-->

Dari Mana Asal Penyakit White Spot? Apakah Menular? Kupas Tuntas ala Iwak Buncit

Apa sih sebenarnya penyakit White Spot tersebut dan kenapa sangat ditakuti oleh sebagian besar penghobi ikan hias? Apakah penyakit White Spot ini bisa disembuhkan, apa penyebabnya dan sebenarnya White Spot ini apakah termasuk penyakit menular? Hem.. admin yakin itu yang sedang kamu cari kan sehingga sampai ke website Iwak Buncit ini. Tenang-tenang, karena itu yang memang akan dibahas. So, tanpa berlama-lama lagi kita langsung mulai saja pembahasannya.

Dari Mana Asal Penyakit White Spot? Apakah Menular? Kupas Tuntas ala Iwak Buncit
Dari Mana Asal Penyakit White Spot? Apakah Menular? Kupas Tuntas ala Iwak Buncit

White Spot, ich, atau titik putih adalah penyakit yang umum dan biasanya menyerang ikan. Yup, jadi bukan sebatas ikan hias saja tapi semua ikan. Kenapa disebut White Spot? Karena ciri-ciri utama dari penyakit White Spot ini adalah munculnya semacam bintik-bintik putih pada bagian tubuh tertentu ikan dan akan sangat tampak terlihat jelas ketika ikan tersebut berwarna hitam. White Spot juga sering disebut penyakit mematikan karena entah datangnya dari mana, tiba-tiba ikan hias kamu terserang saja penyakit ini.

Dari penelusuran admin, penyakit White Spot ini diakibatkan oleh serangan parasit bernama Ichtyophtyrius Sp. Selain diserta bintik-bintik putih, ciri utama dari penyakit White Spot ini adalah ikan menjadi malas bergerak dan lebih sering berada di dasar aquarium. Kalau ditanya apakah penyakit White Spot ini menular? Tentu saja menular dan bahkan jika tidak segera kamu karantina kamu obati dengan cara dipisahkan ke wadah khusus, bisa-bisa semua ikan yang ada di dalam satu tank tersebut bisa terjangkit penyakit White Spot ini.

Setidaknya beberapa ikan hias yang sudah admin pelihara seperti ikan mas koki dan ikan cupang, Iwak Tempalo, atau ikan betta pernah terkena penyakit White Spot ini. Paling parah dialami oleh ikan cupang yang sekejur badannya diselimuti semacam jaring laba-laba akibat penyakit White Spot yang sudah menjalar akut. Sedangkan untuk Ikan Mas Koki Alhamdulillah masih bisa diselamatkan. Walau memang butuh usaha ekstra ketika penyembuhannya.

Dari mana asalnya penyakit White Spot?
Penyakit White Spot umumnya dibawa oleh ikan lain yang baru saja kamu beli atau baru kamu pindahkan ke aquarium utama tanpa sebelumnya dikarantina. Nah si ikan hias yang baru ini awalnya mungkin terlihat sehat biasanya saja namun dibalik itu ternyata di sekujur badannya sudah ada parasit Ichtyophtyrius Sp. Tidak butuh waktu lama, dalam hitungan beberapa hari ikan-ikan hias yang ada di dalam tank tersebut semua akan terjangkit penyakit White Spot.

Sebenarnya ikan hias termasuk Ikan Mas Koki, Ikan Lohan, Ikan Arwana, Ikan Oscar, Ikan Guppy, Ikan KOI, Ikan Belida, dan berbagai jenis ikan hias lain bisa menangkal menyakit White Spot ini asalkan kondisi fisik ikan tersebut sedang prima, tidak dalam keadaan stress serta kondisi air juga bersih. Karena ini admin alami sendiri ketika air di aquarium sudah bening bersih, penyakit White Spot sudah tidak pernah lagi, terlebih itu tadi jangan sembarang memasukkan ikan hias yang baru dibeli. Selain itu pastikan kamu membeli ikan hias dari tempat yang bersih dan terpercaya contohnya ke sesama penghobi.

Bagaimana Cara Menyembuhkan White Spot?
Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa menyembuhkan penyakit White Spot. Sebagai contoh pada ikan Mas Koki, kamu bisa menggunakan rendaman air Methylene Blue, atau juga bisa menggunakan Archivilamin plus, lengkapnya bisa kamu simak di sini. Selain itu kamu juga bisa menggunakan rendaman air ketapang, atau ketapang laut dan ini sudah admin buktikan sendiri pada ikan cupang.

Selain mengobati sebenarnya pencegahan adalah kunci utama. Selalu jaga kualitas air, pasang penghangat atau heater supaya suhu pada air aquarium tetap stabil. Karena suhu air yang sering naik turun dapat membuat pertumbuhan parasit semisal jamur, bakteri virus lebih cepat menyebar. Suhu yang stabil juga bisa membuat ikan hias lebih besar terhindar dari yang namanya stress. Lengkapnya soal penggunaan heater ini bisa kamu simak di sini.

Nah itulah dia bahasan kita soal penyakit White Spot pada ikan hias. Mulai dari ciri-ciri, penyebab, cara penyembuhan serta tindakan pencegahan. Apa yang sudah admin bagikan ini based on pengalaman sendiri selama memelihara ikan Mas Koki, serta ikan cupang dan tentunya juga berlaku pada jenis ikan hias lainnya. Buat kamu yang punya tambahan soal penyakit White Spot ini bisa tuliskan di kolom komentar. Kita saling sharing saja. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk tips-tips ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Dari Mana Asal Penyakit White Spot? Apakah Menular? Kupas Tuntas ala Iwak Buncit
  1. Maaf min, kalau ikan mas koki di satukan dengan ikan komet gimana tuh? Boleh gk?

    BalasHapus