Amankan Pompa Celup Aquarium Ikan Mas Koki DINYALAKAN TERUS 24 Jam Nonstop?

Beberapa dari Subscriber Iwak Buncit pernah bertanya, "Apakah Pompa Celup Boleh Dimatikan pada malam hari supaya tidak terus menyala 24 jam?" Kalau boleh, apakah ada dampaknya untuk kesehatan ikan mas koki? Buat kamu yang punya pertanyaan tersebut, temukan jawabannya pada postingan ini.

Amankan Pompa Celup Aquarium Ikan Mas Koki DINYALAKAN TERUS 24 Jam Nonstop? Tanpa Dimatikan?
Amankan Pompa Celup Aquarium Ikan Mas Koki DINYALAKAN TERUS 24 Jam Nonstop? Tanpa Dimatikan?

Pompa celup Aquarium adalah pompa air yang dirancang khusus untuk digunakan di dalam akuarium. Pompa ini biasanya terletak di dalam air dan digunakan untuk sirkulasi air di dalam akuarium. Pompa celup Aquarium biasanya terdiri dari motor yang ditempatkan di dalam wadah yang kedap air dan dilengkapi dengan impeller atau propeller untuk menggerakkan air.

Secara khusus, pompa celup Aquarium memiliki beberapa fungsi diantaranya:
1. Sirkulasi air: Salah satu fungsi utama dari pompa celup adalah untuk mengalirkan air di dalam akuarium sehingga air dapat bergerak dan mengalir dengan baik. Sirkulasi air yang baik dapat membantu menghilangkan daerah dengan aliran stagnan, mencegah penumpukan kotoran, dan membantu mengalirkan oksigen ke seluruh bagian dari akuarium.
2. Meningkatkan aerasi: Pompa celup dapat membantu meningkatkan kadar oksigen di dalam air akuarium. Pompa celup menghasilkan gelembung udara di dalam air yang membantu mengaduk dan memperkaya air dengan oksigen. Ini sangat penting bagi kesehatan ikan karena ikan memerlukan oksigen yang cukup untuk bernafas.
3. Memperbaiki kualitas air: Pompa celup dapat membantu meningkatkan kualitas air di dalam akuarium. Sirkulasi air yang baik dapat membantu menghilangkan sisa makanan ikan, kotoran, dan zat-zat kimia yang berbahaya dari air. Hal ini dapat membantu menjaga kondisi air yang baik dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.
4. Mengurangi suhu air: Pompa celup juga dapat membantu menurunkan suhu air di dalam akuarium.

Pompa celup sangat lazim ditemukan pada semua Aquarium ikan hias, termasuk ikan mas koki dan ukurannya juga beragam. Ada yang kecil untuk Aquarium kecil dan ada juga pompa celup Aquarium besar untuk Aquarium besar. Besaran pompa sangat bergantung dari seberapa besar Aquarium yang digunakan dan tujuannya untuk apa. Soal bagaimana cara menentukan besaran pompa celup Aquarium ini bisa kamu simak pada video berikut:


Secara kodrat, pompa celup Aquarium memang dirancang untuk bisa berfungsi selayaknya pompa, apalagi pompa Aquarium ini mendapat julukan sebagai pompa celup, yang mana dalam penggunaannya sendiri pompa ini langsung dicelupkan ke dalam air. Bahkan ketika kamu coba untuk tidak mencelupkannya ke dalam air maka pompa Aquarium ini tidak akan bekerja.

Kenapa seperti itu? Ini tidak lain karena impeller atau baling-baling yang ada di pompa hanya akan bisa berfungsi jika terdapat air di sekitarnya. Selain itu impeller tidak akan bekerja jika ada udara yang terperangkap di dekatnya. Dengan kata lain impeller pada pompa celup bekerja jika terdapat air yang dapat dialirkan atau diputar.

Sebagaimana barang elektronik lain yang menghasilkan panas, hal ini juga berlaku pada pompa Aquarium. Apalagi pompa Aquarium pada dasarnya bekerja layaknya dinamo. Hal ini tentu akan menghasilkan panas berlebih. Syukurnya karena pompa Aquarium dirancang sedari awal untuk bisa kedap di dalam air, maka panas yang dihasilkan oleh pompa celup bisa tersalurkan (diserap) ke dalam air atau dengan kata lain air Aquarium bisa berperan sebagai cairan pendingin pompa Aquarium.

Apakah Pompa Celup Aquarium Boleh Dinyalakan Terus Selama 24 Jam?
Berdasarkan penjabaran yang sudah admin tuliskan di atas, harusnya tidak ada masalah untuk pompa celup Aquarium bisa terus menyala tanpa henti selama 24 jam penuh dan itu sudah admin buktikan sendiri. Bahkan semua pompa Aquarium yang admin beli dan gunakan saat ini tidak ada yang rusak. Semua pompa juga bekerja dengan baik menyedot air dan menyalurkannya ke dalam box filter.

Hanya saja sebagaimana alat-alat lain yang terus digunakan, maka pompa celup Aquarium pun harus rajin-rajin dibersihkan setidaknya 3 bulan sekali atau kalau debit air yang disedot oleh pompa sudah berkurang. Selain itu juga misal sudah banyak kotoran tersangkut di lubang impeller. Maka harus juga dibersihkan. Beberapa video sudah admin buatkan terkait tata cara membersihkan pompa celup Aquarium mulai dari tipe tempel:

Ada juga tata cara membersihkan pompa celup tipe lantai:


Tinggal kamu pilih saja, kamu sedang menggunakan pompa Aquarium tipe mana, semua sudah tersedia di channel Iwak Buncit. Oh ya, untuk pembahasan kali ini juga sudah admin buatkan videonya, sengaja admin bikinkan karena terkadang ada beberapa poin yang lebih enaknya dijelaskan secara langsung dari pada melalui tulisan seperti ini:


Jadi kesimpulannya, pompa celup Aquarium aman untuk digunakan tanpa henti 24 jam nonstop. Tinggal kamu perhatikan saja kondisi arus listrik di rumah kamu atau di wilayah kamu apakah stabil atau tidak. Kalau tidak stabil, ada baiknya gunakan Stabilizer karena mau pompa, kulkas, TV atau peralatan elektronik lain kalau misal tidak stabil listrik bisa dengan mudah rusak. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Iwak Buncit. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar