5 Hal Wajib Dilakukan Supaya Ikan Mas Koki Tetap Sehat Dikala Musim Penghujan

Setiap hari hampir turun hujan, kira-kira apa yang harus dipersiapkan dan diperhatikan supaya kesehatan ikan mas koki tetap sehat terjaga? Pasalnya musim hujan sering membawa berbagai macam penyakit, termasuk penyakit ikan. Nah, untuk itu sengaja admin buatkan panduan ini supaya apa yang admin alami selama musim penghujan ini tidak terjadi padamu juga.

5 Hal Wajib Dilakukan Supaya Ikan Mas Koki Tetap Sehat Dikala Musim Penghujan
5 Hal Wajib Dilakukan Supaya Ikan Mas Koki Tetap Sehat Dikala Musim Penghujan

Sepengingat admin, Indonesia mulai memasuki musim penghujan di bulan November (setidaknya untuk tahun ini 2020). Selain curah hujan yang kian hari semakin tinggi, datangnya musim penghujan juga identik dengan penyakit. Yup, hujan dan penyakit seperti saudara dekat yang sulit dipisahkan, dan sayangnya hal ini juga berlaku untuk ikan hias seperti ikan mas koki. Yup, penyakit tidak hanya menyerang kita manusia, namun juga ikan hias kesayangan.

Setidaknya selama musim penghujan ini sudah 8 ekor ikan mas koki admin yang terserang penyakit. Diawali dengan trio buncit yang duluan terserang jamur, kemudian diikuti dengan 5 ekor ikan mas koki lainnya. Sampai artikel ini dibuat, 5 ekor ikan mas koki admin sedang dikarantina dan semoga saja kelima ekor ikan mas koki tersebut segera sembuh. Padahal sepengingat admin baru beberapa hari yang lalu ganti air namun tetap saja terserang penyakit ini.

Nah berdasarkan pengalaman tersebut, admin akhirnya mengambil beberapa langkah yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi dalam menghadapi musim penghujan pada ikan hias seperti ikan mas koki, antara lain:

1. Pantau Aktivitas Ikan
Sepengalaman admin selama memelihara ikan mas koki, khususnya saat musim penghujan seperti ini. Ikan Mas Koki cenderung tidak terlalu aktif berenang. Bisanya mereka lebih pelan berada di satu tempat, walau memang ketika diberi makan mereka akan lincah kembali. Namun secara umum ikan akan lebih sering diam atau berenang pelan.

Nah di saat seperti ini terkadang kita sebagai penghobi dibuat bingung, apakah ikan mas koki sedang sakit atau tidak. Secara ciri-ciri ikan mas koki yang sakit atau stress biasanya ditandai dengan pola pergerakan ikan melambat. Satu-satunya cara untuk mengetahui kondisi ikan mas koki adalah dengan mengamatinya secara seksama. Kamu sebagai penghobi paling tahu dengan ikan masing-masing. Pasti tahu beda ikan yang sakit dan yang sehat.

Lihat apakah ada luka, jamur atau apapun itu yang mencurigakan di badan ikan mas koki. Kalau terbukti ada, segera lakukan karantina supaya penyakit tersebut dapat bisa segera diobati dan tidak menjangkit ikan mas koki lainnya. Apabila kamu sedang tidak berada di rumah, mintalah orang yang ada di rumah untuk ikut merawatnya.

2. Cek Kondisi Air
Piara ikan hias seperti ikan mas koki tidak jauh-jauh dari air karena memang ikan sedari menetas hingga besar dan mati berada di air. Maka dari itu kondisi air wajib sekali diperhatikan. Merawat air sama dengan merawat ikan. Masalahnya ada kita, apakah teliti dan telaten dalam menjaganya.

Cek kondisi air apakah air sudah berbau pekat atau tidak, jika pekat tandanya kadar amonia pada air tinggi, segera lakukan penggantian air, panduannya bisa kamu simak di sini atau juga bisa tonton videonya berikut:



Cek, apakah air berbusa atau muncul parasit di air, karena bisa saja udara yang dibawa bersama hujan mengandung bakteri, virus ataupun parasit yang dapat mencemari air.

3. Pasang Heater
Karena musim penghujan, cuaca cenderung tidak menentu (kadang cerah namun lebih banyak hujannya) belum lagi suhu udara juga lebih sering lembap ke dingin. Hal ini juga mempengaruhi kondisi air, khususnya ke suhu air. Air aquarium yang cenderung dingin mempercepat pertumbuhan jamur serta bakteri buruk lainnya. Alih-alih jamur parasit tersebut tidak mudah tumbuh di suhu air normal, gegara hujan pertumbuhannya menjadi pesat.

Guna mengatasi hal semacam ini, penggunaan Heater atau pemanas air sangat direkomendasikan, apalagi buat kamu yang menaruh Ikan Mas Koki di luar ruangan semisal kolam atau meletakkan aquarium di teras rumah. Ini juga yang admin lakukan pada aquarium Tri Buncit, dimana admin memasang Heater berdaya 75 Watt untuk menghangatkan air di aquarium berukuran 60x40x47 cm. Hasilnya suhu air aquarium admin stabil di kisaran 24 hingga 27 derajat Celsius yang awalnya 18 derajat Celsius.

Ikan Mas Koki juga nampak lebih sehat, dan sudah tidak ada lagi tanda-tanda terserang jamur seperti kapas putih. Hanya saja proses penguapan air akan lebih cepat dari biasanya. Penting untuk menjaga level air tetap pada batas normal supaya kinerja heater tidak terganggu.

4. Kurangi Porsi Makan
Berhubung pada saat musim penghujan seperti ini ikan mas koki cenderung bergerak lamban, maka dari itu ada baiknya pemberian pakan dikurangi yang mana biasanya 3 kali sehari, jadikan 2 kali saja. Pengurangan porsi makan juga membuat kondisi air jadi lebih terkontrol dan kamu tidak harus sering-sering mengganti filter mekanik.

5. Jaga Kebersihan Media Filter
Soal menjaga kebersihan media filter sebenarnya tidak hanya terjadi pada saat musim penghujan saja namun di waktu lain harus kamu jaga. Namun berhubung musim penghujan lebih banyak penyakit yang dibawa, maka ada baiknya kamu memberikan perhatian lebih pada media filter. Ini penting supaya faktor penyebab munculnya penyakit tidak bertambah banyak.



Itulah dia 5 langkah yang bisa kamu lakukan selama musim penghujan untuk menjaga kesehatan ikan mas koki. Sejatinya cara ini bisa juga kamu terapkan pada ikan hias jenis lainnya semisal Louhan, KOI, Arowana, Discus, cupang, Oscar dan sebagainya. Hanya saja di sini admin sedang memelihara ikan mas koki.

Buat kamu yang mau menambahkan soal bahasan kita kali ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk mendapatkan berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

5 Hal Wajib Dilakukan Supaya Ikan Mas Koki Tetap Sehat Dikala Musim Penghujan