-->

Pelet Sinking atau Floating? Apa Bedanya? Mana yang Lebih Bagus untuk Ikan Mas Koki?

Apa perbedaan antara pakan pelet Floating dan Sinking? Mana yang lebih bagus diberikan kepada ikan mas koki dan apakah ada perbedaan harga antara pelet sinking dengan floating? Buat kamu yang sedang mencari jawaban dari kedua perbedaan jenis pakan ikan mas koki tersebut bisa simak penjelasannya berikut ini.

Pelet Sinking atau Floating? Apa Bedanya? Mana yang Lebih Bagus untuk Ikan Mas Koki?
Pelet Sinking atau Floating? Apa Bedanya? Mana yang Lebih Bagus untuk Ikan Mas Koki?

Apa itu Floating dan Sinking?
Buat kamu yang baru saja memelihara ikan mas koki pasti sedikit dibuat bingung dengan kedua tipe pakan ini. Apa itu Floating dan apa itu Sinking? Dari bahasa Inggris, Floating berarti mengambang sedangkan Sinking adalah tenggelam. Dari artinya saja sebenarnya kamu sudah bisa membedakan 2 jenis pakan ikan mas koki ini. Yup, dari penampakan fisik ketika dimasukkan ke dalam air, maka antara pakan Floating dan Sinking sangat mudah dibedakan.

Dimana pakan pelet tipe Floating bakal mengambang di permukaan air, sedangkan tipe Sinking akan langsung tenggelam atau berangsur tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air. Selain 2 tipe tadi, sebenarnya ada satu tipe pakan lagi yaitu melayang, namun akan admin bahas di artikel tersendiri nantinya.

Dimana Bisa mendapatkan Pakan Pelet Sinking dan Floating?
Jenis pakan pelet ini bisa dengan mudah kamu temukan di setiap pedagang ikan hias. Di kemasan biasanya sudah tertulis tipe pakan pelet tersebut, sehingga tidak perlu lagi kamu test terlebih dahulu ke dalam air. Umumnya pakan pelet tipe Sinking atau tenggelam memiliki bobot yang lebih berat ketimbang pelet tipe mengambang atau Floating.

Coba saja kamu beli 2 bungkus pakan pelet merek yang sama namun beda tipenya. Pasti kan bakal menyadari jika pelet floating akan lebih banyak jumlahnya ketimbang pelet tipe sinking. Ini terjadi karena pakan tipe sinking memiliki bobot yang lebih berat dari pada floating supaya pakan tersebut bisa langsung tenggelam ke dasar aquarium ketika dijatuhkan ke dalam air. Beda dengan tipe Floating yang lebih ringan sehingga butuh waktu yang lama untuk bisa tenggelam ke dasar aquarium.

Pilih Sinking atau Floating untuk Ikan Mas Koki dan Ikan Hias Lainnya?
Soal pemilihan ini sebenarnya kembali lagi ke kebiasaan ikan mas koki atau ikan hias kamu itu makannya tipe apa dan juga ikannya ditaruh dimana. Misalkan nih ikan mas koki kamu sudah terbiasa dari kecil dikasih makan pelet tipe floating, maka tinggal lanjutkan saja untuk memberikan pelet tipe mengambang juga. Sebaliknya jika sudah terbiasa dengan tipe tenggelam maka belikan tipe pelet tenggelam juga supaya tidak harus beradaptasi terlebih dahulu.

Akan tetapi jika kamu ingin mengubah kebiasaan ikan mas koki yang awalnya makan pelet tipe floating ke sinking atau sebaliknya. Admin sudah buatkan tata caranya di sini, serta video praktiknya di bawah ini:


Selain kebiasaan, faktor tempat dimana kamu pelihara juga berpengaruh terhadap pemberian pakan tipe ini. Semisal kamu pelihara ikan mas koki di aquarium kaca, maka kamu biasa memilih pakan pelet tipe floating ataupun sinking. Namun jika kamu pelihara ikan mas koki atau semisal ikan hias lain seperti ikan KOI di kolam terbuka yang View atau sudut penglihatannya itu dari atas semisal bak terpal, kambang, kolam alami maupun kolam buatan tadi.

Maka pakan pelet tipe Floating lebih direkomendasikan. Ini supaya pakan yang tidak bias bisa dengan mudah dibersihkan sehingga tidak menumpuk di dasar aquarium yang mengakibatkan filter tersendat. Belum lagi tinggi atau kedalaman dari kolam biasanya lebih dalam dari pada aquarium sehingga ikan harus membutuhkan usaha lebih untuk bisa menjangkau pakan pelet tipe sinking tersebut.

Apakah Benar Pelet Tipe Floating (Mengambang) Dapat Menyebabkan Swim Bledder Atau Berenang Terbalik Pada Ikan Mas Koki?
Soal pertanyaan ini akan admin bahas secara khusus di artikel selanjutnya jadi kamu terus pantengin aja website ini dan channel nya.

Okey buat kamu yang punya pengalaman soal pakan tipe sinking dan floating pada ikan mas koki juga pada ikan hias lain semisal KOI, Louhan, Discus, Arwana dan sebagainya bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk bisa terus mendapatkan update terbaru seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

Pelet Sinking atau Floating? Apa Bedanya? Mana yang Lebih Bagus untuk Ikan Mas Koki?