Muncul Ruam Merah, Memar Mirip Luka di Badan Ikan Mas Kokimu? FIX AMONIA BURN

Muncul ruam merah, memar seperti luka di badan ikan mas kokimu? Padahal sudah di cek sama sekali tidak ada kutu jarum atau kutu bulat di dalam aquarium? Bisa jadi si buncit terkena Amonia Burn, istilah yang merujuk pada tingginya kadar amonia di dalam air aquarium. Bagaimana cara mengobatinya? Selengkapnya bisa kamu simak pada penjelasan berikut.

Cara Mengobati Penyakit Amonia Burn pada Ikan Mas Koki

Amonia Burn. Dari istilah ini saja sebenarnya sudah bisa menggambarkan penyakit seperti apa yang akan menimpa ikan mas koki jika mendengar istilahnya. Penyakit Amonia Burn muncul ketika kadar amonia pada sebuah aquarium meningkat tinggi, yang mana ini berakibat fatala pada kesehatan buncit. Penyakit Amonia Burn ini biasanya menyerang mereka para penghobi ikan mas koki yang baru saja memelihara.

Ini terjadi karena biasanya di awal-awal memelihara ikan mas koki, kita lebih sering terlena untuk semakin menambah jumlah ikan dan tidak terlalu memperhatikan media filter. Belum lagi pemberian pakan berlebih semakin memicu penyakit Amonia Burn ini. Maka dari itu buat kamu yang sedang memelihara khususnya yang baru saja memelihara ikan mas koki, ada baiknya kamu perhatikan beberapa point yang sudah admin bahas tadi, untuk lebih jelasnya bisa kamu tonton video berikut tentang rahasia admin mendapatkan air bening pada aquarium ikan mas koki:



Lantas kalau sudah terlanjur kena penyakit Amonia Burn, bagaimana cara menyembuhkannya dan apakah penyakit ini masih bisa disembuhkan?
Tenang saja, pada dasarnya penyakit Amonia Burn masih bisa disembuhkan kok, yang penting kamu teliti dan mau sedikit repot. Pertama-tama kamu pindahkan ikan ke wadah khusus untuk mengkarantina ikan tersebut. Kemudian siapkan obat biru atau Methylene Blue.

Tuangkan Methylene Blue tersebut ke dalam air hingga airnya agak kebiruan. Aduk hingga merata, tambahkan gelembung aerator ke dalamnya, lalu tunggu 2 hingga 5 menit supaya kadar oksigen di dalam air meningkat. Lanjut masukkan ikan mas koki yang terkena penyakit Amonia Burn ke dalamnya. Selama masa karantina, kamu ganti air tersebut setidaknya 24 jam sekali, dan selama itu pula kamu jangan berikan makan.

Kembali ke aquarium, kamu bersihkan airnya. Ganti air sebanyak 50% dan perbaiki sistem filtrasi yang ada. Untuk panduan cara menyusun media filter yang benar termasuk komposisinya sudah pernah admin buatkan beberapa video sebagai rujukan di channel Iwak Buncit. Apabila masih bingung bisa tonton videonya di bawah ini:



Setidaknya 3-5 hari ikan mas koki Ryukin admin sudah sembuh dari penyakit Amonia Burn. Bercak-bercak merah di badannya sudah menghilang. Nah, buat kamu yang punya pengalaman serupa bisa tuliskan di kolom komentar. Sebenarnya penyakit Amonia Burn ini mudah untuk disembuhkan, namun akan menjadi runyam jika kamu terus mengabaikan. Bisa saja satu aquarium modar gegara sikap abaimu. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Muncul Ruam Merah, Memar Mirip Luka di Badan Ikan Mas Kokimu? FIX AMONIA BURN