Inilah 5 Penyebab Air Berbusa, Berkabut dan Bau Amis Pada Aquarium Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!

Buat yang suka memelihara ikan hias seperti ikan mas koki, pasti sudah tidak asing lagi mendapati kondisi dimana secara tiba-tiba air di dalam Aquarium menjadi keruh, berkabut, berbau amis hingga berbusa. Biasanya busa ini akan banyak muncul di permukaan air yang ditandai dengan buih-buih gelembung seperti balon sabun yang menggumpal dan kalau dirasakan, air yang ada dalam Aquarium menjadi licin agak lengket. Yang jadi pertanyaan adalah apakah hal semacam ini wajar atau memang ada suatu penyakit ataupun kelainan?

Inilah 5 Penyebab Air Berbusa, Berkabut dan Bau Amis Pada Aquarium Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!
Inilah 5 Penyebab Air Berbusa, Berkabut dan Bau Amis Pada Aquarium Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!

Admin sendiri di awal-awal memelihara ikan mas koki juga sempat mendapati kondisi air di Aquarium berbusa. Padahal baru juga sehari yang lalu admin ganti dengan air yang baru dan air yang digantikan pun bukanlah air dari PDAM atau air sumur, melainkan air mineral yang biasanya digunakan untuk minum sehari-hari. Harusnya sih dengan air minum tersebut, air yang ada di dalam Aquarium menjadi jernih sebening kristal, namun yang admin dapati justru kebalikannya dimana air menjadi keruh, berbusa, berbau amis dan agak lengket.

Nah jika kamu mendapati hal tersebut, dari sepengalaman admin selama memelihara ikan mas koki. Setidaknya ada 5 penyebab kenapa air di Aquarium tersebut bisa berbusa:

1. Ada Ikan yang Bertelur
Ini nih yang admin temukan penyebab utama kenapa air di dalam Aquarium ikan mas koki bisa berbusa yaitu karena ada salah satu ikan yang bertelur. Biasanya ikan mas koki yang dibeli di pasaran kan kita belum tahu mana yang jantan dan mana yang betina. Nah bisa jadi pada saat membeli, kita dapat yang betina. Walhasil ketika pada waktunya tiba, ikan mas koki betina akan mengeluarkan telurnya.

Nah keluarnya telur ini akan dibarengi dengan lendir berwarna putih yang ikut menyemprot keluar dari anus ikan koki, yang kalau admin perhatikan ini mungkin semacam lendir yang fungsinya untuk memudahkan telur keluar serta sebagai pemikat atau penarik supaya ikan mas koki jantan mendekat kemudian membuahi telur-telur tadi.

2. Bom Amoniak
Wah ini bahaya, karena amoniak yang berlebih bisa membuat ikan sakit hingga kematian loch. Nah buat kamu yang belum tahu jika selain kotoran fisik yang bisa kita lihat secara langsung, Sebenarnya ikan mas koki juga membuang kotoran bernama amoniak. Amoniak ini tidak secara serta merta ikan mas koki yang buang namun dihasilkan dari kotoran ikan mas koki itu sendiri dan juga berasal dari makanan ikan mas koki baik itu pelet atau makanan pabrik maupun dari makanan hidup seperti cacing darah maupun cacing sutra yang menumpuk.

Solusinya adalah dengan menambahkan filter biologi yang meliputi bio ball, bio ring serta batu zeolit. Sehingga bakteri baik yang berfungsi sebagai pengolah amoniak menjadi nitrit bisa tumbuh dengan baik. Sebagai referensi filter biologi, kamu bisa menggunakan bio ring atau ceramic berpori yang pernah admin review di sini.

3. Filter Mekanik yang Kotor
Walau sering terlewatkan dan dianggap sepele, nyatanya filter mekanik, atau filter busa yang biasanya digunakan untuk menyaring kotoran juga bisa membuat air menjadi berbusa. Yup, filter mekanik atau filter fisik yang tidak dibersihkan sebelum digunakan, bisa saja membawa sisa-sisa kotoran dari hasil produksi yang kita sendiri tidak tahu secara jelas komposisi pembuatannya. Oleh karena itu ada baiknya sebelum digunakan, cuci bersih terlebih dahulu filter mekaniknya.

4. Belum Pernah Dikuras (Pengurasan Pertama)
Air berbusa pada Aquarium ikan mas koki juga bisa diakibatkan belum dilakukannya pengurasan pertama dan biasanya juga di awal-awal pengisian airnya belum terbentuk bakteri pengurai. Hal ini sangat wajar sekali dan akan selalu dialami oleh setiap pecinta ikan hias mas koki. Solusinya adalah dengan melakukan pengurasan air Aquarium sebanyak 50%.

5. Dari Pakannya Sendiri
Nah untuk yang satu ini admin alami ketika menggunakan pakan atau pelet dari Saki Hikari Balance yang (cek reviewnya di sini) dan Saki Hikari Growth. Kedua pelet tadi menghasilkan warna putih. Apalagi jika pakan tersebut tidak segera dihabiskan oleh ikan, maka pelet tadi akan dengan cepat hancur. Walhasil air menjadi berkabut sekali.

Solusi paling mudah agar air berbusa tadi bisa dengan cara melakukan penggantian air sebanyak 50%, atau kuatkan di bagian filtrasi. Admin sendiri menguatkan bagian filtrasi sehingga tidak perlu melakukan penggantian air. Terlebih di daerah sini masih cukup sulit air bersih.

Nah sekarang kamu sudah tahukan penyebab atau alasan kenapa air pada Aquarium ikan hias mas koki kamu bisa berbusa seperti itu dan sudah tahu apa yang harus dilakukan? Admin juga sudah menyertakan bahasan ini dalam bentuk video juga supaya lebih mudah untuk dipahami:


Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit Indonesia karena admin cukup sering mengupload video-video terbaru seputar Tips ikan hias. Semoga bermanfaat, salam iwakbuncit.com

Inilah 5 Penyebab Air Berbusa, Berkabut dan Bau Amis Pada Aquarium Ikan Mas Koki yang Wajib Kamu Ketahui!