Kenapa Setiap Beli Ikan Mas Koki Harus AKLIMATISASI? Apa Itu AKLIMASI? Apa Manfaatnya?

Apa itu aklimasi? Apa bedanya Aklimasi dengan Aklimatisasi? Kenapa setiap kali beli ikan mas koki disarankan untuk aklimatisasi terlebih dahulu? Penjelasan lengkap untuk aklimasi dan aklimatisasi serta bedanya apa bisa kamu simak penjelasannya berikut.

Kenapa Setiap Beli Ikan Mas Koki Harus AKLIMATISASI? Apa Itu AKLIMASI? Apa Manfaatnya?
Kenapa Setiap Beli Ikan Mas Koki Harus AKLIMATISASI? Apa Itu AKLIMASI? Apa Manfaatnya?

Pernah dengar istilah AKLIMASI dan AKLIMATISASI?
Buat yang baru pertama kali pelihara ikan hias seperti ikan mas koki salah satunya mungkin pernah mendengar istilah ini. Apalagi ketika kamu baru saja membeli ikan hias dari penghobi lain. Biasanya bakal diminta untuk diaklimasi terlebih dahulu sebelum mencampurkannya ke dalam Aquarium utama. Lantas apa sebenarnya Aklimasi dan apa bedanya dengan Aklimatisasi?

Aklimasi dapat diartikan sebagai proses adaptasi organisme terhadap lingkungan baru atau perubahan lingkungan. Dalam hal ini, organisme mempelajari cara menyesuaikan diri dengan lingkungan baru untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Aklimasi bisa terjadi secara alami atau dalam proses pertumbuhan dan pembiakan yang dipelajari. Sedangkan,..

Aklimatisasi adalah proses adaptasi organisme terhadap perubahan lingkungan. Dalam hal ini, organisme tersebut menyesuaikan diri dengan perubahan suhu, cahaya, kelembaban, tekanan udara, dan faktor lingkungan lainnya. Proses ini membantu organisme untuk mengatasi stres dan mempertahankan homeostasis (keseimbangan internal).

Aklimatisasi dapat terjadi secara fisiologis atau perilaku. Aklimatisasi fisiologis melibatkan perubahan pada fisiologi organisme, seperti peningkatan atau penurunan produksi hormon, perubahan dalam sistem metabolisme, dan perubahan dalam jumlah sel atau jaringan. Aklimatisasi perilaku melibatkan perubahan dalam perilaku organisme, seperti perubahan dalam pola tidur atau makan.

Aklimatisasi dapat terjadi secara alami atau melalui proses evolusi, atau dapat dicapai melalui latihan dan pelatihan. Dalam beberapa kasus, aklimatisasi dapat memakan waktu beberapa hari atau bahkan minggu, sementara dalam kasus lainnya, proses ini dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahun.

Aklimatisasi sangat penting bagi organisme yang hidup dalam lingkungan yang berubah-ubah, seperti hewan yang migrasi atau tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang berbeda. Proses ini membantu organisme untuk bertahan hidup dan meningkatkan kesempatan untuk bertahan dan berkembang.

Kata kunci dari Aklimatisasi adalah "Aklimatisasi dapat terjadi secara alami atau melalui proses evolusi, atau dapat dicapai melalui latihan dan pelatihan" atau sederhananya adanya campur tangan manusia untuk membuat organisme atau makhluk hidup, dalam hal ini contohnya ikan hias seperti ikan mas koki dapat menyesuaikan diri.

Sedangkan aklimasi lebih kepada prosesnya itu sendiri dan biasanya terjadi begitu saja secara alami. Misal ikan yang biasanya hidup dengan suhu air sejuk, kemudian airnya terkena sinar matahari, terjemur berubah menjadi hangat. Kalau masih bingung juga kamu bisa tonton video admin yang ini ngebahas soal perbedaan aklimasi dengan aklimatisasi secara lengkap:


Kalau ditanya apakah ada manfaatnya melakukan aklimatisasi pada ikan hias yang baru kita beli? Tentu saja sangat bermanfaat karena dapat membuat ikan nyaman, tidak mudah stress dan kejutan. Hal-hal sepele seperti ini terlihatnya bakal mempengaruhi pertumbuhan ikan hias kedepan. Contoh saja ketika kamu beli ikan mas koki dari penghobi lain yang biasa dan sudah nyaman hidup di air lamanya di sebuah kolam luar ruangan, dengan kondisi air, pH air, suhu air dan sebagainya yang membuat ikan tersebut optimal tumbuh.

Kemudian kamu beli, dipindahkan ke dalam plastik, dibawa menggunakan kendaraan, terguncang-guncang di jalan. Lalu kamu langsung pindahkan serta-merta ke dalam Aquarium. Tentu ikan akan terkejut dengan kondisi air yang baru, dengan suasana yang baru, belum lagi dengan penghuni baru. Oleh karena itu diperlukan aklimatisasi supaya ikan tidak mudah stress. Bentuk dari aklimatisasi pada ikan hias seperti ikan mas koki dapat kamu simak pada 3 video berikut:

Aklimatisasi pada sekumpulan ikan mas koki kecil di dalam kantong plastik:


Aklimatisasi Ikan Mas Koki Black Jumbo dalam Baskom:


Aklimatisasi Ikan Mas Koki Ikan Oranda Calico Jumbo dalam Aquarium Besar:


Melihat betapa besarnya manfaat aklimatisasi pada ikan mas koki untuk jangka panjang, maka ada baiknya kamu selalu lakukan setiap kali membeli Ikan Mas Koki yang baru atau coba memindahkan ikan mas koki ke tempat yang baru. Aklimatisasi pada ikan air tawar bisa dibilang sederhana dan tidak terlalu merepotkan seperti aklimatisasi pada ikan air laut yang biasanya lebih rentan dengan stress hingga kematian. Gunakan wadah terpisah apabila Aquarium kamu tidak muat menampung kantong plastik ikan. Kamu juga bisa buka dulu kantong plastik ikan sebelum mencelupkannya ke dalam Aquarium supaya volume kantong plastik ikan mas koki tadi berkurang. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar