GROOMING Ikan Mas Koki dari Burayak Sampai Besar? Apa Saja yang Perlu Diperhatikan? Ini Panduannya

Apa itu Grooming dan kenapa Grooming pada ikan mas koki begitu penting? Serta bagaimana caranya grooming yang benar sehingga menghasilkan Ikan Mas Koki berkualitas tinggi? Okey.. di video kali ini admin akan coba jelaskan beberapa syarat dan ketentuan bagaimana caranya grooming yang baik dan benar. Apa yang admin bagikan berdasarkan pengalaman sendiri selama memelihara ikan mas koki, membaca serta berbagi pengalaman sesam penghobi ikan mas koki. Semoga bermanfaat 😉

GROOMING Ikan Mas Koki dari Burayak Sampai Besar? Apa Saja yang Perlu Diperhatikan? Ini Panduannya
GROOMING Ikan Mas Koki dari Burayak Sampai Besar? Apa Saja yang Perlu Diperhatikan? Ini Panduannya

Secara umum Grooming sendiri adalah serangkaian perilaku yang dilakukan oleh seseorang untuk membangun hubungan dengan orang lain dan meningkatkan daya tarik sosialnya. Perilaku grooming bisa berupa tindakan fisik seperti menyisir rambut, membersihkan pakaian, atau memperbaiki penampilan. Namun, grooming juga dapat mencakup perilaku non-fisik seperti berbicara dengan sopan, tertawa, atau menunjukkan minat pada orang lain.

Sedangkan Grooming dalam artian yang lebih khusus pada ikan mas koki adalah suatu perilaku alamiah di mana ikan koki membersihkan dan merapikan sisik, sirip, dan tubuhnya sendiri dengan menggosok-gosokkan dirinya pada permukaan yang kasar atau benda lainnya dalam akuarium. Grooming pada ikan mas koki juga dapat terjadi ketika ikan saling membersihkan satu sama lain dalam bentuk kerja sama yang disebut mutual grooming.

Perilaku grooming pada ikan mas koki merupakan hal yang normal dan baik, karena membantu menjaga kebersihan dan kesehatan ikan. Grooming membantu menghilangkan parasit dan bakteri yang menempel pada sisik dan tubuh ikan, serta memperbaiki kondisi sirip yang rusak.

Kalau dilihat sepintas, pengertian grooming pada ikan mas koki lebih kepada ikan mas kokinya sendiri yang merawat dirinya. Namun dari sisi penghobi Iwak buncit sendiri, grooming lebih kepada si penghobinya yang memberi perlakuan khusus pada ikan mas koki yang akan digrooming dan biasanya grooming dilakukan semenjak ikan berukuran kecil atau setelah dilakukan sortir mana ikan mas koki yang punya potensi untuk tumbuh bagus dengan yang tidak.

Ikan mas koki yang akan digrooming juga biasanya kan ditempatkan di kolam berukuran besar atau bak fiber dan bisa juga ditaruh di Aquarium tersendiri dengan jumlah ikan terbatas, semisal dalam Aquarium berukuran 1 meter cuma ada 3 ekor maksimal. Secara khusus ada beberapa cara yang tepat dan benar dalam melakukan grooming ikan mas koki, antara lain:
1. Membersihkan air akuarium: Air di dalam akuarium harus selalu dalam kondisi bersih dan jernih. Air harus secara teratur diganti dengan air segar yang telah diproses dan difilter. Pastikan pH dan suhu air juga terjaga dengan baik.
2. Membersihkan dasar akuarium: Membersihkan dasar akuarium secara teratur dengan membuang sisa makanan atau kotoran ikan yang jatuh ke dasar akuarium.
3. Membersihkan filter akuarium: Membersihkan filter akuarium secara teratur untuk menghilangkan sisa-sisa makanan atau kotoran ikan yang terperangkap di dalamnya.
4. Memberikan pakan yang tepat: Pastikan memberikan pakan yang tepat untuk ikan mas koki dengan variasi yang cukup. Sebaiknya berikan pakan yang kaya akan nutrisi dan mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari memberikan pakan yang berlebihan sehingga tidak menimbulkan masalah pada pencernaan ikan.
5. Menghindari over-crowding: Pastikan agar jumlah ikan di dalam akuarium tidak terlalu banyak. Over-crowding dapat menyebabkan stress pada ikan mas koki dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan.
6. Memberikan perhatian pada tanda-tanda sakit: Perhatikan tanda-tanda ikan mas koki yang sakit seperti warna tubuh yang berubah, nafsu makan yang menurun, gerakan yang lambat, atau kerusakan pada sirip. Jika ditemukan tanda-tanda tersebut, segeralah melakukan tindakan pengobatan dan memisahkan ikan yang sakit dari ikan yang sehat.
7. Menjaga kebersihan dan sanitasi: Selalu menjaga kebersihan dan sanitasi pada perlengkapan akuarium seperti dekorasi, filter, dan aksesori lainnya. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan setelah memegang ikan atau melakukan perawatan pada akuarium.

Selain itu juga pemberian pakan yang lebih menitikberatkan pada protein guna meningkatkan pertumbuhan ikan mas koki. Di pasaran sendiri ada berbagai macam jenis pakan yang bisa digunakan seperti cacing beku yang pernah admin bagikan:


Kamu juga bisa menggunakan pakan kering semisal pelet yang mengandung protein tinggi seperti MIZUHO KOI:


atau Saki Hikari Growth yang mengandung banyak protein guna mempercepat pertumbuhan:


Hindari penggunaan pakan yang mengandung pewarna (spirulina) dan taruh Aquarium ikan mas koki yang akan digrooming di bawah sinar matahari langsung. Ini akan membuat warna ikan mas koki semakin solid dan terang. Pembahasan lengkap untuk Grooming ikan mas koki sudah admin tuangkan dalam bentuk video. Karena ada beberapa point yang cukup sulit untuk dijabarkan dalam bentuk tulisan:


Semoga bermanfaat untuk bahasan Grooming ikan mas koki ini. Oh iya, admin jadi teringat dengan ikan mas koki mutiara yang admin berhasil grooming dari ukuran kecil hingga besar:


Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk beragam Tips ikan hias lain. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar