Aquarium Ikan Mas Koki Kamu Belum Dipasangi SEKUR? Pingin Bisa Pasang Sendiri? Ini Panduan Caranya

Bagian atas Aquarium kamu kosongan tidak ada sabuk tidak ada Sekur, skurnya? Padahal ketebalan kaca tipis cuma 5 mm saja? Pingin bisa pasang Sekur tapi sudah terlanjur beli? Mau bawa lagi ke tukang bikin Aquarium tempatnya jauh, khawatir Aquarium pecah di jalan? Tenang saja, admin pernah punya problematika yang sama. Maka dari itu di bahasan kali ini admin akan coba bagikan panduan cara pasang skur (sabuk) Aquarium dari awal sampai selesai.

Aquarium Ikan Mas Koki Kamu Belum Dipasangi SEKUR? Pingin Bisa Pasang Sendiri? Ini Panduan Caranya
Aquarium Ikan Mas Koki Kamu Belum Dipasangi SEKUR? Pingin Bisa Pasang Sendiri? Ini Panduan Caranya

Buat kamu yang baru saja membeli Aquarium, coba perhatikan apakah ada semacam sabuk di bagian atas yang biasanya mengelilingi Aquarium. Jika ada maka selamat, Aquarium kamu sudah dipasangi Sekur, namun jika belum segera pasang skur. Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika Aquarium ikan hias sudah dipasangi skur.

Admin sendiri waktu pertama kali membeli Aquarium untuk ikan mas koki yang berukuran 60x30x30 cm sudah dilengkapi Sekur atau sabuk. Sayangnya pada saat itu admin kurang begitu tahu apa fungsinya, bahkan namanya saja admin tidak tahu. Admin anggap sabuk kaca yang mengelilingi bagian atas Aquarium itu adalah satu kesatuan yang wajar dan biasa saja. Akan tetapi masalah tiba,..

Ketika admin membeli lagi Aquarium baru. Lebih tepatnya Aquarium bekas pakai ikan predator Louhan yang sedari awal sudah tidak ada Sekur di bagian atasnya. Admin pada saat mencari Aquarium kedua ini tidak berpikir sama sekali soal skur dan langsung saja membelinya, terlebih harga untuk Aquarium berukuran 120x40x45 cm ini terbilang murah.

Syukurnya yang jual sempat bertanya tujuan pakai Aquarium ini nanti untuk apa, admin bilang untuk ikan mas koki. Dia menyarankan untuk segera pasang skur jika ingin diisi air sampai penuh nantinya. Karena dia sendiri pakai Aquarium ini untuk ikan predator, yang mana dipasangi sekat di dalamnya dan kalaupun diisi air, level airnya tidak sampai penuh, hanya setengah saja.

Berbekal dari informasi tersebut, akhirnya admin coba mencari toko pembuat Aquarium dan syukurnya agak dekat rumah admin. Akan tetapi karena aquariumnya sendiri besar, maka admin putuskan untuk membeli kaca Sekur yang sudah jadi saja ke pengrajin kaca. Karena kaca Sekur Aquarium ini tidaklah selalu tersedia dan biasanya juga dibikin berdasarkan pesanan dan ukuran Aquarium tertentu. Maka admin coba konsultasi dulu tentang ukuran, ketebalan, dan tata cara pemasangan serta bahan-bahan apa saja yang perlu dipersiapkan, antara lain:
- Potongan kaca skur Aquarium yang sudah diukur sesuai ukuran yang akan dipasang ke Aquarium nantinya
- Lem Silikon
- Wadah lem silikon atau alat sodokannya
- Beberapa ganjalan
- Alat ukur seperti mistar

Proses cara pemasangannya sendiri terbilang susah-susah mudah, mengingat ini pengalaman pertama admin memasang Sekur Aquarium dan ada baiknya kamu langsung tonton saja supaya lebih mudah untuk dipahami, karena admin sudah buatkan juga videonya:


Pada dasarnya pemasangan Sekur ini butuh kehati-hatian dan pastikan kamu sudah memahami secara penuh supaya bisa dengan mudah mempraktikkannya nanti.
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar