Yang Terjadi Setelah 10 Hari Mudik Lebaran Meninggalkan Para BUNCIT Sendirian Di Rumah

Inilah yang terjadi ketika Aquarium ikan mas koki admin ditinggal selama 10 hari lebih dari Mudik Lebaran Idul Fitri. Aquarium penuh lumut sampai ke kaca depan dan samping. Belum lagi ada ikan yang sakit. Nah, jika kamu menemui kasus seperti ini bisa ikut saran berikut.

Yang Terjadi Setelah 10 Hari Mudik Lebaran Meninggalkan Para BUNCIT Sendirian Di Rumah
Yang Terjadi Setelah 10 Hari Mudik Lebaran Meninggalkan Para BUNCIT Sendirian Di Rumah

Lebaran yang juga termasuk liburan tahunanan di Indonesia adalah momen yang ditunggu semua orang. Karena memang di waktu-waktu ini kita bisa berkumpul dengan keluarga besar. Mungkin kamu yang pulang dari perantauan atau mereka yang setiap hari bekerja tanpa kenal letih ingin melepas semua beban supaya bisa kembali pulang ke rumah. Admin juga seperti itu, apalagi sekarang sudah berkeluarga, dimana sekarang admin sudah punya 2 keluarga besar. Oleh karena itu juga sering bepergian ke luar kota.

Hanya saja liburan atau musim lebaran seperti ini jadi pekerjaan rumah tersendiri untuk para penghobi ikan hias seperti admin yang memelihara ikan mas koki. Apalagi selama pergi ditinggal dengan orang yang tidak terlalu paham dengan ikan hias, namun syukurnya masih ada yang jaga. Jadi ceritanya admin mudik lebaran lebih kurang selama 10 hari. Pegi dalam kondisi air Aquarium bersih, dan ikan mas koki juga pada sehat lahap makan. Namun setelah pulang ke rumah. Aquarium jadi lumutan dan ada beberapa ikan yang terindikasi jamuran.

Langkah pertama yang admin lakukan adalah dengan membersihkan lumut hijau yang menempel di kaca Aquarium bagian depan, dan samping. Sedangkan untuk kaca Aquarium sisi lain admin biarkan. Karena memang admin sendiri suka melihat lumut hijau di Aquarium ikan mas koki. buat kamu yang belum tahu manfaat lumut hijau di Aquarium ikan mas koki bisa tonton video berikut:


Setelah lumut hijau di kaca Aquarium admin bersihkan. Admin buru-buru untuk segera mengganti air Aquarium sebanyak 50%. Mengingat ada ikan mas koki juga yang sudah jamuran. Admin ganti dengan air bersih tentunya yang sudah lama admin endapkan di tandon air. Supaya lebih terjamin airnya, admin juga sudah filtrasi terlebih dahulu menggunakan filter tabung BLEU dari Penguin:


Selain itu juga untuk proses penggantian air lebih cepat, admin gunakan alat yang dulu pernah dibuat:


Setelah selesai mengganti air, admin coba tambahkan garam ikan dan Methylene Blue. Tujuannya untuk mengobati jamuran pada badan ikan mas koki. Kalau dirasa sudah parah untuk jamurannya, kamu bisa gunakan Archivilapine plus yang warna kuning atau biasa disebut obat kuning. belinya ada di toko ikan hias, harganya murah.

Beberapa poin lain baiknya memang dijelaskan dalam bentuk video supaya lebih mudah untuk dipahami, silahkan kamu simak video berikut:


Admin sendiri menitipkan Aquarium ikan mas koki kepada adik yang beberapa waktu sekali ke rumah. Karena mungkin kelupaan, sehingga lampu Aquarium lupa dimatikan. Hal ini membuat kaca Aquarium ikan mas koki admin lumutan. Bahkan saking lumatannya, air Aquarium ikan mas koki admin jadi berwarna agak kehijauan. Selama mudik lebaran, admin hanya memberikan instruksi memberi makan sehari sekali dan juga kadang dipuasakan supaya ikan juga bisa istirahat pencernaannya.

Saran dari admin untuk minta matikan saja lampu Aquarium ke yang ada di rumah misalkan kamu mau pergi liburan atau mudik lebaran supaya tidak lumutan kaca Aquarium nya. Apabila tidak ada orang sama sekali di rumah, kamu bisa gunakan Food Timer, atur saja misal 2 hari sekali kasih makan. Pastikan semua kelistrikan aman. Selebihnya berdoa. Buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar untuk bahasan kali ini. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar