3 Cara Merubah Kebiasaan Makan Ikan Mas Koki: Floating ke Sinking - Tenggelam ke Mengambang

Buat kamu penyuka ikan mas koki pasti pernah mengalami kondisi dimana ikan peliharaannya tidak mau memakan jenis pelet tertentu. Yup jadi ikan mas koki yang biasanya makan pelet jenis Sinking alias tenggelam, tidak mau makan tipe pelet floating atau mengambang, atau malah sebaliknya? Nah ini admin alami sendiri ketika mau berpindah dari Pelet Saki Hikari LionHead ke Saki Hikari Oranda Gold Premium. Buat kamu yang punya masalah seperti ini, bisa ikuti Tips berikut!

3 Cara Merubah Kebiasaan Makan Ikan Mas Koki: Floating ke Sinking - Tenggelam ke Mengambang
3 Cara Merubah Kebiasaan Makan Ikan Mas Koki: Floating ke Sinking - Tenggelam ke Mengambang

Ikan peliharaan seperti ikan mas koki tidak mau makan, pastinya akan menjadi suatu yang tidak diinginkan oleh kita sebagai pemelihara ikan hias. Apalagi jika pelet yang dibeli bukan pelet sembarang, sampai harus menguras uang saku segala supaya ikan mas koki kesayangan bisa makan, bisa mendapatkan vitamin yang lengkap. Ini admin alami sendiri ketika memberi makan pada ikan mas koki kesayangan dimana pelet dari Saki Hikari LionHead tipe sinking atau tenggelam (seperti yang pernah admin review di sini) tidak begitu banyak dimakan. Bahkan beberapa koki tidak mau makan, contohnya Koki Ryukin yang hanya mencari makanan di atas.

Hal ini terjadi lantaran Ikan Mas Koki Ryukin tersebut pada saat admin membelinya langsung dari sesama penghobi diberi makan Saki Hikari Oranda tipe Floating alias mengambang. Walhasil ketika admin beli dan pindahkan ke Aquarium sendiri, Ryukin diberi maka. Ikan Mas Koki ini tidak menggubrisnya. Padahal ikan mas koki jenis lain semisal Oranda, Ranchu, Demekin lahap memakan pelet LionHead tersebut. Akhirnya admin coba beralih ke Saki Hikari Oranda Gold (Ini juga karena rekomendasi dari yang sudah berpengalaman).

Nah masalah yang sama juga muncul, dimana ada seekor ikan Mas Koki Jenis Ranchu Sakura kesulitan memakan pelet Saki Hikari Oranda Gold tipe Floating ini. Jadi setiap kali pakan diberikan, Ikan Ranchu ini justru mencarinya di bawah (dasar Aquarium), padahal pelet tadi berada di permukaan. Beda cerita dengan Mas Koki Ryukin yang lahap dan mudah memakan pelet tipe floating.

Berkaca dari pengalaman tersebut, akhirnya admin berinisiatif untuk mencari-cari cara agar ikan mas koki yang awalnya sudah terbiasa dengan pakan pelet jenis tertentu bisa pindah ke tipe lain, semisal dari Floating ke Sinking atau dari tenggelam ke mengambang. Dari hasil percobaan tersebut, admin menemukan setidaknya ada 3 cara untuk merubah kebiasaan makan ikan mas koki. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Puasakan Ikan
Hal pertama serta bisa dibilang mudah adalah dengan mempuasakan ikan mas koki. Jadi sebelum kamu berpindah ke tipe pelet tertentu, ada baiknya ikan mas koki dipuasakan terlebih dahulu. Durasinya terserah kamu sih, tapi biasanya admin kasih puasa selama 3 hari. Kemudian setelah 3 hari, coba beri ikan mas koki tersebut dengan pelet yang kamu tuju. Kalau berhasil ikan mas koki akan memakan pelet tersebut, namun jika gagal bisa kamu perpanjang lagi masa puasanya.

2. Ubah Rasio
Cara kedua ini membutuhkan kesabaran serta ketelatenan kamu. Yah, jadi cara kedua ini dengan mengatur rasio pakan. Jadi misalkan nih awalnya kamu memberikan 100% pakan pelet jenis Tenggelam (Sinking), sekarang kamu ubah menjadi 90% Sinking 10% Floating (mengambang). Lalu kamu ubah lagi rasionya keesokan hari menjadi 80% Sinking menjadi 20% Floating. Itu terus berlanjut hingga 100% floating. Cara ini terbukti berhasil juga dan sudah admin praktikkan sendiri.

3. Pancing/Lemparkan
Cara ketiga ini dibilang agak sedikit maksa, jadi coba kamu lemparkan pakan tadi dekat dengan ikan yang dituju. Semisal nih admin ingin memberikan pelet ke Ikan Mas Koki Ryukin yang sudah terbiasa floating. Admin lemparkan pelet sinking ke dekatnya. Awalnya ikan akan merespons namun tidak bisa menangkap pelet tersebut, namun lama kelamaan ikan akan terbiasa menangkapnya.

Agar lebih mudah dipahami sudah admin buatkan juga bahasan kita kali ini dalam bentuk video, silahkan dicek berikut ini:


Alhamdulillah dengan 3 cara di atas akhirnya admin bisa dengan mudah mengubah kebiasaan makan ikan mas koki admin, yang awalnya floating ke sinking atau dari Sinking ke floating. Kuncinya adalah kesabaran karena ikan belajar berdasarkan kebiasaan serta perilaku. Nah buat kamu punya pengalaman sepeti ini bisa tuliskan di kolom komentar. Siapa tahu ada cara lain yang lebih mudah lebih efektif. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe Channel Iwak Buncit agar terus bisa mendapatkan informasi terbaru seputar ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin IwakBuncit.com

3 Cara Merubah Kebiasaan Makan Ikan Mas Koki: Floating ke Sinking - Tenggelam ke Mengambang