Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Water Heater pada Aquarium Ikan Mas Koki? 🤔

Apakah penggunaan Water Heater atau pemanas air pada aquarium ikan hias seperti ikan mas koki sangat diperlukan? Kalau tidak pakai heater kenapa? Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan Heater? Temukan semua jawabannya melalui artikel yang akan admin paparkan berikut ini.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Water Heater pada Aquarium Ikan Mas Koki?
Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Water Heater pada Aquarium Ikan Mas Koki?

Water Heater atau pemanas air adalah alat yang biasa kamu jumpai pada tank atau Aquarium ikan hias. Para penghobi ikan hias biasanya meletakkan heater di dalam aquarium, tepatnya menempel pada kaca Aquarium. Biasanya juga mereka akan mengatur ke suhu tertentu agar ikan hias bisa tinggal nyaman. Heater sendiri tidak hanya dijumpai pada Aquarium ikan mas koki saja tapi di seluruh jenis ikan hias seperti Arwana, Lohan, Discus, Channa, Guppy, Oscar, dan lain sebagainya. Jadi jangan kamu kira jika cuma ikan mas koki saja yang membutuhkan Heater.

Di pasaran sendiri terdapat 2 jenis Heater yaitu Heater Kaca dan Stainless. Terdapat beragam besar daya yang tentunya disesuaikan dengan ukuran tank. Umumnya Heater digunakan untuk membuat suhu air di dalam aquarium stabil. Kenapa suhu stabil dibutuhkan? Ini tidak lain supaya ikan hias terhindar atau setidaknya meminimalisir dari serangan penyakit semisal dari jamur, atau bakteri. Suhu yang stabil juga bisa menjaga mood ikan dari stress. Membuat ikan lincah berenang. Sebagai contoh ikan mas koki memiliki suhu ideal di 20 hingga 25 derajat Celsius. Terkesan dingin ya?

1. Menytabilkan Suhu
Memang, itu jika ikan mas koki hidup di alam liar, namun ikan mas koki yang kita kenal saat ini kan sudah di domestikasi alias memang sudah di ternakkan untuk kebutuhan peliharaan manusia. Jadi tidak heran jika lingkungannya pun menyesuaikan manusia. Sepengalaman admin sendiri selama memelihara ikan mas koki menggunakan heater biasanya di atur ke suhu 30 derajat Celsius untuk harian, sedangkan 32 derajat untuk karantina dan selama di set ke suhu tersebut ikan mas koki lincah berenang.

2. Proses Karantina
Selain untuk menytabilkan suhu, Water Heater juga biasa digunakan untuk kebutuhan karantina ikan hias mas koki yang sedang sakit. Karena ketika ikan mas koki sakit, maka ikan mas koki akan lebih banyak diam dan kalau kita pasang heater lalu di set 32 derajat, mau tidak mau ikan mas koki tadi akan aktif berenang.

3. Ruangan Ber-AC
Sebenarnya suhu ruangan tanpa ada pendingin ruangan seperti AC tidak dibutuhkan Water Heater pada aquarium ikan mas koki. Terlebih jika kamu tinggal di negara tropis seperti Indonesia dimana suhu ruangan berkisar 27 sampai 28 derajat Celsius. Namun ini beda cerita buat kamu yang menggunakan AC.

Pastinya suhu bakal di atur ke 16 hingga 14 derajat. Suhu seperti ini tentu akan membuat kita merasa dingin, sejuk. Namun beda cerita dengan ikan mas koki yang berada di dalam aquarium. Umumnya ikan akan malas bergerak, belum lagi jika air jarang diganti atau media filter belum matang maka potensi untuk serangan jamur bakal lebih rentan. Oleh karena itu Water Heater sangat dibutuhkan khususnya buat kamu yang menggunakan AC.

Itulah setidaknya 3 alasan atau kondisi kapan waktu yang tepat Heater Digunakan. Tentunya akan ada banyak kondisi yang tidak bisa admin jabarkan. Setidaknya 3 kondisi di atas tadi cukup sering ditemukan khususnya selama admin memelihara ikan hias mas koki. Buat kamu yang punya masukkan terkait bahasan kita kali ini bisa tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk terus mendapatkan update terbaru seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Water Heater pada Aquarium Ikan Mas Koki? 🤔