Ikan Manfish Kamu Stress? Segera Lakukan 8 Langkah Sederhana Berikut Ini!

Ikan Manfish yang kamu miliki menunjukkan gejala-gejala stress semisal banyak diam, menyediri di sudut Aquarium, bahkan ada yang sampai terkapar? Wah, itu tandanya stress berat. Segera lakukan apa yang sudah admin tuangkan dalam artikel berikut ini!

Ikan Manfish Kamu Stress? Segera Lakukan 8 Langkah Sederhana Berikut Ini!
Ikan Manfish Kamu Stress? Segera Lakukan 8 Langkah Sederhana Berikut Ini!

Ikan Manfish atau yang biasa disebut sebagai ikan layang-layang karena bentuknya yang seperti layang-layang atau layar kapal sering digunakan sebagai ikan pembersih yang mana biasanya juga disandingkan dengan ikan Mas Koki. Kenapa disebut sebagai ikan pembersih? Itu tidak lain karena Ikan Manfish suka sekali memakan kutu-kutu yang melekat pada badan ikan Mas Koki.

Jadi sangat wajar sekali jika kamu melihat ikan Manfish dan ikan Mas Koki dalam satu Aquarium. Memelihara ikan Manfish juga terbilang mudah, bahkan bisa dibilang tahan banting. Namun siapa sangka jika ikan setangguh Manfish yang biasanya memakan kutu plus nguber-nguber ikan Mas koki juga bisa stress loch?!

Yup, ini admin alami sendiri pada 5 ekor Ikan Manfish yang admin pelihara. Awalnya ikan Manfish ini bisa cukup nyatu dengan ikan Mas Koki yang ada di dalam Aquarium tersebut, namun seiringnya bertambah jumlah ikan mas koki yang admin tambahkan, lama kelamaan ikan Manfish ini malah murung, berenang terbalik, dan sampai lari kocar-kacir. Puncaknya ketika 5 ikan Manfish tadi terkapar tidak bergerak, cuma insangnya saja yang masih megap-megap pertanda masih hidup.

Nah jika sudah seperti ini, kita sebagai pecinta ikan hias bakal dibuat kelabakan juga. Oleh karena itu, langkah yang admin ambil agar kelima ikan Manfish tersebut bisa tetap hidup serta hilang stress nya sebagai berikut:
1. Pisahkan ikan Manfish yang terindikasi stress tadi ke tempat atau wadah terpisah
2. Siapkan air bersih serta garam khusus ikan, serta obat ajaib bernama Elbayou
3. Masukkan garam ikan secukupnya ke dalam air yang sudah disiapkan tadi. Biarkan garam ikan lumer dan merata
4. Setelah itu kamu masukkan obat Elbayou tadi. Beri secukupnya saja hingga air berubah menjadi warna kuning
5. Kemudian kasih aerasi atau gelembung oksigen. Diamkan selama 5 menit hingga air penuh dengan oksigen. Fungsi aerasi juga di sini membantu agar garam dan obat Elbayou tadi semakin cepat merata.
6. Kemudian kamu masukkan ikan Manfish yang terindikasi stress tadi
7. Amati terus perilaku ikan Manfish apakah menunjukkan tanda-tanda membaik
8. Biarkan ikan Manfish tadi sehari semalam dan lakukan penggantian air setiap 24 jika air sudah nampak keruh.


Nah syukur Alhamdulillah, kelima ikan Manfish tadi sudah bisa berdiri lagi dan dari tampilannya sih sudah bisa dibilang sehat namun dari sisi perilaku masih menunjukkan stress tingkat ringan seperti masih beberapa kali berenang cepat. Dengan keadaan seperti ini bisa kamu tetap lanjutkan pemberian Elbayou hingga ikan Manfish benar-benar sehat.

Yah, ternyata ikan pembersih seperti Manfish ini sendiri bisa stress seperti ikan lainnya. Semoga apa yang sudah admin alami ini bisa bermanfaat buat kamu terkhusus buat yang sedang mengalami hal ini. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam IwakBuncit.com

Ikan Manfish Kamu Stress? Segera Lakukan 8 Langkah Sederhana Berikut Ini!