Pingin Pelihara Ikan Manfish Sebagai Tankmate atau Ikan Aquascape? Baca TIPS Wajib Ini Dulu!

Berhubung pernah ada yang menanyakan tata cara memelihara ikan manfish atau ikan layang-layang itu seperti apa? apakah rewel soal air, makanan dan tempat? maka dari itu di video kali ini admin akan coba jelaskan secara lengkap. Silahkan disimak buat kamu yang mau pelihara ikan manfish baik sebagai tankmate ikan mas koki ataupun sebagai ikan utama di aquascape.

Pingin Pelihara Ikan Manfish Sebagai Tankmate atau Ikan Aquascape? Baca TIPS Wajib Ini Dulu!
Pingin Pelihara Ikan Manfish Sebagai Tankmate atau Ikan Aquascape? Baca TIPS Wajib Ini Dulu!

Ikan Manfish, ikan favorit yang bisa dibilang selalu menjadi pilihan ketika admin ingin mencari tankmate untuk ikan mas koki. Entah sudah berapa ekor jenis ikan manfish yang admin pelihara. Mulai dari yang kecil hingga segede telapak tangan orang dewasa juga ada. Namun setidaknya hanya ada 2 ekor saja yang admin pelihara sekarang di aquarium ikan mas koki berukuran 120 cm. Alasannya cuma 2 kenapa? Tidak lain untuk memaksimalkan pertumbuhan dan satunya lagi untuk mengamankan ikan mas koki dari kejahilan ikan manfish ini. Contoh kejahilannya seperti apa bisa kamu simak pada video berikut:


Di kalangan penghobi ikan hias sendiri, ikan Manfish lebih sering dianggap sebagai tankmate ketimbang ikan utama, namun sebenarnya ikan manfish punya tempat tersendiri di hati para penggiat aquascape. Perilaku ikan manfish yang tenang, tidak grasak-grusuk juga warna dan bentuknya yang cantik, menjadi salah satu pilihan utama untuk menjadikannya ikan hias ini di aquarium aquascape.

Nah, buat kamu yang mau memelihara ikan manfish ini, admin akan coba bagikan beberapa tips supaya ikan manfish yang kamu pelihara bisa tumbuh maksimal dan jarang sakit:

1. Tentukan Tujuan
Pada saat admin coba pelihara manfish, tujuan awalnya adalah untuk menjadikan ikan manfish ini sebagai tankmate dari ikan mas koki. Sebagaimana lazimnya ikan tankmate sebagai ikan kedua, Maka soal jumlah admin juga tidak memelihara banyak ikan manfish ini. Contoh saja admin hanya pelihara 2 ekor ikan manfish untuk aquarium yang terhitung besar 120 cm. Sedangkan kalau kamu menjadikan ikan manfish sebagai ikan utama, maka jumlahnya jauh bisa lebih banyak.

Jumlah ikan manfish ini sangat berpengaruh. Karena apabila kamu sedari awal memelihara banyak ikan manfish, membeli ikan manfish dalam ukuran kecil dalam jumlah banyak dan dipelihara dalam satu tempat. Maka ketika sudah besar, ikan manfish akan membentuk koloni dan terlihat berenang kompak. Beda dengan ikan manfish yang dibeli dari ukuran sedang kemudian digabungkan atau dibeli secara terpisah lalu dibesarkan dalam aquarium yang sama. Maka besar kemungkinan mereka akan berkelahi seperti ikan manfish yang admin miliki saat ini. Walau tidak sampai membahayakan tapi terlihat sekali antar ikan manfish tidak akur dan saling mempertahankan wilayah mereka masing-masing.

2. Keseragaman
Kembali lagi keselera, kamu mau pelihara ikan manfish ini mau banyak jenis dalam satu aquarium atau satu jenis saja. Karena dari pengalaman, ikan manfish akan bagus jika dipelihara satu jenis saja sehingga mereka membentuk koloni, apalagi kalau tujuan awal kamu adalah menjadikan ikan manfish ini sebagai ikan utama di aquarium aquascape. Namun apabila tujuannya untuk ikan tankmate saja, maka mau satu jenis saja atau beda jenis tidak jadi masalah.

3. Ukuran Tank Aquarium
Pelihara ikan manfish sebenarnya tidak butuh tank aquarium yang luas. cuma akan lebih baik jika kamu memiliki aquarium yang besar. tujuannya untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan ikan manfish. Sebagai contoh admin sarankan untuk aquarium 60 cm jika ingin memelihara sepasang ikan manfish. Ikan manfish sepasang yang dipelihara dalam aquarium berukuran 60 cm akan tumbuh maksimal hingga berukuran telapak tangan orang dewasa. Sedangkan kalau kamu pelihara ikan manfish dalam jumlah banyak di aquarium kecil di bawah 60 cm, besar kemungkinan pertumbuhan ikan manfish akan terhambat dan ikan manfish akan terhenti pertumbuhannya.

4. Kualitas Air
Ikan Manfish bukan ikan yang rewel dengan air. Sepengalaman admin justru ikan manfish jauh lebih bisa bertahan dengan kondisi air tidak terlalu baik ketimbang ikan mas koki yang rawan sekali terkena penyakit. Namun akan sangat disarankan jika kamu bisa menyediakan air yang baik untuk ikan manfish dengan kadar pH di antara 6 - 7. Karena ikan manfish juga bukan termasuk ikan yang rakus akan makanan, maka soal filtrasi tidak harus rumit atau bertingkat. Cukup dengan filter gantung saja seperti yang pernah admin gunakan ini:


Maka sudah bisa dijadikan sebagai filter utama. Namun kalau kamu menjadikan ikan manfish ini sebagai tankmate yang digabung dengan ikan lain. Contohnya saja ikan mas koki yang admin pelihara ini, maka filter gantung sangat tidak direkomendasikan. Kamu bisa gunakan box filter talang:


Filter samping model seperti ini:


Atau bahkan sump filter yang jauh lebih bagus. Tinggal sesuaikan saja dengan tipikal penghuni tank aquarium tersebut.

Selain itu ada beberapa poin lagi yang admin sudah jabarkan melalui video berikut:


Apa yang admin kemukakan di atas berdasarkan pengalaman admin sendiri selama memelihara ikan manfish, khususnya sebagai ikan tankmate untuk ikan mas koki. Admin lebih condong memilih ikan manfish karena ikan ini punya perilaku yang berlawanan dari ikan mas koki. Dimana ikan mas koki terkenal aktif, grasak-grusuk namun ikan manfish justru kebalikannya, menjadi ikan yang tenang, anggun dan juga cantik dari segi bentuk dan warna.

Yah, walaupun ini sebenarnya kembali lagi ke selera masing-masing. Beberapa ikan tankmate lain semisal discus, ikan pleco juga bisa kamu jadikan tankmate. Buat kamu yang mau menambahkan bisa tuliskan di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk berbagai macam tips ikan hias lainnya. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar