Bioring, Bioball, Crystalbio, Karang Jahemu Sudah Kotor? Ini Dia Cara Membersihkan Media Biologi yang Benar

Filter Media Biologi pada Aquarium ikan mas koki kamu sudah kotor? Ada banyak kotoran yang menumpuk di dalam filter box? Bioring, Bioball, Crystal bio semuanya sudah tertutup kotoran? Bingung bagaimana caranya membersihkan media biologi Aquarium ikan hias mas koki tanpa menghilangkan bakteri baik, bakteri pengurai yang sudah ada? Simak penjelasan berikut ini karena di video ini admin akan bagikan tata cara serta apa saja yang perlu dipersiapkan saat mencuci media biologi.

Bioring, Bioball, Crystalbio, Karang Jahemu Sudah Kotor? Ini Dia Cara Membersihkan Media Biologi yang Benar
Bioring, Bioball, Crystalbio, Karang Jahemu Sudah Kotor? Ini Dia Cara Membersihkan Media Biologi yang Benar

Sebagai penghobi ikan hias entah itu Arwana, Lohan, Guppy, Oscar, Cupang, termasuk ikan sejuta umat yaitu Ikan Mas Koki, harus rajin yang namanya bersih-bersih termasuk media biologi yang ada di filter box. Kenapa harus dibersihkan? Karena dengan membersihkan media biologi secara rutin, makan resiko untuk terjangkit penyakit akan semakin kecil. Selain itu membersihkan media biologi secara rutin juga dapat membuat air di Aquarium kamu menjadi bersih dan jernih. Pastinya ini yang kamu dan admin mau kan sebagai penghobi ikan hias.

Di pasaran sendiri terdapat beberapa media biologi yang bisa ditemukan yaitu Bioball, Bioring dan Crystal Bio. Selain itu ada juga batu apung, bata merah dan karang jahe. Secara umum cara membersihkan media biologi sama saja, hanya butuh ketelitian dan kesabaran serta jangan mudah jijik. Di artikel kali ini yang akan admin contohkan adalah cara membersihkan media biologi Bioring atau bisa disebut ceramic ring dan Crystal Bio. Keduanya sudah pernah admin review juga di sini dan di sini.

Adapun yang perlu dipersiapkan saat ingin mencuci media biologi adalah:
- Air dari Aquarium (WAJIB)
- 2 Wadah (baskom, ember atau wadah bersih lainnya)
- Media biologi yang ingin dibersihkan
- Kesabaran dan telitian

Sedangkan untuk tata cara pembersihan media biologinya bisa kamu simak pada video berikut ini:


Kenapa air dari Aquarium wajib, bukannya air bersih PDAM atau air minum galon isi ulang?
Itu tidak lain karena air yang ada di dalam Aquarium terdapat bakteri baik atau bakteri pengurainya juga. Sehingga pada saat proses pencucian nanti diharapkan bakteri pengurai yang ada di media biologi tidak banyak yang terbuang. Karena mau bagaimana pun yang namanya pembersihan sedikit banyak akan membuang bakteri pengurai yang sudah ada. Selain itu dengan menggunakan air dari Aquarium sendiri dapat menghemat penggunaan air serta akan sangat efektif jika sedang dilakukan Water change. Oleh karena itu pembersihan media biologi ini lebih bagus dilakukan pada saat penggantian air.

Ingat pada saat pembersihan media biologi juga itu Bioring, bioball atau Crystal Bio jangan dibersihkan penuh atau malah disikat. Cukup dengan menyingkirkan kotoran-kotoran kasat mata saja. Bersihkan juga box filter supaya hasilnya maksimal. Membersihkan box filter juga gunakan saja air dari Aquarium. Dalam proses pembersihannya sendiri setidaknya admin membutuhkan lebih dari 3 ember air.

Nah itulah dia tata cara membersihkan media biologi semisal bioball, Bioring, karang jahe, batu apung atau Crystal bio pada Aquarium ikan mas koki. Cara ini sudah sering admin praktikkan dan sejauh ini air di Aquarium bening. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit karena akan ada banyak tips-tips seputar ikan hias di sana. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bioring, Bioball, Crystalbio, Karang Jahemu Sudah Kotor? Ini Dia Cara Membersihkan Media Biologi yang Benar