2 Cara Ampuh Membersihkan Selang Biru Aquarium: Murah, Mudah Bersih Total Sampai ke Sela-sela

Siapa sih yang tidak kenal dengan selang berwarna biru yang biasa digunakan pada aquarium ikan hias, khususnya untuk menyambungkan antara pompa celup dengan box filter. Nah yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara membersihkan selang biru ini? Secara selang biru aquarium ini lentur, serta punya semacam sendi di setiap jengkalnya. Nah melalui bahasan kali ini admin dengan sengaja akan bagikan ke kamu setidaknya 2 cara membersihkan selang biru aquarium secara efektif dan mudah. Silahkan dicoba!

2 Cara Ampuh Membersihkan Selang Biru Aquarium: Murah, Mudah Bersih Total Sampai ke Sela-sela
2 Cara Ampuh Membersihkan Selang Biru Aquarium: Murah, Mudah Bersih Total Sampai ke Sela-sela

Buat kamu yang sudah lama memelihara ikan hias, khususnya ikan mas koki dan juga ikan hias jenis lain semisal lohan, discus, Arwana, belida, Oscar, piranha, dsb pasti sudah tidak asing lagi dengan selang flexibel berwarna biru ini. Kenapa harus berwarna biru? Admin juga kurang tahu pasti sih, cuma kalau di pedang ikan hias memang cuma ada warna biru ini saja yang dijual. Padahal sih kalau mau kamu bisa cari yang warna hitam atau abu-abu di toko online.

Fungsi utama dari selang berwarna biru ini tidak lain untuk menyalurkan air dari pompa celup menuju filterbox. Karena selang biru ini punya kemampuan ditekuk, di atur arahnya semudah dan sebebas mungkin, walhasil selang biru sangat menjadi andalan, khususnya buat kamu yang tidak mau repot harus mengukur dan memotong pipa bening/transparan. Walau sebenarnya untuk urusan estetika, pipa bening lebih direkomendasikan ketimbang selang biru ini.

Nah yang akan admin bahas kali ini buka soal fungsi dari selang biru, melainkan bagaimana cara membersihkannya. Secara selang biru aquarium ini punya cincin di setiap ruas yang mana fungsinya tadi untuk memudahkan ditekuk atau diarah ke segala arah. Suatu tantangan sendiri untuk bisa membersihkan selang biru ini dari kotoran ikan hias. Karena akan sangat sulit sekali membersihkan kotoran dari sela cincin atau sendi selang biru ini.

Setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan selang biru:

1. Menggunakan Air
Namanya bersih-bersih sudah pasti pakai air ya, tapi maksud admin pakai air di sini adalah dengan memanfaatkan guncangan air. Yup, jadi coba kamu tutup salah satu sisi selang biru, lalu isi dengan air sedikit saja ke dalam selang tersebut. Kemudian tutup kedua ujung selang menggunakan jari, lalu guncang ke kanan kiri selang tersebut sehingga air di dalam selang tadi akan mengikis kotoran. Lakukan tindakan ini secara berulang hingga semua kotoran yang ada di dalam selang biru hilang.

2. Menggunakan Sikat Khusus Pipa Aquarium
Tips yang satu ini sudah pernah admin bahas pada artikel cara membersihkan kotoran ikan hias di pipa transparan, lengkapnya bisa kamu cek di sini. Dengan alat yang sama yang itu berupa ikat panjang, coba kamu masukkan sikat tersebut ke dalam selang biru tadi, lalu gosok bolak-balik arah hingga semua kotoran terlepas.

Dari kedua cara di atas, tentu cara kedua yang bakal membersihkan selang biru dari kotoran. Hanya saja kamu harus sedikit berhati-hati karena berisiko terciprat air dari dalam selang tersebut. Panduan lengkap cara membersihkan selang biru aquarium ikan hias ini bisa kamu simak pada video berikut. admin sengaja buatkan supaya lebih mudah tuk dipahami:


Nah itu dialah 2 cara membersihkan selang biru aquarium, khususnya ikan mas koki yang sudah terkenal sebagai ikan penghasil kotoran terbanyak. Cara ini admin temukan sendiri selama memelihara ikan mas koki dan tentunya bisa kamu terapkan pada ikan hias lainnya. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar Tips ikan hias. Semoga bermanfaat, salam admin iwakbuncit.com

2 Cara Ampuh Membersihkan Selang Biru Aquarium: Murah, Mudah Bersih Total Sampai ke Sela-sela