Apa Nama EKOR KECIL Dekat Anus Ikan Mas Koki? Fungsinya? Kenapa Ada yang Sepasang Ada yang Single?

Pernah memperhatikan ekor kecil tepat di bawah anus ikan mas koki? Sebenarnya apa nama ekor kecil tersebut serta kenapa ada ekor kecil yang sepasang, dan kenapa ada juga yang cuma satu saja ekor kecilnya? Nah, divideo kali ini admin akan coba bahas Anal Fin pada ikan mas koki secara lengkap. Silahkan disimak

Apa Nama EKOR KECIL Dekat Anus Ikan Mas Koki? Fungsinya? Kenapa Ada yang Sepasang Ada yang Single?
Apa Nama EKOR KECIL Dekat Anus Ikan Mas Koki? Fungsinya? Kenapa Ada yang Sepasang Ada yang Single?

Seperti manusia ada bagian-bagiannya seperti kepala, tangan, kaki, perut, dada dan sebagainya. Ikan hias seperti ikan mas koki juga ada bagian-bagian seperti itu kepala, insang, dayung. dorsal atau biasa kita sebut sirip, ekor, perut, anus dan biasanya sepasang ekor kecil tepat di bawah anus ikan mas koki. Untuk detailnya bagian-bagian dari badan ikan mas koki beserta fungsinya antara lain:
1. Kepala: Terdiri dari mata, mulut, dan organ-organ perasa.
2. Dada: Terdiri dari tulang ikan dan otot yang digunakan untuk berenang.
3. Ekor: Terdiri dari tulang ekor dan otot yang digunakan untuk mengontrol arah berenang.
4. Belly: Terdiri dari perut dan usus.
5. Sirip: Terdiri dari sirip depan, belakang, dan lateral yang digunakan untuk membantu berenang dan mempertahankan stabilitas.
6. Skala: Terdiri dari lapisan tipis skala keras yang melindungi tubuh ikan dari kerusakan dan infeksi.
7. Anal Fin: Terletak di bagian bawah ekor dan digunakan untuk mengontrol keseimbangan.
8. Pectoral Fin: Terletak di sisi tubuh dan digunakan untuk membantu ikan bergerak maju dan mempertahankan keseimbangan.

Gimana, sudah tahu sekarang apa dari nama sepasang ekor kecil dekat anus ikan mas koki tadi? Yak, namanya Anal Fin atau biasa orang sebut FIN. Adapun secara khusus fungsi dari Anal Fin pada Ikan Mas Koki adalah:
1. Keseimbangan: Anal Fin digunakan untuk membantu ikan mengontrol keseimbangan dan stabilitas saat berenang.
2. Gerakan: Anal Fin juga membantu ikan dalam mempertahankan dan memodifikasi gerakan seperti mengubah arah, mempercepat, dan memperlambat.
3. Perlindungan: Anal Fin juga memiliki peran dalam memberikan perlindungan terhadap bagian tubuh yang rentan terkena kerusakan.
4. Keterampilan berenang: Anal Fin membantu ikan untuk melakukan manuver yang lebih halus dan kontrol yang lebih baik saat berenang.
5. Sinyal: Anal Fin juga digunakan oleh beberapa spesies ikan sebagai sinyal atau tanda komunikasi seperti memperingatkan saat mengalami ancaman atau menarik perhatian pasangan reproduksi.

Dalam beberapa spesies ikan, ukuran, bentuk, dan warna anal Fin juga memiliki peran penting dalam identifikasi spesies dan menunjukkan perbedaan antar jenis ikan. Oleh karena itu, anal Fin memiliki peran yang sangat penting bagi ikan mas koki dalam beradaptasi dan bertahan hidup dalam lingkungannya.

Salah seorang dari subscriber channel Iwak Buncit pernah menanyakan tentang nama dari ekor kecil sepasang ini dan juga sebenarnya kenapa ada Anal Fin yang sepasang dan kenapa cuma ada single anal Fin.

Nah, perkara jumlah Anal Fin pada ikan mas koki ini kenapa ada yang sepasang (2 ekor kecil) dan Single Anal Fin, ini terjadi karena faktor genetik dan juga sifatnya Random (acak). Sebagai contoh, sepasang ikan mas koki yang punya Double Anal Fin jika dikawinkan, maka anakannya belum tentu semuanya akan memiliki Double Anal Fin juga atau punya 2 Anal Fin, mungkin beberapa ekor ada yang single Anal Fin dan beberapa ekor mungkin ada Anal Fin yang tidak seimbang.

Sebenarnya pembahasan soal Anal Fin ini sudah admin rangkum dalam bentuk video juga, buat kamu yang mau lebih santai mendengarkan penjelasannya bisa simak video berikut:


Pembahasan soal Anal Fin ini sebenarnya lebih kepada kesempurnaan, keseimbangannya. Sebagaimana kamu ketahui bahwa semakin rapi ikan mas koki tersebut maka akan semakin meningkat juga harga. Semisal bentuk badan ikan mas koki yang seimbang, dayungnya, ekornya yang terbuka tanpa ada yang terlipat, tertekuk atau patah, kemudian dorsal yang mulus tanpa patahan, bentuk curva badan dan termasuknya Anal Fin ini yang rapi serta seimbang antara anal Fin yang kanan dengan yang kiri.

Kalaupun Anal Fin cuma ada satu, maka tidak mengapa. Yang penting adalah anal Fin tersebut utuh, tidak ada sobekan, potongan dan sebagainya yang mengindikasikan catat. Seperti contoh pada ikan Ryukin Tiger admin yang punya tampilan bagus, hanya saja minus di Anal Fin yang kurang rapi:


Semakin rapi ikan mas koki termasuk anal Fin ini maka akan semakin mahal juga harga dari ikan mas koki tersebut. Maka tidak heran jika ikan mas koki hasil menang kontes biasanya dihargai mahal dan diincar penghobi sekaligus kolektor ikan mas koki. Jadi sederhananya mau Single atau Double Anal Fin tidak jadi masalah, yang terpenting adalah kerapian dan keseimbangannya. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai macam Tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar