Penyebab Air Aquarium Ikan Mas Koki Berbusa: Padahal Air Bening dan Baru Saja Diganti?

Merasa heran kenapa air di aquarium ikan mas koki kamu muncul busa, buih, yang sepertinya tidak mau pecah. Air berbuih tersebut muncul di permukaan? Seperti gelembung aerator yang sulit pecah? Padahal kondisi air bersih, bening, tidak ada tanda-tanda kelebihan amonia ataupun ada ikan yang sedang ingin bertelur? Apa mungkin gegara heater dan garam ikan? Bagaimana cara menghilangkan buih/busanya? Simak penjelasannya berikut.

Penyebab Air Aquarium Ikan Mas Koki Berbusa: Padahal Air Bening dan Baru Saja Diganti?
Penyebab Air Aquarium Ikan Mas Koki Berbusa: Padahal Air Bening dan Baru Saja Diganti?

Okey, ini kejadian dengan Aquarium admin yang berada di kamar tidur, tepatnya di aquarium berukuran 60x40x47 cm. Awalnya tidak terjadi yang macam-macam. Seperti biasa setelah mengisi air atau lebih tepatnya mengganti air sebanyak 50% rutin admin langsung nyalakan pompa celup dan proses filtrasi pun berjalan sempurna. selama 24 jam lebih tidak ada keanehan. Namun setelah 1 hari lebih barulah gelembung busa, buih tersebut muncul.

Tepatnya ketika admin coba menambahkan garam ikan ke dalamnya. Ini sudah menjadi kebiasaan admin untuk menambahkan garam ikan ke dalam air di aquarium, apalagi air yang admin gunakan saat ini adalah air hujan (mumpung sedang musim penghujan jadi air cukup banyak melimpah dari biasanya). Setelah itu sepengingat admin, coba menyalakan heater yang sudah dibeli (buat kamu yang belum baca review Heater AMARA HT-75 bisa cek di sini).

Benar saja beberapa setelah itu mulai muncul buih busa di permukaan air aquarium. Buih busa tersebut muncul dari gelembung udara aerator yang lama pecah. Umumnya dalam sepersekian detik gelembung udara yang dihasilkan aerator akan pecah dengan sendirinya membuat riak air, namun kali ini butuh beberapa detik untuk pecah. Karena lamanya waktu pecah gelembung tersebut membuat tumbukan gelembung menyerupai busa di atas permukaan air.

Awalnya admin anggap biasa, mungkin bakal hilang sendiri. Akan tetapi setelah admin coba tunggu 1 hari lebih gelembung tersebut masih ada juga. Cukup panik plus heran, karena air yang ada di dalam aquarium sendiri nampak bersih dan bening, selain itu air juga baru diganti. Rasanya untuk kadar amonia meningkat cepat tidak mungkin, terlebih admin juga baru-baru ini mengganti kapas filter dengan yang baru.

Setelah admin coba pikir-pikir lagi apa karena reaksi dari air yang dicampur garam ikan serta dihangatkan dengan heater tadi ya yang membuat air di aquarium jadi berbusa? 🤔Soalnya sudah lama tidak pakai heater lagi jadi cukup heran muncul air berbusa gini dan benar saja beberapa hari kemudian lagi tepatnya 3 atau 4 hari sudah hilang gelembung busanya. Penampakan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:



Nah, misal kamu mendapati kejadian seperti ini dimana parameter yang sudah admin sebutkan tadi sama namun tetap juga muncul gelembung busa di permukaan air aquarium ikan mas koki, bisa jadi karena reaksi heater dengan garam ikan, walau sebenarnya bisa juga diakibatkan oleh faktor lain seperti yang pernah admin bawah pada video berikut:



Cara paling mudah untuk menghilangkan air berbusa pada aquarium bisa dengan menggantinya setengah, karena itu cara paling umum yang admin sering gunakan. Namun jika terus berlanjut, berarti ada faktor lain. Buat kamu yang ingin berbagi pengalaman juga soal pembahasan admin kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Penyebab Air Aquarium Ikan Mas Koki Berbusa: Padahal Air Bening dan Baru Saja Diganti?