Air di Aquarium Ikan Mas Koki Berbusa Setelah Penggantian Air? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Heran kenapa bisa muncul busa atau buih pada air aquarium ikan mas koki kamu? Padahal baru saja mengganti airnya secara total, air juga nampak jernih, kenapa bisa muncul gelembung buih atau bisa tersebut? Apakah ada cara untuk menghilangkan air berbusa itu? Simak penjelasan serta cara penanganannya pada artikel berikut.

Air di Aquarium Ikan Mas Koki Berbusa Setelah Penggantian Air? Penyebab dan Cara Mengatasinya
Air di Aquarium Ikan Mas Koki Berbusa Setelah Penggantian Air? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berbusa atau busa. Biasanya ini muncul kalau ada bekas sabun yang masih tersisa di suatu wadah dalam bahasan ini adalah aquarium. Namun ternyata busa juga bisa muncul loh pada aquarium yang sama sekali tidak ada bekas sabunnya. Ga percaya?

Setidaknya ini yang admin alami sendiri ketika baru pertama kali memelihara ikan mas koki dan sampai saat ini juga bisa dalam kondisi tertentu busa masih bisa muncul pada aquarium. Sebenarnya soal alasan atau penyebab air aquarium yang berbusa sudah pernah admin bahas secara lengkap di sini, namun di postingan ini admin lebih menekankan pada satu penyebab kenapa bisa muncul busa selain alasan ada ikan mas koki yang mau bertelur.

Yup, jadi busa bisa saja muncul bahkan persentase kemunculannya lebih besar setelah beberapa hari kamu melakukan penggantian air, khususnya mengganti air secara keseluruhan. Ditambah dengan media filter semisal Bioring, bioball atau Crystall bio yang belum matang, maka akan semakin lengkap sudah busa yang muncul.

Jumlah busa sendiri akan juga bergantung dari banyaknya ikan mas koki yang kamu pelihara dalam 1 tank tersebut, berapa banyak jumlah pakan yang diberi. Oleh karena itu setelah melakukan penggantian air sebanyak 100% beserta pencucian total media filter karena suatu hal semisal penyakit, biasanya admin tidak memberi makan ikan untuk beberapa hari. Tujuannya supaya air yang baru diganti tidak serta-merta keruh karena kotoran ikan mas koki.

Sebagai tambahan referensi bisa kamu simak video ini juga soal penyebab air berbusa pada aquarium ikan mas koki setelah dilakukan pengurasan:


Secara umum sebenarnya muncul busa pada aquarium adalah hal yang wajar dan ini bisa kamu atasi dengan rajin mengganti air sebanyak 30% setiap 3 hari sekali atau 50% selama 2 minggu. Serta mengontrol jumlah pakan yang diberikan. Buat kamu yang pernah punya pengalaman air aquarium berbusa bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai Tips ikan hias lainnya. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar