Keong Turbo di Aquarium Ikan Mas Koki? Bisakah Membersihkan Lumut? Bagaimana Hasilnya? 🤔

Judul dari artikel ini sama penasarannya dengan admin. Yup, jadi di video sebelumnya admin sudah bagikan review untuk ikan sapu jagat di aquarium ikan mas koki. Nah karena ada beberapa penyuka ikan koki yang mengkhawatirkan tingkah usil sapu jagat, akhirnya admin coba-coba keong turbo sebagai pembersih lumut putih. Yang jadi pertanyaannya adalah seberapa efektif keong turbo ini, secara hewan ini sering digunakan untuk aquascape. Temukan semua jawaban tadi pada postingan berikut!

Keong Turbo di Aquarium Ikan Mas Koki? Bisakah Membersihkan Lumut? Bagaimana Hasilnya? 🤔
Keong Turbo di Aquarium Ikan Mas Koki? Bisakah Membersihkan Lumut? Bagaimana Hasilnya? 🤔

Keong Turbo di Aquarium Ikan Mas Koki? Rasanya tidak lazim ya? Karena memang kebanyakan atau mayoritas penggunaan keong turbo sendiri pada Aquascape yang biasanya berisikan banyak tanaman air. Dimana Keong turbo ini sering digunakan untuk memakan alga yang melekat pada tanaman Aquascape. Namun karena rasa penasaran admin pada Keong turbo ini, makanya admin coba gabung ke aquarium ikan mas koki. Secara aquarium ikan mas koki admin sering kali dihinggapi semacam alga atau lumut berwarna putih, yang belakangan ini admin ketahui bahwa itu bukanlah lumut putih, melainkan lendir yang menumpukan dari ikan mas koki itu sendiri.

Sebelumnya admin sudah menggunakan jasa dari ikan sapu jagat dan reviewnya sendiri bisa kamu baca dan tonton videonya di sini. Namun karena banyak dari pencinta ikan hias mas koki yang khawatir dengan kejahilan ikan sapu jagat. Maka admin coba cari penggantinya, dapatlah keong turbo ini. Oh iya keong turbo ini admin dapatkan seharga 3 ribu per keongnya dan admin beli sebanyak 10 keong. Admin beli di toko ikan hias dekat rumah.

Pada saat beli sebenarnya disarankan untuk beli lebih dari 10 keong, semisal 40 keong. Namun karena hanya rasa penasaran saja apakah efektif memakan lumut putih tersebut. Makanya admin beli 10 keong dulu. Secara juga 10 keong sudah 30 ribu. Bisa ludes isi dompet kalau 40 keong jadi dibeli. Sebelum dimasukkan, admin coba cuci terlebih dahulu sembari diperhatikan secara seksama apakah ada kutu yang melekat pada keong turbo.

Setelah dimasukkan, keong turbo harus diposisikan sebagaimana mestinya, karena yang admin baca-baca jika keong ini gampang mati jika dalam posisi terbalik. Masalahnya adalah ikan mas koki itu adalah ikan yang grasak-grusuk sehingga sering kali menyenggol keong turbo. Walhasil admin sering membenarkan posisi keong turbo ke posisinya.

Setelah beberapa hari, yang admin dapatkan adalah lumut putih yang melekat di kaca aquarium memang sedikit menghilang, nampak ada jalur bekas keong namun itu sedikit sekali bisa menghilangkan lumut putih. Bahkan ada banyak keong yang cuma berdiam saja. Setelah 1 Minggu penggunaan keong turbo, nampak ada banyak keong turbo yang mati, ada yang hilang dari cangkangnya.

Review selengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Selama penggunaan keong turbo tersebut pada aquarium ikan mas koki, admin menarik kesimpulan jika penggunaan keong turbo dengan tujuan untuk menghilangkan lumut putih ternyata kurang efektif, terlebih jika jumlah keong turbo yang digunakan sedikit (dalam hal ini admin hanya menggunakan 10 keong untuk aquarium ukuran 120x40x45 cm). Belum lagi risiko keong turbo yang mudah mati akibat terbalik oleh ulah ikan mas koki yang suka grasak-grusuk.

Tentunya kembali lagi ke kamu mau menggunakan keong turbo atau tidak. Apa yang admin tuliskan ini murni berdasarkan pengalaman admin sendiri selama menaruhnya di aquarium ikan mas koki. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit supaya terus bisa mendapatkan update terbaru seputar tips ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com

Keong Turbo di Aquarium Ikan Mas Koki? Bisakah Membersihkan Lumut? Bagaimana Hasilnya? 🤔