Seberapa Lama Usia Pakai Lampu UV Aquarium Ikan Hias dan Berapa Lama Nyala Pemakainnya?

Berapa sih sebenarnya usia pakai atau umur dari lampu UV ikan hias? Secara harganya bisa dibilang tidak murah dan sepertinya cuma lampu biasa saja yang dicelupkan ke dalam filter box. Apakah benar usia pakainya bisa mencapai 10.000 jam dan apakah lampu ultraviolet merek TAKARI bisa nyala selama itu? Tenang saja, karena melalu bahasan kita kali ini admin akan coba kupas pengalaman admin selama menggunakan lampu UV khususnya untuk merek TAKARI. Silahkan disimak!

Seberapa Lama Usia Pakai Lampu UV Aquarium Ikan Hias dan Berapa Lama Nyala Pemakainnya?
Seberapa Lama Usia Pakai Lampu UV Aquarium Ikan Hias dan Berapa Lama Nyala Pemakainnya?

Setidaknya sudah 5 bulan lebih admin menggunakan lampu UV dari merek TAKARI yang 11 Watt dan selama itu pula air yang ada di dalam aquarium ikan mas koki admin jernih bening. Padahal sebelum menggunakan lampu UV ini, air aquarium admin sering sekali terkena kabut ataupun menguning. Sehingga tak jarang membuat admin harus sering-sering ganti air. Padahal untuk bisa mendapatkan air bersih di tempat ini termasuk sulit karena admin harus membeli air galon, air minum isi ulang. Yah jadi kalau saban hari minta ganti air terus, bisa-bisa bangkrut hehehe..

Selama penggunaan sendiri, admin menyalakan lampu Ultraviolet 11 Watt Takari ini selama 24 jam penuh, tepatnya selama 2 bulan pemakaian. Ini juga dilakukan karena admin kurang begitu tahu seberapa efektif lampu UV ini bekerja. Namun admin mendapatkan saran dari salah seorang penghobi ikan hias juga, kebetulan bikin filter box talang air yang pernah admin review di sini. Dia bilang jika lampu UV cukup dinyalakan selama 3 hari saja misalkan setelah penggantian air rutin. Selebihnya bisa dimatikan, ini juga berguna untuk menghemat masa pakai lampu.

Semenjak dapat saran seperti itu, admin jadi hanya menyalakan lampu ini selama 15 jam saja terhitung dari jam 5 pagi hingga pukul 8 malam dengan bantuan stop kontak Timer analog dari KenMaster yang review serta cara penggunaannya bisa kamu simak di sini selama 3 bulan. Jadi total penggunaan lampu UV TAKARI ini hanya 5 bulan lebih saja.

Yup, jadi tanpa admin sadari lampu UV ini tidak menyala lagi. Admin coba perbaiki posisi staker atau colokan listrik beserta saklarnya, namun sepertinya lampu UV ini masih saja tidak mau menyala. Benar saja setelah admin cek terdapat kerusakan di dalam box driver lampu. Ada 2 komponen yang sepertinya terbakar. Awalnya admin mengira jika filamen dari lampu UV ini yang terbakar, namun ternyata kedua sisi filamen aman, masih utuh.

Jadi selama masa pakai sendiri admin hanya mendapatkan 5 bulan lebih saja untuk lampu UV 11 Watt dari TAKARI ini dan itu juga sudah dikonfirmasi dari salah seorang pengguna lampu UV juga yang sempat bertanya di kolom komentar channel Iwak Buncit. Sekarang kamu sudah tahukan berapa lama umur atau usia pakai dari Lampu UV. Semoga penjelasan admin kali ini bisa menjawab rasa penasaran kamu.

berikut ini admin juga sertakan dalam bentuk video juga sehingga lebih mudah tuk dipahami:


Okey, jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan artikel in dan jangan lupa untuk subscribe channel Iwak Buncit karena admin senantiasa terus mengupload video-video bermanfaat yang membahas soal Tips ikan hias khususnya untuk kali ini ikan mas koki. Buat kamu penghobi ikan hias lain semisal Arwana, Lohan, Guppy, Oscar, Discus, Belida, channa dan lain sebagainya tetap bisa ikutan kok. Salam admin iwakbuncit.com

Seberapa Lama Usia Pakai Lampu UV Aquarium Ikan Hias dan Berapa Lama Nyala Pemakainnya?