Pompa Celup Aquarium tapi TIDAK DICELUPKAN ke Dalam Air? Apa Akibatnya?

Bolehkah Pompa Celup Aquarium Ikan Mas Koki Dinyalakan tidak tercelup ke dalam air? Apakah ada dampak buruknya tidak mencelupkan pompa celup tersebut? Buat kamu yang punya pertanyaan semacam ini dan pingin tahu jawaban lengkapnya, bisa simak penjelasan admin berikut!

Pompa Celup Aquarium tapi TIDAK DICELUPKAN ke Dalam Air? Apa Akibatnya?
Pompa Celup Aquarium tapi TIDAK DICELUPKAN ke Dalam Air? Apa Akibatnya?

Pompa celup Aquarium adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengalirkan air di dalam akuarium. Pompa celup ini biasanya terdiri dari motor listrik yang ditempatkan di dalam kotak plastik yang tahan air dan dilengkapi dengan selang atau pipa untuk mengalirkan air. Dari namanya saja kita tahu bahwa cara penggunaan dari pompa ini adalah di celup ke dalam air. Karena memang pompa celup dirancang untuk bisa beroperasi di dalam air. Kalau namanya cuma pompa air saja, mungkin kita berpikiran bahwa pompa ini hanya bisa di darat. Namun karena namanya pompa celup tadi, maka pompa ini memang diperuntukkan untuk digunakan di dalam air.

Pompa celup Aquarium memiliki beberapa fungsi penting, seperti:
1. Menjaga sirkulasi air: Pompa celup akan mengalirkan air di dalam akuarium, sehingga menjaga sirkulasi air dan mencegah terjadinya kematian ikan karena kekurangan oksigen.
2. Membuat filter berfungsi: Pompa celup juga dapat digunakan untuk mengalirkan air ke dalam filter, sehingga membantu meningkatkan kinerja filter dengan menyaring kotoran dan limbah lainnya.
3. Meningkatkan kualitas air: Dengan mengalirkan air di dalam akuarium, pompa celup akan membantu mengurangi konsentrasi zat-zat berbahaya seperti amonia dan nitrat, yang dapat membahayakan ikan.
4. Mengurangi suhu air: Pompa celup dapat membantu menurunkan suhu air di dalam akuarium, terutama di musim panas atau ketika suhu lingkungan menjadi sangat panas.

Dipasaran sendiri terdapat 2 tipe pompa celup Aquarium, yaitu:
1. Pompa Celup Aquarium Tipe Tempel Dinding
Sebagaimana namanya, pompa celup Aquarium mode tempel dinding ini didasarkan pada cara peletakannya yang lazim ditempelkan ke dinding kaca Aquarium.

Beberapa contoh pompa celup Aquarium tipe tempel di dinding diantaranya:



2. Pompa Celup Aquarium Tipe Lantai
Kemudian untuk pompa celup tipe lantai ini didasarkan pada peletakannya yang lazim ditaruh di lantai kaca Aquarium. Beberapa pompa juga sudah dilengkapi dengan semacam suction cup yang fungsinya untuk memberikan daya tempel lebih kuat ke kaca Aquarium.

Beberapa contoh pompa celup Aquarium tipe lantai:



Pompa Celup tapi Tidak Tercelup, Apa Jadinya?
Dari semua penjelasan di atasi, apa jadinya jika pompa Aquarium yang notabenenya operasikan, dinyalakan di dalam air malah justru tanpa terendam air? Hemm.. menarik sekaligus kreatif para penghobi ikan mas koki di negara +62 ini, padahal sudah jelas-jelas pompa celup dioperasikan di dalam air, dan memang sedari awal dibuat di pabrik juga untuk bisa digunakan di dalam air.

Hal pertama yang bisa kamu rasakan adalah pompa tersebut tidak akan berfungsi dengan baik karena desainnya dirancang untuk bekerja di dalam air. Ketika pompa dinyalakan, impeller atau kipas pada pompa yang dirancang untuk mengalirkan air akan berputar, tetapi karena tidak adanya air, kipas akan mengeluarkan suara berisik dan getaran, dan dapat merusak motor pada pompa.

Selain itu, jika pompa Aquarium tidak dicelupkan di dalam air, maka tidak ada air yang dapat mengalir melalui pompa dan ke dalam filter. Akibatnya, sirkulasi air di dalam akuarium menjadi terhambat dan tidak efektif, sehingga kotoran dan limbah tidak dapat dihilangkan dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan kualitas air di dalam akuarium memburuk, membuat air menjadi keruh atau bahkan beracun bagi ikan dan organisme lainnya di dalam akuarium.

Pompa Aquarium dicelupkan ke dalam air karena fungsinya untuk mengalirkan dan mengatur sirkulasi air di dalam akuarium. Dengan dicelupkan ke dalam air, pompa akan langsung berada di bawah permukaan air dan dapat memompa air dari bawah akuarium ke atas, sehingga memungkinkan untuk sirkulasi air yang efektif.

Sirkulasi air yang efektif sangat penting untuk menjaga kualitas air di dalam akuarium. Dalam akuarium, ikan dan organisme lainnya menghasilkan kotoran dan limbah, yang dapat memperburuk kualitas air dan membuat air menjadi keruh atau beracun bagi ikan. Dengan menggunakan pompa celup Aquarium, air akan terus mengalir dan dipompa melalui filter, sehingga kotoran dan limbah akan disaring dan dihilangkan, sehingga menjaga kualitas air tetap baik untuk ikan dan organisme akuatik lainnya.

Selain itu, pompa celup Aquarium juga membantu memperbaiki konsentrasi oksigen di dalam air, yang sangat penting untuk kesehatan ikan dan organisme lainnya di dalam akuarium. Dengan mengalirkan air di dalam akuarium, pompa celup Aquarium membantu memperbaiki sirkulasi udara dan oksigen di dalam air, sehingga ikan dan organisme lainnya dapat bernapas dengan mudah dan tetap sehat.

Kemudian, efek samping dari pompa celup yang tidak tercelup ke dalam air membuat pompa tidak bisa menyalurkan panas yang dihasilkan oleh pompa ketika memutar impeller ke air Aquarium. Seperti kita ketahui bersama jika pompa celup Aquarium dan semua peralatan elektronik akan menghasilkan panas ketika digunakan, apalagi untuk semua pompa yang cara kerjanya seperti dinamo. Maka panas yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi dari pada peralatan elektronik lain.

Fungsi air Aquarium diibaratkan sebagai pendingin dari pompa celup tersebut, sehingga panas dari pompa bisa segera didinginkan. Hal ini juga yang membuat pompa celup Aquarium bisa terus menyala selama 24 jam tanpa henti dan memperpanjang usia pakai pompa. Yang peting tidak ada kebocoran pada seal (pelindung) pompa dari kemasukan air ke komponen elektronik, maka pompa bisa dipastikan aman untuk dinyalakan.

Penjelasan lengkap untuk bahasan pompa celup Aquarium tidak tercelup ke dalam air beserta efek sampingnya bisa kamu simak pada video berikut:


Bukannya Pompa Celup Aquarium Tidak Bisa Berfungsi Ketika Tidak Tercelup Ke dalam Air?
Lazimnya memang seperti itu, seperti yang sudah admin jelaskan di atas. Namun sebenarnya pompa celup Aquarium bisa diakali untuk tetap bisa berputar, menyalurkan air dari dalam Aquarium ke box filter tanpa harus terendam air yaitu dengan memancing pompa tersebut dengan air terlebih dahulu, sehingga ruang impeller pompa jadi kedap berisi air dan impeller bisa menyalurkan air ke dalam box filter tanpa tercelup ke air. Sekian untuk bahasan ini, semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar