Selalu Muncul GELEMBUNG BUIH Banyak Saat Karantina Ikan Mas Koki yang Sakit? Ini Solusinya

Buat kamu yang pernah mengkarantina Ikan Mas Koki karena sakit semisal Fin Rot atau busuk insang, busuk ekor dan mendapati banyak gelembung buih numpuk tidak mau pecah, maka di postingan kali ini admin akan coba kasih solusi, Tips sederhana supaya gelembung buih busa saat karantina tersebut tidak muncul dan hanya menyisakan gelembung besar yang mudah pecah. Silahkan disimak.

Selalu Muncul GELEMBUNG BUIH Banyak Saat Karantina Ikan Mas Koki yang Sakit? Ini Solusinya
Selalu Muncul GELEMBUNG BUIH Banyak Saat Karantina Ikan Mas Koki yang Sakit? Ini Solusinya

Salah satu hal yang wajar ketika memelihara ikan mas koki adalah hadirnya gelembung udara. Gelembung udara ini dihasilkan oleh mesin aerator, yang mana udara yang dihasilkan disalurkan melalui selang aerator kemudian berakhir pada batu aerator. Batu Aerator ini yang berfungsi sebagai pemecah udara sehingga gelembung yang dihasilkan jauh lebih banyak ketimbang tanpa menggunakan batu aerator. Namun hal ini terkadang justru jadi bumerang ketika mengkarantina ikan mas koki yang sakit.

Sebagaimana kita ketahui bersama, ikan mas koki yang sedang sakit lazimnya diberikan perlakukan khusus seperti karantina, walau memang sebenarnya ikan mas koki yang baru saja dibeli juga harusnya dikarantina. Namun ikan mas koki yang sakit lebih sering dikarantina. Baik saat di Aquarium utama (saat sehat) kemudian saat sakit, gelembung aerator tetap diberikan supaya ikan mas koki lebih mudah bernafas.

Hanya saja gelembung-gelembung udara yang dihasilkan oleh aerator ini justru menghalangi pemukaan air. Akibatnya permukaan air tertutup gelembung udara dan air tidak beriak. Air yang tidak beriak akan menghambat terjadinya pertukaran oksigen yang ada di udara dengan karbon dioksida yang ada di dalam air. Ujung-ujungnya ikan mas koki jadi sulit bernafas.

Kasus ini pernah admin temukan pada ikan mas koki admin yang sedang dikarantina karena sakit finrot:


Karena sakit Fin Rot (ekor roges merah), admin coba kasih obat TetraSanbe, hasilnya justru banyak gelembung di permukaan air. Admin coba cari cara supaya tidak muncul lagi gelembung udara dan cara paling mudah adalah dengan tidak menggunakan batu aerator. Jadi admin lepas batu aerator tersebut kemudian untuk ujung selang tidak admin terlalu masukkan ke dalam air. Tujuannya supaya air lebih cepat berikan dan oksigen bisa dengan mudah larut ke dalam air.

Penjelasan lengkapnya bisa kamu simak pada video yang sudah admin tampilkan di atas. Intinya kalau kamu ketemu kondisi seperti ini, entah itu saat karantina penyakit lain dan muncul gelembung udara yang agak sulit untuk pecah serta menumpuk bisa gunakan cara admin tadi. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar