Panduan Cara Membersihkan Filter Mekanik Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Hemat Bisa Digunakan Berulang Kali

Buat kamu yang sering membersihkan filter mekanik beberapa kali dalam seminggu atau malah lebih sering dari itu. Ini admin buatkan bahasan khusus tentang tata cara membersihkan filter mekanik atau filter busa pada aquarium yang mudah dan efektif. Seperti biasa simak pembahasan kali ini hingga selesai!

Panduan Cara Membersihkan Filter Mekanik Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Hemat Bisa Digunakan Berulang Kali
Panduan Cara Membersihkan Filter Mekanik Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Hemat Bisa Digunakan Berulang Kali

Filter mekanik atau biasa dikenal filter busa adalah media filtrasi pertama yang pasti dan wajib dikenal oleh semua penghobi ikan hias, baik itu ikan Arwana, ikan lohan, ikan guppy, Oscar, belida dan tak terkecuali Ikan Mas Koki yang sudah terkenal sebagai pabrik kotoran pabrik amonia. Karena fungsi filter mekanik sendiri sebagai penyaring kotoran-kotoran kasar dari hasil ikan hias. Oleh karena itu juga tak jarang filter busa ini cukup sering dibersihkan ketimbang media filter lainnya.

Admin sendiri sudah beberapa kali mencoba berbagai macam filter busa, mulai dari yang murah hingga yang agak mahal dan beberapa kali juga mencoba metode pembersihannya. Sampai akhirnya admin mencoba filter mekanik Dual Layer dari SOBO, AMARA dan RECENT. Selama penggunaannya juga sangat memuaskan dimana hampir semua kotoran kasar bisa tersaring oleh filter mekanik ini. Bahkan sempat admin review juga ketika filter mekanik ini di sini beserta videonya.

Namun mau bagaimana pun juga mau sebagus apapun juga yang namanya filter mekanik harus tetap dibersihkan. Khusus untuk filter mekanik busa Dual Layer ini admin biasanya membersihkannya itu 1 bulan sekali. Dengan waktu selama itu sudah pasti kotoran yang menumpuk sudah tak terhingga banyaknya dan kalau dibiarkan bisa jadi sarang penyakit.

Pada dasarnya membersihkan filter mekanik itu sama halnya membersihkan kotoran dari busa-busa lainnya. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah untuk tidak menggosok busa filter bolak-balik. Karena hal ini akan membuat pori-pori busa filter menjadi rusak. Jangan pula menggosok busa filter terlalu keras. Lebih bagus lagi jika menggunakan sikat lembut. Admin biasanya menggosok busa filter di awal-awal menggunakan telapak tangan terlebih dahulu, kemudian baru kemudian menggunakan sikat.

Berikut ini sudah admin sertakan video cara membersihkan filter mekanik Dual Layer dari SOBO, AMARA, maupun RECENT:


Walau pada prakteknya admin menggunakan filter mekanik busa dari ketiga merek tadi, namun cara ini tetap bisa kok kamu gunakan pada filter busa putih yang biasa dijumpai pada toko ikan hias. Itulah dia tata cara membersihkan filter mekanik busa aquarium ikan hias. Satu lagi saran dari admin pada saat membersihkannya jangan menggunakan sabun supaya sisa-sisa atau residu dari sabun tersebut melekat di filter. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak buncit karena admin akan sering bagikan tips dan review seputar ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Panduan Cara Membersihkan Filter Mekanik Aquarium Ikan Hias Mas Koki: Hemat Bisa Digunakan Berulang Kali