidak ada cahaya matahari.


Yup, jadi karena tank aquarium ikan mas koki admin ini ditaruh di dalam kamar, praktis pencahayaan hanya berasal dari lampu HPL saja yang dulu yang sempat admin review di sini. Sehingga lama kelamaan daun menguning dan layu. Padahal di tempat seller, tanaman Sri Gading ini tumbuh subur. Kalau admin tarik kesimpulan sih, tanaman ini cocok buat kamu yang menaruh tank di luar ruangan atau teras. Lebih cocok lagi buat kamu yang punya kolam ikan.

Selan itu daunnya jangan sampai ada yang terjuntai ke dalam air, karena dengan mudah bisa digigit ikan mas koki. Yup, jadi ada beberapa helai daun yang dimakan oleh ikan mas koki lantaran secara tidak sengaja terjuntai ke air. Jadi ketikan kamu ingin menanam tanaman Sri Gading ini di tank ikan mas koki, perhatikan pencahayaannya supaya tanaman ini bisa tumbuh maksimal. Karena pada dasarnya tanaman ini cukup bandel alias mudah ditanam.

Nah itu dialah review dari admin untuk tanaman Sri Gading. Buat kamu yang punya rekomendasi lain khususnya tanaman hias yang bisa digabungkan dengan ikan mas koki bisa tuliskan di kolom komentar, +1, like dan bagikan juga serta subscribe channel Iwak Buncit untuk terus bisa mendapatkan update terbaru seputar Tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Review Tanaman Sri Gading di Aquarium Ikan Mas Koki: Bisa Tumbuh Suburkah?