Karbon Akitf: Solusi Ringkas Mengatasi Air Berkabut pada Aquarium Ikan Mas Koki 👍

Kali ini admin akan coba mereview salah satu filter yang adad di filter box aquarium ikan mas koki yaitu Karbon aktif atau biasa dikenal dengan nama Arang aktif. Seberapa efektifkah filter kimiawi Karbon aktif ini dalam menyaring, menjernihkah air di aquarium kamu dan kapan waktu penggunaan yang tepat serta dimana posisi yang tepat meletakkan karbon aktif ini. Selengkapnya sudah admin bahas dalam artikel berikut. Silahkan disimak.

Review Selama Pemakaian Karbon Aktif pada Aquarium Ikan Mas Koki
Review Selama Pemakaian Karbon Aktif pada Aquarium Ikan Mas Koki

Arang aktif, sebagian dari kamu bakal terheran-heran kenapa barang yang satu ini bisa sangat direkomendasikan sebagai media filter ikan hias seperti Mas Koki ya? Sama, admin juga awalnya heran, kenapa benda berwarna hitam yang mudah hancur ini, bisa justru membuat air menjadi jernih. Namun ketika admin coba mengingat kembali ke belakang. Dulu pada saat belum ada yang namanya air ledeng air dari PDAM. Orang tua admin sudah bisa menggunakan saringan air alami yang mana salah satu komponen saringan atau filternya itu adalah arang aktif ini.

Hasilnya memang sudah terbukti. Air yang awalnya berwarna keruh seperti air tanah merah, setelah melewati media filter tersebut berubah menjadi jernih. Persis seperti air ledeng yang bisa kita nikmati sekarang. Bukan suatu keraguan lagi jika arang aktif ini bisa juga diterapkan pada media filter ikan mas koki. Dari yang admin baca-baca arang aktif atau biasa disebut karbon aktif dapat menyerap zat-zat berlebih pada air, termasuk di dalamnya racun, amonia maupun zat pewarna. Dengan kata lain arang aktif atau karbon aktif ini sangat membantu sekali mengurangi jumlah amonia serta pewarna yang biasanya datang dari makanan ikan mas koki.

Buat kamu yang mengeluh kenapa air di aquarium ikan mas koki berubah warna menjadi keruh, kekuningan atau kehijauan bisa terbantu dengan karbon aktif. Arang aktif ini jika kamu beli di toko ikan hias biasanya sudah dalam bentuk kemasan kain yang punya dimensi panjang. Sebelum digunakan ada baiknya kamu mencuci terlebih dahulu karbon aktif tersebut supaya sisa-sisa produksi tidak ikut tercampur ke dalam aquarium, untuk itu sudah admin buatkan video cara mencuci karbon aktif dengan benar berikut ini:

Karbon aktif ini juga sangat dianjurkan digunakan pada saat awal set up, yang mana biasanya bakteri pengurai dari rumah bakteri (media biologi) belum matang sehingga amonia yang dihasilkan dari kotoran ikan mas koki belum dapat terurai. Nah fungsi dari karbon aktif ini adalah menyerap zat-zat tadi sehingga air di aquarium tetap jernih serta sehat untuk ikan mas koki. Selain kelebihan tadi tentu ada kekurangannya. Tidak seperti media biologi semisal Bioring, bioball, atau Crystal bio yang sudah pernah admin review di sini, di sini. Karbon aktif atau arang aktif ini ada masa pemakaiannya yaitu maksimal 3 bulan.

Jika sudah lewat dari 3 bulan, maka harus segera dilakukan penggantian. 3 Bulan itu adalah waktu maksimalnya, bergantung dari jumlah ikan serta besarnya aquarium maka akan semakin cepat juga penggantian arang aktif. Soal jumlah sebenarnya tergantung besar dari box filter kamu. Di sini admin hanya menggunakan 1 karbon aktif saja berhubung cuma beli satu lantaran untuk mencukupi ongkos kirim saja. Berikut ini sudah admin buatkan juga review dari karbon aktif dalam bentuk video:


Jadi, buat kamu yang masih khawatir tentang fungsi dari karbon aktif di aquarium ikan mas koki, tidak perlu khawatir lagi karena karbon aktif atau arang aktif sedari dulu memang sudah terbukti sebagai media filter air. Benar-benar berhasil dalam menyaring air kotor menjadi air bersih jernih. Di kesempatan berikutnya akan admin bahas soal batu Zeolit. Okey silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

Karbon Akitf: Solusi Ringkas Mengatasi Air Berkabut pada Aquarium Ikan Mas Koki 👍