-->

10 Detik Gelembung Udara Meletus Juga? WASPADAI Ikan Mas Kokimu

Beberapa dari kamu mungkin pernah memperhatikan seberapa lama gelembung aerator pada aquarium pecah atau meletus. Yang jadi pertanyaannya apakah ada hubungannya antara lama gelembung udara meletus dengan kadar amonia? Khususnya kali ini pada aquarium ikan mas koki. Guna lebih jelasnya bisa kamu simak pada penjelasan berikut.

Gelembung Udara Lama Meletus di Aquarium Ikan Mas Koki? WASPADA
Gelembung Udara Lama Meletus di Aquarium Ikan Mas Koki? WASPADA 

Gelembung dan ikan hias seperti ikan mas koki adalah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan. Karena memang kita ketahui bersama jika ikan mas koki paling suka dengan gelembung aerator. Ibarat kata gelembung aerator itu oksigen bagi si-Buncit sendiri. Selama memelihara ikan mas koki sendiri admin jarang absen memasang aerator di aquarium, setidaknya satu lubang aerasi di setiap tank.

Nah gelembung-gelembung yang berasal dari aerator ini bakal meletus, kemudian menghasilkan riak air. Namun pernahkah kamu mendapati ada beberapa gelembung yang sepertinya butuh waktu lama untuk meletusnya? Padahal gelembung lain bisa dengan cepat meletus? Semakin hari sepertinya jumlah gelembung yang meletus lebih lama dari biasanya? Apakah ada sesuatu yang aneh? Bakal bahayakah kesehatan ikan mas koki?

Informasi yang admin dapatkan dari sesama penghobi ikan mas koki khususnya, walau sebenarnya ini juga berlaku pada ikan hias lain semisal ikan Arowana, Discus, Louhan, Oscar, Cupang, Guppy, dan sebagainya. Jika dalam waktu 10 detik gelembung pada air yang ada di dalam aquarium ikan hias tidak meletus, maka hal itu bisa mengindikasikan jika terdapat peningkatan kadar amonia. Kalau sudah seperti ini ada baiknya kamu mengurangi kadar amonia tersebut supaya tidak membuat ikan stress serta keracunan Amonia itu sendiri.

Cara yang paling mudah mengurangi kadar amonia dengan menguras air sebanyak 50%, serta menambahkan bakteri starter agar filter biologi lebih cepat matang, sehingga amonia yang ada dapat diubah menjadi Nitrit ke Nitrat (cek di sini untuk tata cara penambahan bakteri starter pada aquarium ikan mas koki). Lengkapnya bisa kamu simak juga pada video berikut ini:


Sejatinya memang dibutuhkan pengujian secara ilmiah terkait indikasi lama gelembung pecah dengan kadar Amonia, namun berdasarkan pengalaman admin sendiri selama memelihara ikan mas koki, memang ada keterkaitannya demikian. Setidaknya cara ini bisa dijadikan indikasi awal atau patokan orang awam ketika melihat gelembung lama pecah supaya dapat lebih berhati-hati menjaga kesehatan air itu sendiri. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

10 Detik Gelembung Udara Meletus Juga? WASPADAI Ikan Mas Kokimu