Sering DIKRIA SAMA, Apa Sih Sebenarnya PERBEDAAN Antara Methylene Blue dan Acriflavine Plus?

Apa Sebenarnya beda antara obat biru (Methylene Blue) dengan obat kuning (Acriflavine Plus)? Fungsinya untuk penyakit apa dan bagaimana cara penggunaan yang tepat untuk penanganan penyakit pada ikan hias seperti ikan mas koki? Simak penjelasannya berikut.

Sering DIKRIA SAMA, Apa Sih Sebenarnya PERBEDAAN Antara Methylene Blue dan Acriflavine Plus?
Sering DIKRIA SAMA, Apa Sih Sebenarnya PERBEDAAN Antara Methylene Blue dan Acriflavine Plus?

Buat kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia ikan hias pada sudah tidak asing lagi dengan Acriflavine Plus, apalagi dengan saudara birunya bernama Methylene Blue yang jauh lebih populer dengan sebutan obat biru. Kedua obat ini sering digunakan oleh penghobi ikan hias seperti ikan mas koki, ikan arwana, ikan cupang, ikan Koi, ikan discus, ikan channa, ikan Oscar, ikan louhan serta ikan hias jenis lainnya. Namun admin akan coba lebih tekankan pada ikan mas koki karena ikan hias bulat buncit satu ini yang paling lama admin pelihara. Yah setidaknya sudah masuk ke tahun lima admin pelihara ikan mas koki.

Kalau kamu mencari kedua obat ini di toko ikan hias, orang-orang lebih sering mengenalnya dengan nama OBAT BIRU dengan OBAT KUNING. Walau beberapa ada yang paham maksudnya kalau disebut Methylene Blue dan Acriflavine Plus. Tapi bakal lebih mudah kalau menyebutnya obat biru dan obat kuning. Kedua harga obat ini sangatlah murah. Untuk satu botolnya obat biru dihargai 5K saja sedangkan obat kuning biasa di sini dijual 6-7K.

Kalau kamu coba lebih teliti, sebenarnya fungsi dari obat kuning dengan obat biru itu sampa persis, kadang admin sendiri bingung cara membedakannya gimana. Sebagai contoh obat Biru (Methylene Blue) memiliki fungsi sebagai:
- Penghilang, pembasmi Whitespot pada ikan hias
- Mengobati infeksi kulit pada ikan hias yang diakibatkan oleh infeksi Chilodonela , trichodina costa
- Mengobati mata ikan hias yang berselaput, katarak, muncul luka pada badan ikan, pecah pada sirip ikan, pada ekor juga yang hancur
- Menghilangkan velvet

Sedangkan untuk fungsi dari obat kuning atau Acriflavine Plus sebagai berikut:
- Mengobati infeksi kulit, luka, lecet pada ikan hias
- Mengobati mata ikan hias yang berselaput serta katarak
- Mengobati ikan yang terkena Whitespot (bintik putih), jamuran, velvet
- Mengobati ikan yang luka lambung atau muncul berak putih
- Memulihkan sisi, ekor, sirip yang rusak pecah

Secara umum kalau dilihat-lihat fungsi dari kedua obat di atas SAMA. Hanya saja yang membedakan untuk Acriflavine Plus ada tambahan mampu mengobati ikan hias yang terkena penyakit berak putih. Selebihnya SAMA.

Admin sendiri menggunakan obat biru (Methylene Blue) hampir lebih sering dari pada obat kuning (Acriflavine Plus) pada ikan mas koki. Khususnya ketika mengganti air atau istilah kerennya Water Change. Admin coba masukkan Methylene Blue satu sampai 2 tutup botol untuk ukuran aquarium 120 cm. Tujuannya tidak lain untuk pencegahan saja semisal ada jamuran yang masuk melalui air. Berhubung admin juga menggunakan 100% air hujan yang walau sebenarnya sudah difiltrasi menggunakan filter tabung BLEU dari PENGUIN yang bisa kamu tonton reviewnya:


Namun untuk jaga-jaga admin tetap tambahkan obat biru ke dalam aquarium ikan mas koki. Selain itu juga admin masukkan Methylene Blue ke dalam aquarium ikan louhan sebanyak 1 tutup botol untuk aquarium berukuran 60 cm.

Lantas kapan admin menggunakan obat kuning atau Acriflavine Plus?
admin menggunakan obat Acriflavine Plus ketika ikan mas koki yang admin pelihara sudah sakit serius atau ikan yang memang butuh penanganan khusus semisal harus dikarantina. Baru admin menggunakan obat Acriflavine Plus ini. Selain itu ada beberapa perbedaan mendasar antara Acriflavine Plus dengan Methylene Blue yang bisa kamu simak secara lengkap pada video berikut:


Setidaknya itulah pengalaman admin dari sudut pandang admin yang sudah masuk 5 tahun menggunakan obat kuning dan obat biru pada ikan hias mas koki, louhan, manfish dan cupang. Walau pada praktiknya admin lebih sering gunakan pada ikan mas koki. Buat kamu yang mau menambahkan atau mau berbagi pengalaman soal kedua obat ikan hias ini bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk macam-macam tips baru seputar ikan hias. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar