Bengkok/Patah Dorsal, Ekor, Fin, Dayung pada Ikan Mas Koki: Masih Bisakah Disembuhkan?

Masih bisakah diluruskan, disembuhkan dorsal, ekor, Fin, dayung ikan mas koki yang sudah bengkok atau patah? Kalau bisa apa yang perlu dilakukan? Nah buat kamu yang sedang pelihara ikan mas koki dan mendapati salah seekor ikan mas koki ada bagian dari ekor, dorsal, Fin, ataupun dayungnya bengkok, bisa baca penjelasannya berikut.

Bengkok/Patah Dorsal, Ekor, Fin, Dayung pada Ikan Mas Koki: Masih Bisakah Disembuhkan?

Tertekuk. Pastinya buat kamu yang sudah lama memelihara ikan mas koki tidak asing lagi munculnya tekukan pada ekor, dorsal, sirip bahkan dayung ikan mas koki. Karena memang tertekuknya salah satu bagian slayer ikan mas koki adalah hal yang wajar muncul. Namun benarkah sewajar itu muncul? Apakah ada cara supaya ekor ikan mas koki tidak tertekuk? Apakah ada cara untuk bisa mencegahnya?

Secara umum ada beberapa penyebab kenapa ekor, dorsal, dayung, sirip pada ikan mas koki bisa tekuk, antara lain:

1. Genetika
Bicara soal Gen atau genetika, sudah pasti berkaitan dengan pembawaan lahir. Nah biasanya ikan mas koki yang tertekuk pada bagian ekor, dorsal, sirip, maupun dayung karena gen. Sudah muncul sedari kecil atau sedari ikan mas koki tersebut menampakkan bagiannya. Tertekuknya salah satu bagian slayer bisa juga dibilang "Cacat" karena memang sedari lahir tertekuknya ini sudah muncul.

2. Terlalu Padat
Faktor kedua adalah karena terlalu padatnya jumlah ikan mas koki yang dipelihara dalam satu Aquarium yang sama. Nih, biasanya terjadi pada penghobi ikan mas koki pemula yang suka sekali memelihara ikan mas koki dalam jumlah yang banyak pada satu tempat. Tahukan kamu kalau memelihara ikan mas koki yang banyak pada satu Aquarium bisa membuat dorsal, sirip, ekor, maupun dayung pada ikan mas koki tertekuk. Karena pergerakan mereka terganggu, sering kali ikan tertekan ke lantai Aquarium atau tersenggol ikan lain.

Ketidak leluasaan inilah yang membuat ikan mas koki jadi sulit berenang ke sana-kemari sehingga cenderung membuat salah satu bagian badan tertekuk. Saran admin, ada baiknya kamu pelihara ikan mas koki cukup beberapa ekor saja supaya ikan juga dapat berenang leluasa. Nah buat kamu yang masih bingung berapa jumlah yang ideal memelihara ikan mas koki dalam satu Aquarium bisa baca panduannya di sini atau juga bisa tonton video penjelasannya di bawah ini:



Okey, setelah mengetahui penyebab dari kenapa ekor, sirip, dorsal maupun dayung ikan mas koki bisa tertekuk. Sekarang saatnya kita cari tahu apakah hal tersebut bisa disembuhkan atau tidak. Selama admin memelihara ikan mas koki, sudah beberapa kali mendapati ekor ikan mas koki tertekuk, dan dari kesemua kasus yang dihadapi, tidak ada satupun yang admin sembuhkan. Bukan berarti tidak ada niat atau usaha untuk melakukannya, namun lebih ke kasihan apabila dalam proses penyembuhan ekor tertekuk tersebut justru membuat ikan menderita.

Perlu kamu ketahui bahwa cara Trimming atau memotong ekor, dorsal, dayung, sirip ikan mas koki yang bengkok tadi adalah cara untuk menyembuhkannya. Yup, cuma cara itu saja, kalau pun ada pemijatan itu tidak bisa dilakukan sembarang orang, harus mereka yang sudah sangat berpengalaman. Proses Trimming (memotong) sendiri sudah pasti membuat ikan mas koki menderita, dimana bagian yang dipotong akan mengeluarkan darah. Belum lagi rasio untuk bisa muncul lagi bagian yang terpotong sama bagusnya dengan bawaan lahir sengat kecil.

Maka dari itu, dari pada admin mempertaruhkan sesuatu pada hal yang belum pasti, lebih baik tidak sama sekali. Kasihan juga lihat ikan mas kokinya pasti menggelepar sakit. Nah bahasan ini juga sudah admin angkat dalam sebuah video, buat kamu yang ingin lebih tahu bisa tonton videonya di bawah ini:



Sejatinya teknik Trimming pada ikan hias sudah lama, hanya saja dikerjakan oleh orang yang berpengalaman dan tahu letak atau titik ikan yang tepat. Kalau memang ingin tetap mencobanya, ada baiknya serahkan saja ke salon ikan. Sekarang sudah ada banyak tempat mempercantik ikan hias. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak buncit untuk terus mendapatkan update terbaru seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Bengkok/Patah Dorsal, Ekor, Fin, Dayung pada Ikan Mas Koki: Masih Bisakah Disembuhkan?