Kotoran Ikan Mas Koki MENGENDAP di Dasar Aquarium? Kenal WATER FLOW? Ini Penjelasannya

Bagaimana caranya Aquarium ikan mas koki berukuran 60 cm tetap bisa bersih dari kotoran mengendap tanpa menggunakan wave maker? Apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu diperhatikan? Nah di postingan ini admin akan coba jelaskan beberapa Tips supaya kotoran ikan mas koki yang sering mengendap di dasar Aquarium bisa dengan mudah tersedot ke pompa celup. Sederhananya prinsip kerja dari cara ini menggunakan teknik Water Flow. Lengkapnya bisa langsung ditonton saja 😉

Kotoran Ikan Mas Koki Banyak MENGENDAP di Dasar Aquarium? Kenal WATER FLOW? Ini Penjelasannya
Kotoran Ikan Mas Koki Banyak MENGENDAP di Dasar Aquarium? Kenal WATER FLOW? Ini Penjelasannya

Water flow atau aliran air merujuk pada pergerakan atau sirkulasi air dalam suatu sistem atau lingkungan. Aliran air bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti gravitasi, tekanan, suhu, serta bentuk dan ukuran saluran atau kanal yang dilewati oleh air.

Sedangkan Water Flow pada Aquarium Ikan Mas Koki adalah seberapa banyak air yang bergerak di dalam akuarium. Aliran air yang baik dan seimbang sangat penting untuk kesehatan ikan dan lingkungan akuarium secara keseluruhan.

Air yang mengalir dalam jumlah yang cukup membantu menyaring partikel-partikel kecil dalam air dan menjaga oksigenasi. Ikan mas koki membutuhkan air yang cukup kaya akan oksigen untuk tetap sehat dan aktif, dan sirkulasi air yang baik sangat membantu dalam mempertahankan kadar oksigen yang tepat di dalam akuarium.

Terlalu sedikit air yang mengalir dapat menyebabkan kotoran atau sisa makanan ikan menumpuk dan menimbulkan masalah lingkungan yang tidak sehat. Sedangkan terlalu banyak air yang mengalir bisa membuat ikan mas koki lelah karena harus berenang terus menerus melawan aliran air yang kuat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seberapa banyak aliran air yang dibutuhkan dalam akuarium ikan mas koki. Idealnya, aliran air dalam akuarium ikan mas koki sekitar 8 hingga 10 kali volume air di dalam akuarium per jam. Namun, kebutuhan aliran air juga dapat berbeda tergantung pada ukuran akuarium, jumlah ikan, jenis filter, dan faktor-faktor lingkungan lainnya.

Pemilihan filter yang tepat dan memperhatikan posisi aerator pada akuarium juga dapat membantu dalam menjaga aliran air yang seimbang di dalam akuarium ikan mas koki. Dengan menjaga aliran air yang tepat, lingkungan akuarium dapat tetap sehat dan ikan mas koki dapat tetap hidup dengan baik di dalamnya.

Water flow di dalam Aquarium dapat terjadi jika air yang bersirkulasi di dalam Aquarium bisa mengalir tanpa hambatan atau penghalang seperti bebatuan, mainan hiasan dan sebagainya di dalam Aquarium ikan mas koki. Oleh karena itu admin sendiri selama memelihara ikan mas koki tidak meletakkan bebatuan di dalam Aquarium dan alasan lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Selain itu juga pemilihan pompa celup yang tepat dapat memperlancar dan mempermudah arus air bisa bersirkulasi. Sebagai contoh dalam kasus ini admin menggunakan Aquarium berukuran 60x40x47 cm dengan pompa berukuran 1500 L/jam:


Pompa celupnya sendiri admin pasangkan dengan box filter talang:


Hasilnya antara air yang disedot oleh pompa dengan air yang keluar kembali ke Aquarium itu imbang, tidak sedikit dan tidak pula luber.

Kemudian posisi peletakan lubang Output atau keluaran dari box talang harus berlawanan dengan posisi pompa. Supaya Water Flow dapat terjadi dengan baik. Hal ini juga dapat membantu kita dalam membersihkan kotoran ikan mas koki yang sering mengendap tidak tersedot dengan baik oleh pompa.

Yup, jadi beberapa penghobi ikan mas koki ada yang mengeluhkan jika ada cukup banyak kotoran ikan mas koki yang mengendap di dasar Aquarium dan tidak tersedot dengan baik. Mereka cukup kerepotan untuk terus-terusan membersihkannya secara manual. Admin sendiri pernah membahas soal bagaimana cara membersihkan kotoran ikan mas koki yang mengendap di dasar Aquarium dengan kotoran ikan mas koki yang melayang beterbangan, lengkapnya bisa kamu simak pada video berikut:


Nah, dengan memperhatikan Water flow ini maka permasalahan kotoran ikan mas koki yang mengendap sudah teratasi dengan sendirinya. Pembahasan soal Water Flow pada Aquarium ikan mas koki ini sudah pernah admin bahas pada video berikut:


dan untuk tata cara memilih pompa yang tepat sesuai dengan kapasitas dan ukuran Aquarium bisa kamu simak berikut:


Ini saja yang ingin admin bagikan ke kamu soal Water flow ini. Buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar