Jangan Sampai Tunggu Aquarium Ikan Mas Koki MELEDAK Dulu Baru Kamu Baca Ini!

Karena terlalu fokus memelihara ikan mas koki atau ikan hias lain, justru kamu lupa dengan aquarium tempat dimana ikan-ikan hias tersebut hidup. Padahal aquarium juga butuh perawatan atau setidaknya perhatian supaya bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Jangan sampai harus tunggu kejadian tank aquarium retak, rembes, bahkan pecah meledak dulu baru kamu menyadari kalau aquariummu selama ini terabaikan.

Jangan Sampai Tunggu Aquarium Ikan Mas Koki MELEDAK Dulu Baru Kamu Baca Ini!
Jangan Sampai Tunggu Aquarium Ikan Mas Koki MELEDAK Dulu Baru Kamu Baca Ini!

Aquarium menjadi tempat permanen untuk ikan hias yang kita pelihara. Entah itu ikan hias air laut, atau air tawar, mau ikan mas koki, ikan Louhan, ikan arwana, ikan channa, ikan discus maupun ikan hias jenis lainnya. Karena aquarium adalah tempat yang sangat cocok untuk menempatkan peliharaan ikan hias kita di dalamnya.

Aquarium sampai saat ini kebanyakan dibuat dari lembaran kaca yang disatukan menjadi sebuah bentuk bak atau wadah persegi panjang (balok). Beberapa aquarium juga ada yang dibuat dalam bentuk kubus dan juga ada yang dicetak langsung dalam bentuk bulat. Selain itu juga aquarium dibuat dari tempered glass. Hanya saja sebagian besar dan yang paling mudah dan murah dicari adalah aquarium yang dibuat dari kaca.

Sebagaimana kaca yang sifatnya mudah pecah, maka aquarium harus dirawat dengan baik. Sebaik kamu merawat ikan hias, ikan mas koki yang ada di dalamnya. Karena kalau aquarium tersebut retak, rembes, bahkan pecah. Ujung-ujungnya penghuni yang ada di dalam aquarium tersebut bakalan pindah ke dalam baskom hehehe.. Kalau sudah seperti itu kamu sendiri yang repot. Pulang kerja bukannya istirahat malah tambah sibuk, tambah pusing, tambah capek karena harus mengurusi aquarium yang pecah tadi.

Supaya aquarium ikan hias tidak mudah rembes, retak bahkan pecah serta bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Setidaknya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebagai berikut:

1. Hindari Benda Tajam
Walaupun kaca adalah benda yang terbilang kuat dan tidak mudah tergores, namun bukan berarti tidak bisa tergores sama sekali. Apalagi dengan benda tajam. Benda tajam yang dimaksud seperti apa? Apakah pisau, pedang, silet dan sebagainya? Benda tajam yang dimaksud bisa berupa sikat magnet yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan kaca aquarium dari lumut dan kotoran lain seperti yang pernah admin review di channel Iwak Buncit:



Jadi, usahakan untuk tidak terlalu kuat menyikat kaca aquarium atau tidak sesering mungkin dan kalau memungkinkan kamu bisa gunakan kain lembut atau busa putih filter mekanik sebagai alat untuk menyikat kaca aquarium. cara ini jauh lebih aman ketika ingin membersihkan kaca dan lebih minim risiko dari tergoresnya kaca aquarium. Selian itu hindari penggunaan sekat yang terbuat dari kaca. Hal ini juga bisa membuat kaca aquarium mudah tergores.

2. Hati-Hati Saat Membersihkan
Seperti yang sudah admin singgung di atas tadi, jika aquarium terbuat dari susunan lembaran kaca yang disatukan sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah bak penampungan yang kita kenal sebagai aquarium. Lembaran-lembaran kaca ini disatukan menggunakan lem silikon atau biasa disebut lem kaca.

Sifat dari lem kaca sendiri sebenarnya semakin kuat jika terkena air namun juga terbilang rentan terhadap penda tajam seperti sikat contohnya. Maka dari itu ketika kamu ingin membersihkan kaca aquarium. Ada baiknya untuk tidak kuat, tidak terlampau menekan pada bagian sambungan lem kaca sehingga tidak terjadi rembes atau sambungan antar kaca terlepas.

3. Perhatikan Peletakan
Selain 2 poin di atas, peletakan atau posisi peletakan aquarium juga sangat penting. Sebagaimana kita tahu bahwa sebagian besar aquarium ditaruh di atas meja yang terbuat dari kayu, besi holo dan ada beberapa mungkin yang ditaruh di atas lantai dengan styrofoam sebagai alasnya. Namun sebenarnya poin terpenting adalah soal posisi peletakan haruslah sejajar, lurus tidak ada salah satu sisi yang paling condong. Hal ini penting supaya aquarium tidak mudah pecah.

Penjelasan lengkap soal bahasan merawat aquarium ini bisa kamu simak pada video berikut:


Jadi, betapa pentingnya untuk merawat aquarium supaya penggunaannya bisa lebih lama dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kejadian pecahnya aquarium banyak terjadi dan tidak disangka-sangka datangnya. Ikan mati, lantai basah, kaca berserakan yang tentunya membahayakan penghuni rumah, apalagi buat kamu yang punya anak kecil Selain itu juga bahaya tersengat listrik karena air tadi yang tumpah dilantai bikin mudah listrik menjalar. Semoga bermanfaat untuk bahasan kali ini, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Iwak Buncit untuk Tips-tips lain. Salam admin iwakbuncit.com
Review Peralatan Ikan Hias yang Kamu Cari
Kumpulan Berbagai Macam Review untuk Peralatan Ikan Hias Mulai dari Aerator, Box Filter, Filter Mekanik, Media Biologi, Lampu Aquarium dan Lain Sebagainya
Buncit Lovers Wajib Baca Ini!
Berisikan Tips Lengkap dan Cara Merawat Ikan Mas Koki
Kumpulan Penyakit Ikan Hias
Berikut Ini Beberapa Penyakit Ikan Hias yang Sering Ditemui Beserta Cara Pengobatannya
Komentar