Seperti Inilah Tata Cara Pemasangan Lampu Ultraviolet yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki

Bagaimana caranya menggunakan lampu Ultraviolet pada Aquarium ikan hias? Apakah boleh langsung dimasukkan ke dalam Aquarium atau perlu tempat khusus? Apakah ada dampaknya jika lampu UV ini secara terus menerus terpapar oleh ikan dan juga manusia? Simak tata cara pemasangan lampu UV yang baik dan benar berikut ini.

Seperti Inilah Tata Cara Pemasangan Lampu Ultraviolet yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki
Seperti Inilah Tata Cara Pemasangan Lampu Ultraviolet yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki

Salah satu cara paling mudah untuk menjernihkan air di Aquarium sehingga tampak bening sebening kristal adalah dengan menggunakan bantuan lampu ultraviolet atau lampu UV sebagai media sterilisasi. Nah mungkin ada dari kamu yang belum tahu bagaimana cara memasang lampu UV ini dengan benar, walhasil bukan hanya bisa membahayakan ikan hias kesayangan tapi juga kamu sebagai pemiliknya. Oleh karena itu di artikel kali ini admin akan coba bagikan tata cara pemasangan lampu Ultraviolet yang baik, benar dan sehat pada Aquarium ikan hias mas koki.

Walau sama-sama lampu namun pemasangan lampu ultraviolet sendiri tidaklah sama seperti lampu Aquarium atau lampu Aquascape lainnya. Yup, jadi kalau lampu biasa bisa langsung kamu taruh di atas atau di dalam Aquarium serta bisa langsung menyinari ikan hias, namun beda cerita dengan lampu UV atau lampu ultraviolet ini. Kenapa? karena lampu ultraviolet sendiri digolongkan sebagai lampu yang masuk kategori UV-C. Dengan kata lain semakin pendek sinar gelombang cahaya ultraviolet tersebut, maka akan semakin berbahaya jika terpapar langsung oleh mata makhluk hidup. Termasuk ikan dan manusia.

Admin sendiri punya pengalaman buruk dengan lampu UV ini dimana secara tidak sengaja terpapar lampu ini selama 30 menit. Ini terjadi karena selama rentang waktu tersebut admin sibuk memperbaiki filter Box talang air. Walhasil keesokan harinya kedua mata admin mengalami bengkak, mata menjadi kemerahan dan sulit untuk terbuka. Mata juga menjadi berair, mirip seperti orang yang sedang terkena sakit mata.

Memang mata bengkak ini bisa sembuh sendiri dalam waktu 2 hari lamanya, namun jika dibiarkan, dan terus terpapa sinar ultraviolet, akan membuat kebutaan permanen. Oleh karena itu lampu ultraviolet ini harus diberikan perlakukan khusus. Yaitu dengan menyiapkan ruangan khusus:
1. Dalam praktiknya Aquarium admin menggunakan filter Box talang air, yang mana pada saat membelinya admin sudah meminta kepada seller untuk menyiapkan ruangan khusus dengan ukuran tertentu. Buat kamu yang ingin membaca review custom filter Box talang air ini bisa cek artikelnya di sini
2. Silahkan kamu bersihkan dulu lampu UV sterilisasi tersebut menggunakan lap atau kain basah
3. Pasangkan mengikat ke lampu UV tadi
4. Lalu letakkan di ruangan khusus yang sudah disediakan
5. Pastikan jika lampu UV tadi terendam air setidaknya 1,5 hingga 2cm. Ini penting supaya proses sterilisasi bisa berjalan maksimal
6. Pastikan juga jika setidaknya paling sedikit air tersinari selama 2 detik sebelum kembali ke dalam Aquarium
7. Setelah itu tutup bagian atas lampu UV

Apabila kamu mengikuti semua instruksi yang sudah admin berikan tadi, maka besar kemungkinan lampu ultraviolet akan bekerja maksimal menjernihkan air di Aquarium serta mengontrol sekaligus mematikan bakteri merugikan ikan hias. Admin sendiri menggunakan lampu UV ini pada Aquarium berukuran 120x40x45cm dengan daya 11W.

Buat yang ingin melihat secara lengkap tentang tata cara pemasangan lampu UV yang baik dan benar ini, bisa kamu simak pada video berikut:


Nah itulah dia tata cara pemasangan lampu UV yang biasanya digunakan untuk proses sterilisasi air pada Aquarium dan kolam ikan hias. Semoga bisa bermanfaat, sehat dan membuat air Aquarium kamu makin jernih, bening bin kinclong. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. salam admin iwakbuncit.com

Seperti Inilah Tata Cara Pemasangan Lampu Ultraviolet yang Benar pada Aquarium Ikan Mas Koki