Penggantian Air Aquarium Ikan Mas Koki Lebih dari 50%: Apa yang Bakal Terjadi?

Kenapa tidak kuras 100% sekalian supaya air yang ada di dalam aqiarium ikan mas koki jernih bersih dari pada harus menggantinya cuma 50% saja? Memang apa yang bakal terjadi jika mengganti air lebih dari 50%? Apakah ikan mas koki bakal mati atau ada suatu yang buruk bakal terjadi? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, sengaja admin buatkan artikel ini based on pengalaman admin sendiri selama memelihara ikan mas koki. Buat kamu yang penasaran bisa baca penjelasan admin ini hingga selesai!

Penggantian Air Aquarium Ikan Mas Koki Lebih dari 50%: Apa yang Bakal Terjadi?
Penggantian Air Aquarium Ikan Mas Koki Lebih dari 50%: Apa yang Bakal Terjadi?

Awalnya admin tidak terlalu memperhatikan hal ini namun karena mungkin sudah cukup lama memelihara ikan mas koki, jadilah admin coba melalui semacam percobaan kecil. Yup, jadi admin coba menguras air lebih dari 50% dari tank Aquarium ikan mas koki, yang biasanya atau lazimnya dilakukan pengurasan air maksimal sebanyak 50% saja. Kenapa harus 50% maksimal?

Itu tidak lain untuk menjaga jumlah bakteri penguari yang sudah ada lama di dalam tank tersebut, selain itu juga agar ikan mas koki tidak mudah terkejut hingga stress, untuk lebih jelasnya bisa kamu baca juga penjelasan lengkapnya di sini. Nah agar lebih meyakinkan lagi admin lakukan percobaan ini sebanyak 2 kali dan hasilnya ternyata sama.

Setelah mendapati pengurasan air lebih dariu 50% yaitu 60% hingga 75%, admin mendapati air menjadi berkabut setelah beberapa jam dilakukan pengisian air. Bahkan sekalipun air tersebut air galo minum isi ulang yang biasa di beli. Padahal air ini dari awal sudah bening dan sama sekali tidak ada butiran debu atau dedaknya. Beda dengan air ledeng PDAM yang terkadang masih ada dedak sehingga perlu diendapkan.

Kabut pada air ikan mas koki ini cukup lama hilangnya, setidaknya admin tingga ke luar kota selama 1 minggu, barulah air menjadi jernih kembali. Sejernih air galon pada saat pertama kali diisi dan itupun butuh bantuan sinar lampu UV (buat kamu yang ingin tahu lebih jauh kegunaan lampu UV pada aquarium ikan mas koki bisa baca di sini). Belum lagi media biologi di filter talang air sudah lama matang.

Sehingga dengan 2 kali percobaan tersebut, dapat disimpulkan jika pengurasan air lebih dari 50% pada sebuat aquarium sangat tidak direkomendasikan, karena dapat dengan cepat merubah parameter air. Selain itu jika media filter kamu belum matang, dapat lebih berbahaya lagi. Oleh karena itu jangan cepat mengambil tindakan dengan menguras air lebih dari 50% jika tidak terjadi sesuatu yang membahayan.

Kedepannya akan admin bahas juga ciri atau kapan saat yang tepat mengganti air secara penuh 100%. Nah itulah dia hasil dari percobaan admin pada tank ikan mas koki. Besar kemungkinan hal ini bakal terjadi juga pada tank aquarium ikan hias jenis lainnya semisal lohan, arwana, discus, guppu, belidan dan sebagainya. Buat kamu yang punya pengalaman seperti bisa share di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Karena tiap minggu akan admin bagikan beberapa video seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Penggantian Air Aquarium Ikan Mas Koki Lebih dari 50%: Apa yang Bakal Terjadi?