2 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Pipa Aquarium: Dijamin Langsung Bersih 👍

Salah satu yang bikin kesal ketika menggunakan pipa pada aquarium ikan hias seperti ikan mas koki adalah susah atau sulitnya membersihkan pipa yang kotor oleh banyaknya kotoran yang menumpuk. Nah di bahasan ini admin akan bagikan ke kamu bagaimana caranya membersihkan pipa aquarium pada ikan mas koki sampai bersih total.

2 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Pipa Aquarium: Dijamin Langsung Bersih
2 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Pipa Aquarium: Dijamin Langsung Bersih

Buat kamu pencinta ikan hias seperti Ikan Mas Koki, lohan, Arwana, discus, guppy, Oscar, Nila Merah, Belida dan lain sebagainya pasti tidak asing lagi dengan yang namanya pipa aquarium. Pipa ini warna putih transparan dan biasanya banyak di jual di toko ikan hias. Sebenarnya ada alternatif lain selain menggunakan pipa transparan ini yaitu dengan menggunakan selang elastis berwarna biru. Namun karena dinilai kurang rapih karena selang sering menjuntai, serta dapat mengurangi keindahan aquarium. Banyak dari pencinta ikan hias lebih memilih menggunakan pipa.

Admin Iwak Buncit juga awalnya kurang tertarik menggunakan pipa karena tidak fleksibel tadi, agak sulit untuk dipindah-pindahkan, namun makin ke sini admin lebih memilih menggunakan pipa ketimbang selang biru. Nah salah satu masalah yang biasa ditemui oleh mereka yang menggunakan pipa aquarium ini adalah kotoran yang sulit untuk dibersihkan. Selain sulit juga merusak pandangan mata. Yup, beberapa kali admin coba untuk membersihkan kotoran yang ada di sepanjang dalam pipa aquarium, namun hasilnya tetap nihil, masih banyak saja kotoran yang sulit dibersihkan.

Itu tidak lain karena diameter pipa aquarium yang kecil sehingga telunjuk jaripun kesulitan untuk masuk, belum lagi kalau ukuran pipa terlalu panjang, bakal jadi tambah sulit lagi. Nah setelah menggunakan pipa aquarium cukup lama, akhirnya admin menemukan 2 cara yang setidaknya efektif dalam membersihkan pipa aquarium secara bersih maksimal.

Pertama:
Bisa menggunakan koran bekas. Jadi kamu ambil koran bekas, kemudian linting sehingga memanjang. Setelah itu coba kamu basahi atau celupkan pipa aquarium tadi ke dalam air. Kemudian angkat lalu kamu masukkan lintingan koran tadi ke dalam pipa. Lalu coba bersihkan pipa tadi sampai kotoran yang ada di dalamnya menghilang

Kedua:
Di sini admin membeli semacam sikat panjang yang sepertinya memang dibuat untuk membersihkan pipa aquarium. Sikat panjang ini admin beli seharga 30 ribu di toko ikan hias juga. Kebetulan sekali admin melihat ada yang mau membeli sikat ini, jadi admin ikut beli juga. Cara penggunaannya juga terbilang mudah dan sama seperti menggunakan sikat pada umumnya.

Tinggal kamu basahi dulu pipa yang akan disikat, lalu masukkan pangkal ujung sikat ke dalam pipa. Kemudian gosok-gosokkan sikat sembari lihat apakah pipa sudah bersih. Saran dari admin supaya kotoran dari pipa tersebut tidak mengenai kamu, usahakan untuk menggosok pipa di dalam air. Tinggal siapkan saja ember berisi air penuh lalu gosok pipa tadi di dalam air dengan sikat.

Panduan lengkapnya bisa kamu cek pada video berikut. Admin juga sertakan bentuk dari sikat pipa aquarium tersebut:


Dengan menggunakan 2 cara di atas, admin sudah tidak perlu khawatir untuk membersihkan pipa aquarium lagi. Kalau sudah kotor tinggal pilih saja mau menggunakan cara 1 atau cara 2. Nah buat kamu yang punya permasalahan sama seperti admin, semoga tutorial kali ini bermanfaat. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com

2 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Pipa Aquarium: Dijamin Langsung Bersih 👍