Seperti Apa dan Bagaimana Cara Menyusun Media Filter yang Tepat pada Twin BOX Filter Talang Aquarium? Ini Panduan Lengkapnya

Baru saja membeli Twin Box Filter talang air akan tetapi masih bingung bagaimana cara menyusun media filter yang tepat di box talang dua tingkat ini atau buat kamu yang berencana ingin membeli box filter talang 2 tingkat ini tapi penasaran seperti apa bentuk dalamnya serta media filter seperti apa saja yang bisa dijejalkan di dalamnya? Jika itu yang sedang dicari, maka artikel ini benar-benar cocok untukmu.

Seperti Apa dan Bagaimana Cara Menyusun Media Filter yang Tepat pada Twin BOX Filter Talang Aquarium Ikan Mas Koki? Ini Panduan Lengkapnya


Setelah sebelumnya admin Hands-on Twin Box Talang 2 Tingkat untuk aquarium ikan mas koki di sini, saatnya tata cara pemasangan media filternya yang admin bahas. Karena mungkin beberapa dari kamu yang ingin membeli Twin Box filter ini atau malah baru saja membelinya masih bingung bagaimana cara menyusun media filter yang baik dan benar.

Secara umum sebenarnya menyusun media filter pada Box Talang 2 tingkat ini terbilang mudah, karena memang si pembuat Twin Box Filter ini sudah merancang sedemikian rupa sehingga media filter bisa muat dan diletakkan sesuai susunannya.

Box Bagian Atas:
Box ini terdiri dari tutup talang dan box talang itu sendiri, dimana terdapat semacam dudukan juga sekaligus pembatas untuk filter mekanik. Pada bagian bawah dudukan kamu bisa menaruh kumpulan media biologi semisal Bioring ataupun filter kimiawi semisal arang aktif/karbon aktif, yang penting punya ukuran pendek karena ruang media ini tidak terlalu tinggi tempatnya.

Box Bagian Bawah:
Box tingkat pertama ini dikhususkan untuk media biologi karena ruangnya lebih luas dan lebih besar dari pada box tingkat 2. Kalau admin biasanya menaruh Bio Block sebanyak 10 batang ditumpuk bertingkat, namun kamu juga bisa menambahkan media biologi lain semisal bioball, Bioring, karang jahe, Crystall bio, superbio atau mungkin batu apung.

Kemudian masih di tempat yang sama, tepat di sampingnya ada ruangan khusus yang sengaja dibikin ada penutupnya. Ruangan ini diperuntukkan untuk lampu UV. Yup, filter box talang air 2 tingkat ini tidak hanya bisa menampung filter mekanik dan media biologi saja, namun sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa juga menaruh lampu UV. Karena sinar lampu UV itu berbahaya, makanya ruang lampu UV ini dibikin kedap cahaya dengan cara menambah penutup pada bagian atas ruang lampu UV.

Maksimal lampu UV yang bisa digunakan adalah 9 watt, karena lebih dari itu lampu UV akan sulit masuk. Terlebih box filter talang dua tingkat yang admin beli ini punya ukuran di 60 cm saja panjangnya, beda cerita jika kamu memesan ukuran di atas 60 cm semisal 80 cm, 1 meter dan seterusnya.

Satu hal lagi yang admin kelupaan dan harusnya ini ada di bagian awal adalah pastikan semua media filter sudah dicuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam box filter talang, terkhusus untuk media biologi yang biasanya masih menyisakan kotoran atau residu hasil produksi.

Selengkapnya tentang tata cara menyusunan media filter pada Twin Box Filter talang ini bisa kamu simak pada video berikut:



Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya buat kamu yang baru saja membeli Twin Box Filter dan masih bingung bagaimana cara menyusun media filternya atau mungkin buat kamu yang ingin membeli namun penasaran bentuk dalamnya, susunannya seperti apa. Link pembelian sudah admin sertakan di kolom deskripsi video. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan berbagai macam video informatif seputar ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com

Seperti Apa dan Bagaimana Cara Menyusun Media Filter yang Tepat pada Twin BOX Filter Talang Aquarium? Ini Panduan Lengkapnya