2 Manfaat Ikan Manfish Satu Aquarium dengan Ikan Mas Koki yang Jarang Diketahui Orang

Buat kamu yang suka ke pasar ikan hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan Manfish, ikan layang atau yang lebih dikenal sebagai ikan Anglefish. Ikan ini terhilang anggun, tenang, serta lenggak-lenggok pergerakannya juga indah. Terlebih dengan corak warnanya yang menarik, mengkilap disertai motif bergaris. ikan-ikan seperti ini sepertinya bakal sangat cocok sekali jika dipadu-padankan dengan Aquarium Aquascape.

Amankah Ikan Manfish Sering Digabung dengan Ikan Mas Koki? Simak 2 Manfaatnya Berikut Ini!
Amankah Ikan Manfish Sering Digabung dengan Ikan Mas Koki? Simak 2 Manfaatnya Berikut Ini!

Yah, admin juga sangat setuju karena perilaku ikan ini yang cukup tenang, serta tidak grasah-grusuh seperti ikan Mas Koki. Namun sadarkah kamu justru ikan Manfish ini lebih sering ditemukan dalam satu Aquarium dengan Ikan Mas Koki? Yup, jadi buat kamu yang suka pergi ke pasar ikan hias pasti cukup sering melihat ikan layang ini satu Aquarium bersama ikan Mas Koki. Kalau dilihat dari perilakunya sepertinya bakal tidak cocok ya?, yang satu tenang dan yang satunya malah super aktif. Namun tahukah kamu jika penyatuan ini ada tujuannya?

Walau mungkin sekilas karena ingin supaya tidak memakan tempat sehingga penjual ikan bisa memuat banyak jenis ikan dalam satu Aquarium, namun nyatanya antara ikan mas koki dengan ikan Manfish ini terjalin hubungan yang saling menguntungkan atau istilah kerennya itu simbiosis mutualisme. Dimana Ikan Manfish ini memiliki kebiasaan untuk memakan kutu yang ada pada tubuh ikan Mas Koki.

Kita ketahui bersama jika Ikan Mas Koki cukup sering terserang parasit seperti kutu ini, Kutu pada Ikan Mas Koki juga beragam, ada kutu jarum, kutu bulat atau yang biasa disebut kutu kura-kura, kutu jangkar dan jenis parasit lainnya. Nah kalau sudah terserang kutu biasanya badan ikan mas koki akan ada bercak merah dan itu tandanya habis digigit kutu. Kalau dibiarkan secara terus-menerus bisa saja ikan mas koki kamu akan stress dan berujung kematian.

Si Ikan Manfish ini suka sekali mematuk kutu yang ada pada badan ikan mas koki, walhasil Ikan Mas Koki kamu jadi sehat terbebas dari yang namanya parasit kutu tadi. Sedangkan ikan Manfish ini sendiri bisa kamu beri makan dari pakan ikan mas koki sendiri. Sehingga kamu tidak perlu membeli pakan khusus untuk ikan Manfish, cukup satu jenis pakan bisa untuk 2 jenis ikan yang berbeda. Selain sebagai pemakan parasit, Ikan Manfish juga memiliki nilai keindahan tersendiri.

Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memelihara ikan Manfish dan Ikan Mas Koki dalam 1 Aquarium yaitu:
1. Jumlah Ikan yang ada pada Aquarium tersebut tidak padat
2. Air harus selalu jernih dan bersih
3. Tidak terlalu banyak arus kuat

Nah jika kamu memperhatikan ketiga kriteria tadi, maka ikan Manfish tidak akan mudah stress. Yup, ikan Manfish ini ternyata mudah stress dan stress nya itu paling banyak berasal dari ikan mas koki yang aktif, terlebih jika jumlah ikan mas koki sudah terlalu banyak. Sedari awal kita sudah tahu jika baik ikan Manfish maupun ikan Mas Koki memiliki perilaku yang berlawanan.

Bahasan lengkap soal fungsi ikan Manfish pada Ikan Mas Koki bisa kamu cek juga pada video berikut:


Apabila Ikan Manfish kamu sudah terlanjur terserang stress, tenang saja kok karena ada cara untuk menyembuhkannya, untuk yang satu ini juga sudah admin buatkan artikel khusus beserta video bagaimana caranya mengobati ikan Manfish yang stress, silahkan cek tutorialnya di sini. Nah itulah dia fungsi dan manfaat dari Ikan Manfish ketika disatukan dengan Ikan Mas Koki. Silahkan +1, like dan bagikan serta dukung website ini dengan cara Subscribe channel Iwak Buncit. Salam iwakbuncit.com

2 Manfaat Ikan Manfish Satu Aquarium dengan Ikan Mas Koki yang Jarang Diketahui Orang